1
Muslim Lifestyle

Wajib Dilakukan! Ini Cara Berbakti Kepada Orang Tua

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com- Berbakti kepada orang tua sudah tak perlu di tanyakan lagi hukumnya. Tentu kita semua telah mengetahui bahwa dengan berbakti pada orang tua menjadi suatu kewajiban bagi seorang anak, karena hal tersebut secara tidak langsung dapat mengantarkan kita menuju surganya Allah SWT dan menjadi bekal amal kebaikan kita untuk kehidupan di akhirat nanti. Banyak cara berbakti kepada orang tua yang bisa dilakukan oleh Anda para anak supaya mendapat berkah dan tidak menurunkan derajat dan nama orang tua.

Baca juga : 6 Cara Mudah Menggunakan Es Batu untuk Kecantikan

Berbakti Kepada Orang Tua Semasa Hidup

Jika orang tua kita masih hidup tentu ada banyak cara yang bisa dilakukan sebagai bentuk bakti kita terhadap kedua orang tua kita, yang selama ini berjuang menjaga dan membesarkan kita dengan sepenuh hati. Berikut beberapa cara kita untuk berbakti kepada orang tua semasa beliau hidup.

1. Berbicara Baik dan Sopan

Umroh.com merangkum, berbicara kepada orang tua harus dengan sopan, santun dan juga lembut. Jangan pernah kita mengatakan ah, ih, uh, cis atau kata-kata yang serupa. Berkatalah kepada kedua orang tua kita dengan ucapan yang baik dan menyenangkan kedua hatinya, jangan sampai berkata keras seperti membentak ataupun menghardik.

2. Taat Kepada Perintah Prang Tua

Kita harus senantiasa taat kepada perintah orang tua selama perintah itu tidak mengandung unsur dosa dan maksiat, maka lakukanlah. Namun jika Anda tidak dapat memenuhinya maka menolaknya pun harus dengan lemah lembut dan juga pengertian.

3. Jangan Pernah Memasang Muka Marah Ataupun Kesal

Bila ada hal yang tidak Anda sukai dari sikap kedua orang tua Anda, maka bersabarlah dan tetaplah tersenyum. Karena ingatlah ribuan sikap dan kelakuan kita sejak lahir hingga dewasa yang sering merepotkan orang tua, namun mereka tetap sabar dan tidak pernah kesal apalagi mengeluh.

4. Ringankan Beban Mereka

Meringankan beban orang tua tidak hanya sekadar memberi uang kepada mereka, tetapi dari hal-hal kecil seperti membantu pekerjaan rumahnya dan layani mereka dengan sebaik mungkin. Balaslah kebaikan mereka meskipun kebaikan itu tak akan mampu kita balas hingga akhir hidup kita.

jenis jual beli dalam islam

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

5. Jaga Nama Baik Orang Tua

Bila ada yang mencemarkan nama baik orang tua Anda, bersihkanlah dan bela mereka. Jagalah harta benda mereka serta jangan mengambil tanpa seizin mereka meskipun hanya satu rupiah. Namun sebaliknya jika orang tua mengambil harta benda kita, maka kita harus ikhlas.

webinar umroh.com

Berbakti Kepada Orang Tua Setelah Meninggal

Tentunya diantara kita mungkin sudah ada yang ditinggal oleh orang tuanya atau orang tuanya telah meninggal dunia sehingga membuat kita merasa menyesal ketika belum banyak melakukan kebaikan dan memberikan kebahagiaan kepada kedua orang tua kita.

Namun Anda tak perlu khawatir dengan hal ini, karena masih ada banyak bentuk kebaikan lain yang bisa dilakukan untuk wujud bakti anak pada orang tua atau amalan untuk orang tua yang sudah meninggal, hal ini sudah dibahas Al-Quran dan beragam hadits yakni mengenai apa saja yang bisa dilakukan untuk membahagiakan kedua orang tua. Yuk kita simak penjelasannya berikut ini :

1. Rutin Mendoakan dan Memohonkan Ampunan

“Wahai Rasulullah, apakah masih ada bentuk berbakti kepada kedua orang tuaku ketika mereka telah meninggal dunia?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Iya (masih tetap ada bentuk berbakti pada keduanya). (Bentuknya adalah) mendoakan keduanya, meminta ampun untuk keduanya, memenuhi janji mereka setelah meninggal dunia, menjalin hubungan silaturahim (kekerabatan) dengan keluarga kedua orang tua yang tidak pernah terjalin dan memuliakan teman dekat keduanya.” (HR. Abu Daud no. 5142 ). Dari  hadist tersebut sudah jelas bahwa meskipun orang tua kita sudah meninggal, kita tetap dapat berbakti melalui doa dan meminta ampun, hal tersebut menjadi salah satu cara yang bisa kita lakukan.

2. Menyambung Silaturrahmi dengan Teman Teman Orang Tua

Sesungguhnya sebaik-baik bentuk berbakti (berbuat baik) adalah seseorang menyambung hubungan dengan keluarga dari kenalan baik ayahnya.” (HR. Muslim no. 2552). Nah.. silaturrahmi dengan teman teman, kerabat, dan orang terdekat orang tua hendaknya tetap dilakukan dan niatkan untuk berbuat baik pada orang tua sehingga orang tua juga turut mendapat pahala kebaikannya cara menghormati orang tua.

3. Menjaga Persaudaraan dengan Kerabat

cara berbakti kepada orang tua

“Sesungguhnya sebaik-baik bentuk berbakti (berbuat baik) adalah seseorang menyambung hubungan dengan keluarga dari kenalan baik ayahnya setelah meninggal dunia.” Sesungguhnya ayah orang ini adalah sahabat baik (ayahku) Umar (bin Al-Khattab). Tentu saudara saudara terdekat dari orang tua juga harus tetap disambung baik silaturrahminya sebagaimana yang dilakukan orang tua kita semasa hidup.

4. Sedekah atas Nama Orang Tua

Jika orang tua Anda meninggal saat Anda tidak berada di sampingnya, Anda bisa melakukan sedekah dengan mengatas nama kan orang tua Anda, sesuai dengan hadist HR. Bukhari yang berbunyi : “Sesungguhnya ibu dari Sa’ad bin ‘ibadah radhiyallahu ‘anhu meninggal dunia. Sedangkan Sa’ad pada saat itu tidak berada di sisinya. Kemudian Sa’ad mengatakan, ‘Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibuku telah meninggal, sedangkan aku pada saat itu tidak berada di sampingnya. Apakah bermanfaat jika aku menyedekahkan sesuatu untuknya?’ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ‘Iya, bermanfaat.’ Kemudian Sa’ad mengatakan pada beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Kalau begitu aku bersaksi padamu bahwa kebun yang siap berbuah ini aku sedekahkan untuknya’.” (HR. Bukhari no. 2756).

Tak hanya melancarkan rezeki, umroh juga menjadikan Anda tamu istimewa Allah. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

5. Menjaga Nama Baik Orang Tua

“Orang tua adalah pintu surga paling tengah. Kalian bisa sia-siakan pintu itu atau kalian bisa menjaganya.” (HR. Tirmidzi no. 1900). Berbuat baik harus tetap kita lakukan, sehingga orang tua turut mendapat pahala kebaikan dari sikap baik yang dilakukan oleh Anda misalnya dahulu Anda sering menafkahi orang tua setelah menikah, maka setelah meninggal lakukan dengan cara lain.

6. Mencontoh Kebaikan Orang Tua

“Sesungguhnya termasuk kebaikan seseorang adalah menyambung tali silaturrahmi kepada teman-teman ayahnya”. Hadits Riwayat Muslim 2552 (13). Lakukan kebaikan sebagaimana yang di contohkan orang tua Anda semasa hidup, agar orang tua mendapat pahala jariyah yang terus mengalir.

7. Memenuhi Janji yang Pernah Di Ucapkan Orang Tua

Para Orang Tua, Lakukan Ini Agar Mental Anakmu Baik

“Ya, ada empat perkara: shalawat dan memohonkan ampun kepada Allah SWT untuk mereka, melaksanakan janji-janji mereka, memuliakan teman-teman mereka, dan menyambung tali kekeluargaan yang kamu tidak memiliki pertalian kecuali dari adanya pertalian itu, itu perbuatan bakti kepada mereka yang tersisa bagimu untuk kamu lakukan setelah mereka meninggal.” (HR. Ibnu Majah dan Ahmad). Jika orang tua pernah berjanji namun belum bisa untuk terlaksana, Anda bisa melakukannya untuk orang tua, sehingga orang tua akan lebih tenang dan lebih bahagia.

 8. Menjadi Orang yang Saleh

“Apabila seseorang meninggal dunia, maka terputuslah segala amalnya. kecuali tiga perkara yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak yang saleh yang selalu mendoakannya.” (HR. Muslim). Menjadi anak yang saleh kelak akan mengangkat orang tua ke surga ya sobat, sobat bisa melakukannya demi orang tua.

9. Melunasi Utang Orang Tua

“Dari Abu Hurairah RA ia berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Ruh seorang yang beriman tergantung dengan Utangnya, sampai dilunasi Utangnya”. (HR. Tirmidzi). Memang Utang orang tua itu bukan kewajiban anak sepenuhnya jika jumlah warisan yang ditinggalkan tidak mencukupi untuk membayar, namun hal itu bisa meringankan orang tua di akhirat dengan lebih luas sebab amalan seseorang baru bisa diterima ketika Utangnya telah lunas.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Nah jadi dari segala penjelasan tersebut sudah jelas, bahwa dengan menerapkan cara berbakti kepada orang tua yang sudah dijelaskan di atas dengan berbuat baik kepada orang tua baik semasa hidup maupun yang telah meninggal bisa dilakukan dengan banyak cara, intinya selama masih hidup, tidak ada kebaikan yang tidak bisa dilakukan dan tidak ada amal baik yang tidak bermanfaat. Semoga informasi yang di sampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua.