1
Muslim Lifestyle

Ini Dalil Puasa Daud yang Wajib Diketahui Kaum Muslimin

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Puasa Sunnah Daud merupakan puasa Sunnah terbaik yang disukai oleh Allah SWT. Puasa ini memiliki banyak keutamaan dan faedah yang luar biasa. Sebagaimana kita ketahui, Puasa Daud adalah puasa selang-seling (sehari puasa, sehari tidak) yang dilakukan oleh Nabi Daud ‘alaihissalam. Berikut bunyi dalil Puasa Daus yang wajib diketahui.

Untuk umat Nabi Muhammad SAW yang hendak melakukan puasa ini, maka dihukumi Sunnah dan memiliki pahala yang besar dibandingkan dengan puasa Sunnah lainnya. Hal ini lantaran puasa daud memiliki tingkat ujian yang tinggi. Karena itulah puasa daud lebih disukai oleh Allah SWT.

Baca juga: Ini 5 Keutamaan Puasa Muharram

Dalil Puasa Daud

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda,

حَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ ، كَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا ، وَأَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ ، كَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ

“Puasa yang paling disukai oleh Allah adalah puasa Nabi Daud. Ia berpuasa satu hari lalu berbuka satu hari. Dan sholat yang paling disukai oleh Allah adalah sholat Nabi Daud. Ia tidur seperdua malam, bangun sepertiganya, lalu tidur seperenamnya.” (HR. Bukhari)

Mengenai hadits tersebut, ulama pun sepakat mengenai Sunnah puasa ini. Adapun Syekh Wahbah Az Zuhaili melalui Fiqih Islam wa Adillatuhu memberikan penegasan bahwa, puasa-puasa Sunnah yang disepakati ulama antara lain puasa sehari dan tidak berpuasa sehari. Sesungguhnya itulah puasa yang utama.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Selain itu Syekh Abdurrahman Al Juzairi dalam Fiqih Empat Madzhab mengatakan,

webinar umroh.com

“Di antara puasa yang dianjurkan adalah puasa Daud. Yakni satu hari puasa dan satu hari tidak. Di dalam hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam disebutkan bahwa puasa ini adalah puasa sunnah yang paling afhdal.”

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ وَكَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

Puasa yang paling disukai di sisi Allah adalah puasa Daud, dan shalat yang paling disukai Allah adalah Shalat Nabi Daud. Beliau biasa tidur di pertengahan malam dan bangun pada sepertiga malam terakhir dan beliau tidur lagi pada seperenam  malam terakhir. Sedangkan beliau biasa berpuasa sehari dan buka sehari.”

Umroh.com merangkum, adapun fadhillah hadits tersebut adalah menerangkan sebagaimana keutamaan puasa Daud yakni berpuasa sehari dan tidak berpuasa keesokan harinya. Puasa ini adalah puasa yang paling dicintai Allah.

Lalu fadhillah lainnya yakni menunaikan hal Allah dengan melakukan ketaatan kepada-Nya serta menunaikan hak badan dengan mengistirahatkan dari makan. Selain itu dengan berpuasa daud juga menjadikan seseorang mampu mengontrol dirinya akan ketamakan dunia karena ia lebih banyak taat dan beribadah kepada Allah SWT.

Mau jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci? Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Keistimewaan Puasa Daud

Puasa Daud memiliki keistimewaan yang luar biasa untuk dapat kita amalkan. Apa sajakah itu? Simak di sini!

1. Puasa Sunnah yang paling utama

Hal ini termaktub sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang menyebut puasa daud sebagai puasa Sunnah yang afdhal dan paling utama.

أَفْضَلُ الصِّيَامِ صِيَامُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَام كَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

“Puasa yang paling utama adalah puasa Nabi Daud ‘alaihis salam. Beliau berpuasa sehari dan tidak berpuasa sehari.” (HR. An Nasa’i; shahih)

2. Puasa Sunnah yang dicintai Alah

Selanjutnya, puasa daud adalah puasa Sunnah yang paling dicintai di sisi Allah SWT, sebagaimana sabda Rasulullah SAW,

نَّ أَحَبَّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ وَأَحَبَّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ كَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ وَكَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

“Puasa yang paling dicintai oleh Allah adalah puasa Nabi Daud. Dan sholat yang paling dicintai oleh Allah adalah sholat Nabi Daud. Ia tidur seperdua malam, bangun sepertiganya, lalu tidur seperenamnya. Dan ia berpuasa satu hari lalu berbuka satu hari. (HR. Muslim)

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

3. Puasa yang paling adil

Terakhir adalah puasa yang paling adil. Hal itu tertulis dalam riwayat Imam Muslim sebagaimana Rasulullah menganjurkan untuk puasa Daud dan menyebut sebagai puasa yang paling adil.

صُمْ يَوْمًا وَأَفْطِرْ يَوْمًا وَذَلِكَ صِيَامُ دَاوُدَ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – وَهُوَ أَعْدَلُ الصِّيَامِ . قَالَ قُلْتُ فَإِنِّى أُطِيقُ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ. قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- لاَ أَفْضَلَ مِنْ ذَلِكَ

“Berpuasalah satu hari dan berbukalah satu hari dan itu adalah puasa yang paling adil. Itu puasanya Nabi Daud ‘alaihis salam.” Aku berkata, “Sesungguhnya aku mampu lebih baik dari itu.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Tidak ada yang lebih utama dari itu.” (HR. Muslim dan Abu Dawud)

Seperti itulah dalil-dalil puasa daud yang bisa kita pelajari. Semoga kita mampu mengamalkannya dengan baik ya!