1
Motivasi Muslim Lifestyle

Delusi Pria Lajang yang Menua

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Mengapa kita, sebagai masyarakat, membiarkan pria lajang kita menjadi pemilih dan pilih-pilih tentang istri mereka?

Sejauh menyangkut proses pernikahan, mengapa kita membiarkan anak perempuan diperlakukan seperti komoditas yang dibarter di pasar, dengan ciri-ciri fisik, prestasi, dan karakteristik lain yang ditampilkan dan didiskusikan dengan orang lain seperti item yang ditawarkan pada menu kartu, katalog, atau daftar, mengurangi nilainya menjadi produk konsumen yang tersedia untuk pembelian?

Pria lajang menganggap itu hak yang diberikan Tuhan untuk pilih-pilih tentang sifat-sifat istri masa depan mereka, terutama mengenai masa muda dan kecantikannya. Mereka secara pasif diizinkan oleh setiap orang di keluarga mereka untuk mencantumkan ‘persyaratan’ mereka untuk istri, sedangkan sebagian besar penatua keluarga lebih dari cukup sadar, karena pengalaman pernikahan mereka sendiri selama bertahun-tahun, bahwa sebagian besar persyaratan ini tidak berkontribusi untuk jangka panjang kebahagiaan pernikahan.

Saya pikir alasan paling penting di balik tuntutan yang dijatuhkan oleh pria lajang yang lebih tua ketika mereka berkeliling mencari seorang gadis untuk menikah, adalah bahwa mereka dibesarkan untuk percaya bahwa mereka bisa mendapatkan apa pun yang mereka inginkan hanya karena mereka laki-laki, dan karenanya, dalam posisi ‘alami’ otoritas untuk mengeluarkan dikte dan membuat semua keputusan tentang kehidupan mereka. Semakin tua mereka, semakin kaku mereka tentang sifat-sifat istri yang mereka inginkan, meskipun ada sedikit pilihan yang tersedia.

Orang-orang seperti itu adalah anak laki-laki muda, yang dibesarkan dengan halus untuk percaya bahwa karena mereka adalah orang yang mengejar seorang istri, mereka dapat menuntut apa pun yang mereka inginkan ketika mereka bergerak mencari-cari apa yang tersedia.

Pola pikirnya adalah, “Saya yang akan mengeluarkan dan menduduki posisi otoritas dalam pernikahan ini, dan saya memiliki banyak pilihan untuk dipilih. Karenanya, saya akan pilih-pilih tentang apa yang saya inginkan. Saya juga tidak suka yang ini. Selanjutnya, silakan. ”

Mereka lupa bahwa, tidak seperti tumpukan pakaian yang ditolak di toko, gadis-gadis yang mereka kunjungi “lihat”, memiliki harga diri, perasaan, keinginan, dan impian mereka sendiri. Wanita harus berbicara masuk akal ke dalam mahram tunggal mereka

Setiap pria lajang yang menuntut, pilih-pilih, dan sulit menyenangkan di luar sana yang memiliki kecenderungan untuk menolak gadis-gadis dengan dalih yang lemah ketika mencari seorang istri, mungkin dibesarkan oleh satu atau dua wanita yang lebih tua sebagai mentornya ketika ia masih anak-anak, ibunya, nenek, bibi, atau kakak perempuan. Setiap lelaki semacam itu masih memiliki beberapa perempuan mahram di keluarganya yang jelas-jelas memberi pengaruh pada pemikiran, mentalitas, sikapnya terhadap perempuan, dan keyakinan tentang kehidupan pernikahan.

webinar umroh.com

Sungguh menyedihkan melihat wanita menggeser persneling dan pergi ke mode sikap yang berbeda ketika mereka keluar mencari istri untuk putra atau saudara laki-laki mereka. Mengapa mereka menggunakan perilaku yang sama yang mereka anggap ofensif atau merendahkan, ketika mereka menerima proposal sendiri sebagai gadis muda lajang?

Mengapa mereka berdiri dengan diam-diam dan secara pasif membiarkan putra / saudara mereka merendahkan gender mereka sendiri? Bukankah wanita seharusnya satu persaudaraan, saling membela status dan hak satu sama lain?

Tidakkah seharusnya kita, sebagai ibu dan saudara laki-laki dari pria yang ingin menikah, menunjukkan sikap hormat yang sama terhadap para putri dan saudara perempuan dari orang lain, yang ingin kita tunjukkan kepada para bujangan dan keluarga mereka kepada kita, ketika kita, anak perempuan kita, atau saudara perempuan kita menerima lamaran nikah?

Mulai bekerja pada pola pikir anak laki-laki selama masa kanak-kanak

Sementara mencari seorang istri, seorang pria mendengarkan dengan sungguh-sungguh nasihat yang tulus dari ibu, saudara perempuan, bibi dan neneknya tentang siapa yang harus dituju.

Lebih lanjut, tarbiyah yaitu pembentukan karakter dan pelatihan moral semua remaja putra dimulai sejak dini, selama masa kanak-kanak mereka, ketika seorang ibu mulai mengajar dan membimbing putranya tentang bagaimana berperilaku terhadap anak perempuan.

Apa pun yang dia izinkan dia lakukan terhadap dirinya sendiri dan saudara-saudaranya, dan apa pun yang dia tidak izinkan (dengan menggambar garis yang tegas), sangat menentukan dalam apa dan bagaimana dia akan bersikap terhadap semua wanita lain ketika dia menjadi pria.

Agar suatu hari memiliki proses proposal pernikahan di tempat yang lebih inklusif untuk anak perempuan dari segala usia, ukuran, warna kulit, garis keturunan dan latar belakang pendidikan, kita perempuan, sebagai ibu, harus mulai bekerja untuk perubahan di tingkat akar rumput. Biarkan anak-anak kita mewujudkan perubahan laki-laki yang ingin kita lihat suatu hari.