1
Muslim Lifestyle

Ini Hukum Puasa Daud Bagi yang Jarang Diketahui

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Salah satu tanda ketaatan seorang muslimin kepada Rabb-nya adalah dengan berpuasa. Umat Islam pun paham bahwa puasa adalah salah satu ibadah yang baik untuk dilakukan. Namun, dari banyaknya puasa yang ada, hanya Puasa Ramadhan yang diwajibkan. Lalu apa sih hukum puasa daud yang jarang sekali umat muslim ketahui? Ini jawabannya.

Meski demikian, ada beberapa puasa Sunnah yang dianjurkan dalam Islam seperti Puasa Daud. Puasa Daud berarti melakukan puasa pada hari ini lalu keesokan harinya tidak berpuasa, dan berpuasa lagi keesokan harinya.

Baca juga: Serba-serbi Puasa Asyura yang Wajib Diingat

Inilah sebaik-baiknya puasa dan memiliki derajat puasa yang tinggi sehingga disebut sebagai puasa yang paling disukai Allah SWT.

Hukum Puasa Daud

Umroh.com merangkum, puasa Daud merupakan puasa yang paling disukali Allah. Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, beliau berkata berkata bahwa Rasulullah SAW pernah berkata padanya,

أَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – وَأَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ ، وَكَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ ، وَيَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

Sebaik-baik shalat di sisi Allah adalah shalatnya Nabi Daud ‘alaihis salam. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah adalah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau shalat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu puasa sehari dan tidak berpuasa di hari berikutnya.” (HR. Bukhari no. 1131).

Dalam riwayat lain disebutkan,

webinar umroh.com

لاَ صَوْمَ فَوْقَ صَوْمِ دَاوُدَ ، شَطْرَ الدَّهْرِ ، صِيَامُ يَوْمٍ ، وَإِفْطَارُ يَوْمٍ

Tidak ada puasa yang lebih afdhol dari puasa Daud. Puasa Daud berarti sudah berpuasa separuh tahun karena sehari berpuasa dan sehari tidak berpuasa.” (HR. Bukhari no. 6277 dan Muslim no. 1159).

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Karena itulah Syekh ‘Abdurrahman bin Nashir As Sa’di berkata bahwa hadits tersebut memberi penegasan bahwa Puasa Daud adalah sebaik-baiknya puasa. Bahkan lebih utama dari puasa sepanjang tahun. Meski demikian, Puasa Daud hanya boleh dilakukan oleh orang-orang yang mampu sehingga tidak sampai melalaikan kewajiban lainnya. Dalam riwayat lain pun disebut,

وَلاَ يَفِرُّ إِذَا لاَقَى

Jangan sampai lari ketika menemui kesulitan” (HR. Bukhari no. 1977 dan Muslim no. 1159)

Adapun maksudnya yakni jangan sampai Puasa Daud melalaikan kewajiban lain seperti jihad. (Syarh ‘Umdatil Ahkam, hal. 361). Selain itu Syekh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin rahimahullah mengatakan, “Puasa Daud sebaiknya hanya dilakukan oleh orang yang mampu. Jangan sampai ia melakukan puasa ini namun membuatnya meninggalkan amalan pun ibadah yang disyari’atkan. Selain itu jangan sampai pula hanya karena melakukan Puasa Daud, ia tidak mempelajari ilmu agama. Karena selain puasa Daud, masih banyak ibadah lainnya yang harus dilakukan. Jika banyak melakukan puasa dapat membuat tubuh menjadi lemas, maka janganlah memperbanyak puasa. … Wallahul Muwaffiq.”

Tata Cara Puasa Daud

Sebagaimana yang kita ketahui, Puasa Daud adalah puasa yang dilakukan oleh Nabi Daud. Diriwayatkan bahwa,

“Puasa yang paling utama adalah puasanya Nabi Daud AS, ia berpuasa sehari dan berbuka (tidak berpuasa) sehari” (HR. An-Nasa’i)

Yuk jadilah tamu istimewa Allah dengan temukan paketnya di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Bacaan Niat Puasa Daud

Secara teknis pelaksanaannya, Puasa Daud tak jauh berbeda dengan puasa Sunnah lainnya. Puasa ini pun diawali dengan niat. Namun, niat Puasa Daud berbeda dengan puasa wajib. Niat Puasa Daud boleh dilakukan setelah terbit fajar asalkan belum melakukan hal yang dapat membatalkan puasa.

            Adapun niat puasa Daud sebagai berikut,

نَوَيْتُ صَوْمَ دَاوُدَ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma daawuda sunnatal lillahi ta’ala.

Artinya, “Saya niat puasa Daud, sunah karena Allah Ta’ala”

Keutamaan Puasa Daud

Mahbub Ma’afi Ramdlan dalam ‘Tata Cara Puasa Dawud’ menjelaskan keutamaan puasa daud berada ada beratnya ujian bagi yang melaksanakannya. Merekka yang menjalani puasa daud, berarti belajar untuk sehari meninggalkan dunia dan sehari merasakan kesenangan dunia. Mereka berlatih untuk tidak terikat dengan duniawi.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Sementara dari aspek kesehatan tubuh, Puasa Daud bermanfaat untuk kesehatan diri manusia dengan mencegah sakit. Puasa berselang sehari-sehari ini menjadikan kondisi tubuh sehat, terutama pada saluran pencernaan. Puasa Daud juga membantu proses detoksifikasi tubuh manusia.

Nah, itulah hukum puasa daud yang sebaiknya diketahui oleh kamu yang ingin melaksanakan puasa ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan kebaikan. Aamiin! Jangan lupa share ya!