1
Doa

Ini Penjelasan Dalil Menuntut Ilmu dan Manfaatnya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Menuntut ilmu kewajiban setiap umat manusia. Orang yang berilmu memiliki derajat tinggi dan mulia dalam Al Quran. Bahkan dengan berilmu kita dapat meningkatkan martabat manusia. Bukan hanya dalam Al Quran, menuntut ilmu juga tertera dalam hadits – hadits yang menggambarkan keutamaan ilmu,seperti dalil menuntut ilmu.

Keutamaan menuntut ilmu adalah bahwa ia adalah jalan menuju surga. llmu adalah petunjuk bagi seorang muslim terhadap perbuatan-perbuatan baik dan akan menumbuhkan cahaya dalam hati yang akan membantu untuk membedakan antara yang haq dan batil atau perbuatan yang baik dan buruk.

Baca juga : Ini Dalil Puasa Daud yang Wajib Diketahui Kaum Muslimin

Manfaat Menuntut Ilmu

Apabila setiap orang Islam menyadari betapa pentingnya menuntut ilmu, maka semua akan berlomba-lomba mendapatkannya. Banyak manfaat yang diperoleh orang yang menuntut ilmu diantaranya sebagai berikut :

1. Memperoleh pahala seperti orang yang berjihad

Umroh.com merangkum, orang menuntut ilmu sejak keluar dari rumah sampai dia kembali ke rumah, maka ia termasuk orang yang berjuang di jalan Allah. Hal ini menunjukkan betapa besar penghargaan Rasulullah saw terhadap orang yang bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu. apabila dia mati dalam keadaan menuntut ilmu, insyaAllah ia termasuk golongan orang-orang yang mati syahid.

2. Lebih baik dari pada sholat seratus rakaat

Hal ini sesuai sabda Rasulullah saw kepada Abu Zar sebagai berikut,

“Wahai Abu Zar, keluarmu dari rumah pada pagi hari untuk mempelajari satu ayat dari kitab Allah, itu lebih baik dari pada engkau mengerjakan sholat seratus rakaat.” (HR.Ibnu Majah)

Orang yang menuntut ilmu meskipun hanya mempelajari satu ayat Al Quran kebaikannya melebihi dari pada orang yang sholat sunat seratus rakaat. Mengingat demikian besarnya pahala menuntut ilmu, maka seharusnya umat islam harus memiliki semangat belajar yang tinggi.

webinar umroh.com

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

3. Di mudahkan jalannya menuju surga dan dinaungi oleh para malaikat.

Rasulullah saw memberikan motivasi kepada umat Islam agar tertarik pada ilmu dan berusaha untuk dimilikinya. Syaratnya, kalau mau di mudahkan jalannya ke surga maka harus berusaha untuk selalu menuntut ilmu, sedangkan jawabnya bahwa Allah pasti memudahkan jalannya masuk kesurga kalau sudah melaksanakan apa yang telah diperintahkan.

Hadits dan Dalil Menuntut Ilmu

Dalam kehidupan beragama, ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang wajib dimiliki, karena tidak akan mungkin seseorang mampu melakukan ibadah yang merupakan tujuan diciptakannya manusia oleh Allah, tanpa didasari ilmu. Minimal, ilmu pengetahuan yang akan memberikan kemampuan kepada dirinya, untuk berusaha agar ibadah yang dilakukan tetap berada dalam aturan-aturan yang telah ditentukan. Dalam agama, ilmu pengetahuan adalah kunci menuju keselamatan dan kebahagiaan akhirat selama-lamanya.

Mau jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci? Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Berikut ini hadits tentang menuntut ilmu, diantaranya:

  • “Tuntutlah ilmu,sesungguhnya menuntut ilmu adalah pendekatan diri kepada Allah Azza wajalla, dan mengajarkannya kepada orang yang tidak mengetahuinya adalah sodaqoh. Sesungguhnya ilmu pengetahuan menempatkan orangnya dalam kedudukan terhormat dan mulia (tinggi). Ilmu pengetahuan adalah keindahan bagi ahlinya di dunia dan di akhirat.” (HR. Ar-Rabii’)
  • “Wahai Aba Dzar, kamu pergi mengajarkan ayat dari Kitabullah telah baik bagimu dari pada sholat (sunnah) seratus rakaat, dan pergi mengajarkan satu bab ilmu pengetahuan baik dilaksanakan atau tidak, itu lebih baik dari pada sholat seribu rakaat.” (HR. Ibn Majah)
  • “Tuntutlah ilmu dan belajarlah (untuk ilmu) ketenangan dan kehormatan diri, dan bersikaplah rendah hati kepada orang yang mengajar kamu.” (HR. Al-Thabrani)
  • “Janganlah kalian menuntut ilmu untuk membanggakannya terhadap para ulama dan untuk diperdebatkan di kalangan orang-orang bodoh dan buruk perangainya. Jangan pula menuntut ilmu untuk penampilan dalam majelis (pertemuan atau rapat) dan untuk menarik perhatian orang-orang kepadamu. Barangsiapa seperti itu maka baginya neraka.” (HR. Al-Tirmidzi dan Ibn Majah)
  • “Barangsiapa merintis jalan mencari ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan ke surga.” (HR. Muslim)
  • “Sesungguhnya Allah tidak menahan ilmu dari manusia dengan cara merenggut tetapi dengan mewafatkan para ulama sehingga tidak tersisa seorang alim. Dengan demikian orang-orang mengangkat pemimpin-pemimpin yang dungu lalu ditanya dan dia diberi fatwa tanpa ilmu pengetahuan. Mereka sesat dan menyesatkan.” (Bukhari , Muslim)
  • “Sedikit ilmu itu lebih baik dari banyak ibadah, cukup bagi seorang pengetahuan fiqihnya jika dia mampu beribadah kepada Allah (dengan baik) dan cukup bodoh bila seorang merasa bangga (ujub) dengan pendapatnya sendiri.” (Al-Thabraniy)
  • “Se-utama – utama manusia ialah seorang mukmin yang berilmu. Jika ia dibutuhkan, maka ia memberi manfaat. Dan jika ia tidak dibutuhkan maka ia dapat memberi manfaat pada dirinya sendiri”. (HR. Al-Baihaqi)
adab menuntut ilmu

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Seorang muslim seyogyanya membenarkan niat seperti dalil menuntut ilmu di atas dalam rangka mencari ilmu dan ikhlas di dalamnya agar tidak menggugurkan pahala sehingga amalnya dan kesungguhannya sia – sia. Ilmu adalah petunjuk bagi seorang muslim menuju surga.