1
Travel

Di Negara Lain, Perbuatan Ini Dianggap Tidak Sopan, Lho

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Setiap negara memiliki adat istiadat dan budaya tersendiri. Jika kamu ingin berwisata ke luar negeri, sebaiknya pelajari terlebih dahulu peraturan dan budaya yang ada di sana. Cari tahu hal-hal apa saja yang dianggap sopan dan menyenangkan hati warga setempat. Ketahui juga hal-hal yang membuat mereka tidak nyaman dan membuatmu dianggap tidak sopan.

Budaya-budaya yang ada di tempat yang kita kunjungi bisa mirip, namun bisa juga jauh berbeda, seperti contoh di bawah ini. Jangan lakukan hal-hal di bawah ini saat mengunjungi suatu negara.

Arab Saudi : Berpakaian yang Menunjukkan Aurat

Di Arab Saudi, banyak wanita yang mengenakan hijab dan abaya atau gaun panjang. Terutama saat memasuki masjid. Bagi wisatawan yang tidak berhijab, atau beragama selain Islam, juga harus mengikuti aturan berpakaian tersebut.

Bukan hanya wanita, pria juga dilarang berpakaian yang menunjukkan aurat. Sangat disarankan untuk menghindari pakaian pria yang panjangnya di atas lutut atau menunjukkan pundak.

Jepang : Menancapkan Sumpit di Mangkuk Nasi

Saat kamu bersantap di Jepang, dan disuguhi semangkuk nasi dengan sumpit, perhatikan cara meletakkan sumpit saat sedang tidak digunakan. Jangan sampai kita meletakkan sumpit dengan cara menancapkannya di atas nasi. Tidak!

Bagi warga Jepang, meletakkan sumpit dengan cara seperti itu dianggap sangat tabu. Bahkan cara tersebut mengingatkan mereka dengan pemakaman. Sumpit yang ditancapkan itu menyerupai bentuk persembahan kepada orang yang sudah meninggal.

Cara meletakkan sumpit yang benar adalah dengan meletakkannya di atas mangkuk ketika selesai makan, atau meletakkannya di samping mangkuk ketika kita masih akan meneruskan makan.

Yunani : Menyisakan Makanan

Di Yunani, kamu akan dianggap tidak sopan jika menyisakan makanan di atas piring. Itu bisa berarti hinaan kepada tuan rumah, karena mereka berpikir bahwa makanan yang disuguhkan tidak enak.

webinar umroh.com

Jika memang tidak bisa makan banyak, sangat disarankan mengambil makanan dalam jumlah kecil atau secukupnya. Jika kita meminta tambahan makanan, itu lebih baik karena tuan rumah justru akan merasa senang.

Fiji : Sembarangan dalam Memuji

Warga fiji banyak menganut budaya “kerekere”, yaitu “berbagi”. Dalam budaya tersebut, seseorang harus mau berbagi jika ada orang yang meminta dengan sopan. Karena itu, mereka mudah memberikan sesuatu kepada orang lain.

Di sisi lain, seseorang juga harus berhati-hati dalam memuji, karena pujian sering dianggap bahwa ia sangat menyukai suatu benda dan ingin memilikinya.

India : Makan dengan Tangan Kiri

Hidangan khas India banyak yang memang dibuat untuk disantap dengan tangan, bukan dengan sendok. Kebanyakan makanan memiliki saus atau sup, yang dinikmati dengan roti yang disobek.

Jika sedang menikmati makanan di India dengan tangan, gunakan tangan kanan. Menyantap makanan dengan tangan kiri akan dianggap tidak sopan.

Inggris : Menyerobot Antrian

Warga di Inggris sangat mengutamakan kesabaran. Karena itu, budaya antri adalah hal yang sangat dijunjung tinggi di sana. Melihat seseorang yang menerobos antrian bisa membuat mereka sangat sebal bahkan marah.

Bukan hanya menerobos, mereka juga tidak suka jika ada orang yang menggerutu saat sedang mengantri. Namun mereka akan sangat menghargai jika ada orang yang menggunakan humor untuk menunjukkan bahwa ia ingin segera mendapat giliran.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.