1
Muslim Lifestyle

Perlu Tahu! Ini Makna Berbakti Kepada Orang Tua

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Lahirnya kita di dunia ini tak lepas dari kuasa Allah SWT serta peran kedua orang tua di dalamnya. Ibu dan ayah adalah seorang pahlawan bagi setiap anaknya. Di setiap langkah demi langkah dalam hidup, pasti selalu ada mereka yang mendampingi bahkan rela memberikan segalanya untuk hidup kita. Makna berbakti kepada orang tua juga bisa memperlancar rezeki dan juga kesuksesan Anda kedepannya nanti.

Betapa banyak hal yang mereka lakukan untuk kebahagiaan kita agar senantiasa menjadi orang bahagia, sukses, dan taat kepada Allah SWT. Islam sendiri adalah agama yang sangat menjungjung tinggi bakti kepada orang tua atau yang biasa dikenal dengan istilah birrul walidain. Seperti apakah makna berbakti sesungguhnya dalam perspektif  islam ? simak jawabannya !

Baca juga : Dalil Sujud Sahwi Bagi yang Sering Lupa dalam Sholat

Makna Berbakti Kepada Orang Tua Dalam Ajaran Islam

Dewasa ini, mayoritas masyarakat menganggap bahwa berbakti kepada kedua orang tua dapat diwakilkan dengan kata birr al-walidan. Padahal di dalam Al Quran berbakti kepada orang tua tidak hanya sekedar ditunjukan dengan kata tersebut saja, melainkan juga di iringi dengan perbuatan yang bersifat baik. Hukum berbakti pada kedua orang tua adalah wajib.

Artinya disini ialah berbakti berarti harus menaati kedua orang tua dengan melakukan semua apa yang mereka perintahkan dalam segi moral maupun spiritual selama hal tersebut tidak bermaksiat kepada Allah. Birrul walidainadalah berbakti dan berbuat baik kepada kedua orang tua, mengasihi, menyayangi, mendoakan, taat dan patuh kepada apa yang mereka perintahkan, melakukan hal-hal yang mereka sukai, dan meninggalkan sesuatu yang tidak mereka sukai.

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Allah berwasiat kepada kita semua bahwa mereka mutlak harus berbuat baik kepada orang tua mereka, betapapun keadaan orang tua itu. Dan itu difirmankan jelas dalam kitab suci Al-Quran yakni

 “Dan kami wasiatkan kepada manusia hendaknya mereka berbuat baik kepada orang tua”. (QS al-Ahqaf :15).

Kedudukan Berbakti Kepada Orang Tua

Kita tahu bersama inti dari Islam adalah tauhid, yaitu mengesakan atau mempersembahkan segala bentuk ibadah hanya kepada Allah semata. Tauhid adalah yang pertama dan utama bagi seorang muslim. Berbakti kepada keduanya merupakan perintah utama ajaran Islam. Sebagaimana Allah SWT sampai mengulang-ulang perintah ini di dalam Al-Quran setelah perintah mentauhidkan-Nya:

webinar umroh.com

 “Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapakmu.” (An-Nisa [4]: 36).

“Sholat tepat pada waktunya … berbuat baik kepada kedua orang tua … jihad di jalan Allah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Lihatlah betapa kedudukan orang tua sangat agung dalam Islam, sampai-sampai Rasulullah saw menempatkannya sebagai salah satu amalan yang paling utama.

Mau jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci? Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Demikian istimewa kedudukan orang tua dalam Islam karena perintah berbuat baik kepada orang tua diletakkan oleh Allah SWT di dalam Al Quran langsung setelah perintah beribadah hanya kepada-Nya atau setelah larangan mempersekutukan-Nya. Oleh karena itulah sebab mengapa hukum birrul walidaindikatakan wajib.

Alasan yang benar terkait kewajiban anak untuk berbuat baik kepada orang tua adalah menolong orang tuanya dengan sungguh-sungguh karena orang tua telah berjasa dan berkorban atas pendidikan anaknya, merawat anaknya ketika masih lemah, tidak berdaya, tidak tahu apa-apa, tidak bisa bermanfaat sedikitpun, dan tidak mampu menghindari bahaya.

Mereka menjaganya dengan tekun dan merawatnya serta mencukupi kebutuhannya hingga sang anak mampu mandiri. Inilah yang disebut dengan berbuat baik yang dilakukan orang tua dengan pengetahuan dan usaha mereka, bahkan dengan semangat yang membara dan kasih sayang yang besar. Oleh karena itu, tidak ada balasan yang tepat atas kebaikan mereka kecuali berbuat baik kepada mereka.

Ridha Allah SWT Adalah Ridha Orang Tua

makna berbakti kepada orang tua

Kita pasti sering mendengar kalimat bahwa ridho nya Allah adalah ridhanya orang tua. Ya, pernyataan kalimat tersebut memang benar adanya, dan sah dalam ajaran islam. sebagaimana dari Abdullah bin ‘Amru r.a berkata, Rasulullah saw bersabda.

“ Ridha Allah tergantung pada ridha orang tua dan murka Allah tergantung pada murka orang tua ”. ( H.R Hakim, ath-Thabrani )

Umroh.com merangkum, dalam segala hal yang menyangkut kehidupan, seorang anak wajib meminta dan membuat orang tua ridha atas segala hal yang dilakukan. Sebab terkabulnya doa sang anak karena ada ridha orang tua di dalamnya. Banyak orang yang sangat getol untuk beribadah dan melakukan hal apapun demi menggapai ridha Allah tapi lupa akan kewajibannya untuk selalu menyertakan orang tua dalam setiap langkah, dengan begitu makna berbakti kepada orang tua bisa membantu mendapatkan apa yang diinginkan.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Perlu di ingat bahwa marah nya orang tua sama halnya dengan mengundang marah nya Allah. Maka dari itu keridhaan orangtua wajib diutamakan dibandingkan dengan melakukan amalan wajib yang hukumnya fardhu kifayah contohnya seperti jihad.  Namun, apabila perintah orang tua bertentangan dengan perintah Allah, maka kita wajib mengutamakan ridha Allah di atas ridha makhluk. Dan kita bisa senantiasa mendapatkan  Ridha orang tua dengan cara dengan bakti, berbuat baik, dan bersikap lemah lembut, tidak mencela, dan menghardik mereka saat mereka sudah menua.