1
Muslim Lifestyle

Ini Dalil Qonaah yang Wajib Diketahui Umat Muslim

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Salah satu sifat terpuji yang sebaiknya dimiliki oleh setiap muslim untuk selalu merasa cukup yakni sifat Qonaah. Jadi, apapun rejeki yang Allah SWT berikan kepada kita atas segala upaya yang telah kita kerahkan, maka kita akan merasa cukup tanpa mengeluh akan kekurangan rejeki. Dengan demikian, kita pun akan tenang dalam menjalani kehidupan tanpa merasa kurang. Bagaimana bunyi dalil qonaah itu sendiri?

Sejak zaman dahulu Rasulullah SAW mengajarkan kepada umat-Nya untuk senantiasa menerapkan sifat qanaah dalam diri setiap muslim. Yakni selalu ridha dan ikhlas dalam menjalani semua permasalahan yang tengah mereka hadapi karena garis takdir sudah ditentukan oleh Allah SWT sebagaimana tersurat dalam Azzumar ayat 49:

“Maka apabila manusia ditimpa bahaya ia menyeru Kami, kemudian apabila Kami berikan kepadanya ni’mat dari Kami ia berkata:”Sesungguhnya aku diberi ni’mat itu hanyalah karena kepintaranku”. Sebenarnya itu adalah ujian, tetapi kebanyakan mereka itu tidak mengetahui” (Q.S Azumar : 49)

Baca juga: Ini 14 Keistimewaan Surat Al Fatihah yang Wajib Diketahui

Dalil tentang Qonaah

Umroh.com merangkum, segala sesuatu di dunia apabila kita cari dengan memiliki prinsip qonaah, maka apa yang kita cari akan terasa lebih ikhlas karena yang diharapkan hanyalah ridho Allah SWT. Dengan sifat qonaah, kita akan lebih paham bahwa segala sesuatu yang kita miliki di dunia ini, asalkan diniatkan karena Allah SWT maka kita tidak akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkannya.

Berikut dalil qonaah yang dapat kita ketahui:

Dalam surat Al Baqarah ayat 155, Allah SWT berfirman:

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (QS. Al Baqarah : 155 )

webinar umroh.com

Lalu dari Abdillah bin Amr sesungguhnya Rasulullah saw bersabda;

“Sungguh beruntung orang yang masuk islam dan rizkinya cukup dan merasa cukup dengan apa-apa yang pemberian Allah. (HR Muslim)

Berdasarkan hadits Bukhari-Muslim, Rasulullah juga mengajarkan kita soal kekayaan jiwa.

لَيْسَ الْغِنَى عَنْ كَثْرَةِ الْعَرَضِ وَلَكِنَّ الْغِنَى غِنَى النَّفْسِ

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

“Bukanlah kekayaan itu lantaran banyak harta, akan tetapi kekayaan itu adalah kekayaan jiwa.” (HR. Bukhari-Muslim)

Dalam surat Hud ayat 6, Allah SWT berfirman,

وَمَا مِن دَآبَّةٍ فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا عَلَى ٱللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۚ كُلٌّ فِى كِتَٰبٍ مُّبِينٍ


“dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allahlah yang memberi rezkinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. semuanya tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).” (QS. Hud :6)

Contoh Sikap Qonaah

Berdasarkan pemaparan tim Umroh.com, sikap qonaah perlu dilatih sejak masih kecil. Hal ini lantaran sikap qonaah berkaitan erat dengan segala hal yang ada di dunia. Terlebih, dengan kita berhasil mengendalikan diri dari urusan-urusan dunia lewat sikap qonaah, maka kita akan terbiasa hidup sederhana dan mensyukuri setiap rejeki yang kita dapatkan dari Allah SWT.

Karena itulah perlu kita pahami contoh-contoh sikap yang masuk dalam kategori qonaah:

1. Selalu bersyukur

Bersyukur atas apa yang diberikan oleh Allah SWT, meski hasil yang terlihat dari mata manusia hanya sejumlah kecil. Namun, itulah hasil  yang kita dapatkan harus diterima dengan lapang dada.

2. Hidup sederhana

Yakni dengan hidup apa adanya, tanpa memaksakan diri untuk terlihat kaya. Tidak berfoya-foya dan bergaya sesuai dengan kemampuan yang dipunya.

Tak hanya menjadikan Anda tamu Allah, umroh juga melancarkan rezeki. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

3. Menghargai apapun yang diberikan oleh Allah SWT

Sebagai manusia yang tak bisa apa-apa tanpa kehendak Allah SWT, kita wajib menghargai apapun yang Allah SWT berikan karena hanya Allah yang tau apa yang terbaik bagi kita.

4. Tidak mudah menyerah

Adakalanya kita sering merasa lelah dengan segala cara yang terlihat tak mungkin. Namun, kita tidak boleh menyerah, tidak boleh putus asa ataupun kecewa dengan hasil yang sudah kita upayakan. Maka dari itu kita harus senantiasa semangat untuk mendapatkan yang terbaik.

Contoh-contoh berikut telah diperkuat oleh penjelasan dari hadits sebagai berikut:

“Lihatlah orang yang di bawah kalian dan janganlah melihat orang di atas kalian, karena yang demikian itu lebih layak bagi kalian agar kalian tidak memandang hina nikmat Allah yang dilimpahkan kepada kalian.” (Muttafaqun Alaih)

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Dengan demikian dapat kita simpulkan hikmah sifat qonaah yakni hidup akan lebih tenang dan tentram, senantiasa optimis dalam usaha, tidak mudah putus asa, menjauhkan sifat iri dan selalu bersyukur kepada Allah SWT.

Itulah dalil tentang qonaah yang sebaiknya kita pahami betapa pentingnya memiliki sifat qonaah. Jangan lupa share, komen dan like ya!