1
Muslim Lifestyle

Manfaat Berbakti Kepada Orang Tua yang Luar Biasa

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Orang tua merupakan orang pertama yang dikenal anak saat dilahirkan. Melalui orang tua anak mendapatkan kesan – kesan pertama di dunia, dan orang tualah yang membimbing tingkah laku anak hingga kelak mereka dewasa. Berbakti pada kedua orang tua dalam islam adalah salah satu ibadah yang sangat disukai Allah SWT setelah mentauhidkan – Nya tidak ketinggalan juga akan mendapat manfaat berbakti kepada orang tua, sebagaimana Allah SWT mengatakan :

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) terhadap kedua orang tuanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah, bahkan menyusukan pula selama kurang lebih 2 tahun. Maka dari itu bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu, hanya kepada-Ku sajalah tempat kamu kembali” (QS.31:15).

Baca juga : Perhatikan! Ini Usia Pernikahan dalam Islam yang Dianjurkan

Manfaat Berbakti Kepada Orang Tua

1. Dipermudah Rezeki Dan Dipanjangkan Umur

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Siapa yang suka untuk dipanjangkan umur dan ditambahkan rizki, maka berbaktilah pada orang tua dan sambunglah tali silaturahmi (dengan kerabat).” (HR. Ahmad. Syaikh Al Albani dalam Shohih At Targib wa At Tarhib mengatakan bahwa hadits ini hasan lighoirihi, yaitu hasan dilihat dari jalur lainnya)

Sesulit apapun dan sesibuk apapun Anda saat ini, bersilahturahmi dengan kerabat harus tetap diusahakan lebih utamanya bersilaturrahmi kepada kedua orang tua. Karena dengan dekat kepada keduanya insya Allah akan dimudahkan rezeki dan dipanjangkan umurnya.

2. Diampuni Segala Dosa

Setiap manusia tentunya ingin selalu diampuni segala dosa – dosa baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Dosa-dosa yang Allah SWT segerakan adzabnya di dunia diantaranya adalah berbuat zhalim dan durhaka kepada kedua orang tua. Akan tetapi jika anak tersebut seorang anak yang senantiasa berbuat baik kepada kedua orang tuanya, Allah SWT akan menghindarkannya dari berbagai malapetaka dan diampuni pula segala dosanya, dengan izin Allah.

Inilah Hikmah Tidak Memejamkan Mata saat Sholat

Temukan ratusan paket umroh dari >50 travel umroh terpercaya izin Kemenag dan tersedia keberangkatan di >50 kota hanya di marketplace Umroh.com. Transaksi Aman, Ibadah Nyaman di Umroh.com. !

Ada satu kisah tentang seorang laki-laki mendatangi Nabi shallallahu ‘alaih wa sallam lalu berkata, “Wahai Rasulullah, aku telah melakukan dosa besar. Apakah ada taubat untukku?” Nabi bertanya, “Apakah engkau memiliki seorang ibu?” Laki-laki itu menjawab, “Tidak.” Nabi bertanya lagi, “Apakah engkau memiliki seorang bibi?” Ia menjawab, “Ya. “ Nabi bersabda, “Berbaktilah kepadanya.” (HR. Ibnu Hibban)

3. Paham Akan Tujuan Hidup Lebih Baik

Umroh.com merangkum, setiap orang tua yang baik dan mengasihi anaknya tentu akan selalu memberikan contoh tujuan hidup yang lebih baik dalam kehidupan. Hal ini senantiasa dilakukan agar kamu mengerti tentang hidup yang lebih baik. Saat kecil kamu sudah akan diarahkan oleh orang tua mengenai norma kehidupan dan akan akan terbuka jalannya kelak saat kamu sudah beranjak dewasa. Berbakti kepada orang tua adalah cara yang paling tepat untuk kamu memiliki sebuah tujuan dalam kehidupanmu.

webinar umroh.com

Dalam mengerti tujuan hidup, kamu sebaiknya mengerti tentang bagaimana untuk menciptakan kondisi yang terbaik. Sehingga kamu paham tujuan hidupmu bagaimana dan apa saja yang harus kamu lakukan tentang kehidupanmu. Hidupmu harus bermanfaat, dan orang tuamu selalu mendukungmu dari belakang, dan hal tersebut terus dilakukan hingga tujuanmu berhasil sepenuhnya.

4. Dibukakannya Pintu Surga

 “ Orang tua adalah pintu surga paling tengah. Kalian bisa sia-siakan pintu itu atau kalian bisa menjaganya.” (HR. Tirmidzi)

Dapatkan Paket Umroh dengan Fasilitas & Harga Terbaik Menarik Hanya di Umroh.com!

Dari hadist di atas sudah jelas diterangkan bahwa Orangtua juga dapat menjadi jalan menuju surga. Jika ingin memasuki surga melaluinya, maka sudah seharusnya berbuat baik dan berbakti kepada mereka. Namun sebaliknya, jika kita berbuat zalim, durhaka, atau tidak patuh akan perintah mereka, maka percayalah azab Allah SWT sangatlah pedih.

5. Ibadah Akan Terasa Menyenangkan

Orang tua yang baik adalah orang tua yang senantiasa mengingatkan dan memerintahkan anaknya untuk beribadah kepada Allah SWT. Saat kita sudah terbiasa dengan perintah tersebut meskipun awalnya berat dan sangat malas untuk dilakukan, namun perlahan secara sadar atau tidak kita akan memperoleh kebaikan hidup berupa hati yang terbuka dan mudah sekali dalam menjalankan beribadah.

Setiap tindakan yang kamu lakukan, tentu akan memberikan hal yang paling besar terhadap ibadah yang kamu lakukan. tujuan orang tua memerintahkan kita untuk beribadah sebab dengan beribadah tersebut kamu akan memberikan dampak yang istimewa dalam kehidupanmu sendiri baik itu di dunia maupun di akhirat kelak.

6. Mendapatkan Doa Mustajab Dari Orangtua

Berbakti kepada orangtua akan membuat orangtua menjadi ridha kepada kita. Dengan begitu  orangtua pasti akan mendoakan kebaikan kepada anak-anaknya. Ketahuilah bahwa setiap doa orang tua merupakan salah satu doa yang mustajab.

“Tiga doa yang mustajab yang tidak diragukan lagi yaitu doa orang yang dizalimi, doa orang yang bepergian (safar) dan doa baik orang tua kepada anaknya.” (HR. Ibnu Majah)

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Maka dari hal itulah hendaknya setiap apa saja yang ingin kita lakukan agar selalu meminta izin serta ridha orang tua, dengan begitu orang tua akan senantiasa mendoakan kebaikan kepada kita.

Bagaimana, masihkan kita lalai dalam berbuat bakti pada kedua orang tua sedangkan sudah tertera jelas manfaat yang di dapat amatlah luar biasa. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.