1
Muslim Lifestyle Parenting

Delapan Nasihat Ringan Untuk Muslim

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Beruntunglah orang-orang yang terlahir sebagai seorang muslim. Setiap aspek kehidupan orang muslim selalu disertai dengan peringatan dan anjuran. Ayat-ayat Al-Quran dan nabi Muhammad SAW serta nabi-nabi pendahulu datang ke dunia untuk menyerukan peringatan kepada seluruh manusia tentang akhirat serta balasan untuk orang-orang kafir.

Dalam artikel ini terdapat beberapa nasihat yang harus diketahui oleh umat muslim sekaligus dapat  memperkuat dan mendekatkan kepada Allah SWT.

  1. “Bismillah Hir Rahman Nir Raheem”, sebelum kita melakukan aktivitas apapun dari hal kecil sampai hal yang besar ucapkanlah Bismillah Hir Rahman Nir Raheem.
  2. Tersenyumlah dimanapun anda berada. Karena senyum adalah ibadah yang paling sederhana. Jangan biarkan wajah kita dipenuhi kesedihan. Tunjukkanlah keluh kesahmu hanya kepada Allah SWT semata.
  3. Rendah hati. Saat kita akan memberikan sesuatu kepada orang yang membutuhkan, jangan sampai dia merasa terhina, tunjukkanlah kasih sayang terhadapnya, berilah dia sebuah senyuman, agar dia tahu bahwa kita juga merasakan penderitaan serta kesedihan mereka, dan doakanlah mereka.
  4. Cobalah menggunakan setiap waktu luang kita untuk berdzikir dan mengingat Allah SWT — saat berada di lift, di dalam angkutan umum, menaiki tangga, mengantri. Gunakan momen-momen ini untuk bersholawat kepada Rasulullah dan berdzikir kepada Allah SWT.
  5. Tetaplah yakin kepada Allah SWT bahwa semua doa-doa kita pasti akan dikabulkan, dan jika tidak dikabulkan maka Allah SWT akan menggantinya dengan yang lebih baik atau ditunda sampai saat berada di akhirat. Jika kita mempunyai sesuatu yang dibutuhkan, tulis dan taruh di tempat yang mudah dilihat. Ulangi terus menerus di dalam doa khususnya pada waktu fajar, cobalah bangun pada sepertiga malam terakhir dan mintalah kepada Allah agar doa kita dikabulkan.
  6. Terapkan Al-Quran dalam kehidupan kita sehari-hari, jangan sampai kita melewati hari tanpa membaca Al-Quran. Dengarkanlah ayat-ayat Al-Quran, ikutilah kajian-kajian di masjid terdekat agar kita dapat mengerti makna dari ayat-ayat Al-Quran sehingga kita dapat mengamalkan ilmu dengan baik dan benar.
  7. Nikmatilah hidupmu, terimalah segala situasi yang telah diberikan dan telah kamu capai. Kita akan diberi ujian berupa kebahagian dan kesedihan, tapi semua itu akan berakhir. Jangan pernah mengharap kebahagiaan yang kekal atau kesedihan yang tiada henti saat kita masih hidup di dunia. Berusahalah, kerjakan perintah Allah SWT, bertawakkallah kepada-Nya serta laksanakanlah sunnah rasulullah.
  8. Setiap kali kita berdo’a jangan egois hanya dengan mendoakan diri kita sendiri. Sertakanlah keluarga, teman-teman, orang tua dalam lantunan doa kita. Khususnya kepada orang-orang yang telah meninggalkan dunia ini karena mereka sudah tidak bisa berdo’a, mereka bergantung pada do’ orang yang masib hidup.