1
Doa

Doa Masuk dan Keluar Rumah Lengkap dengan Artinya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Doa menjadi tanda penghambaan seorang manusia kepada Rabb-nya. Melalui doa yang di panjatkan, seorang hamba memohon segala sesuatu. Sebab semuanya berasal dari Allah. Kita sebagai umat muslim diajarkan untuk berdoa sebelum melakukan kegiatan apapun. Termasuk ketika akan memasuki rumah dan keluar rumah. Memang rumah adalah tempat berlindung, namun sebaik-baik pelindung hanya Allah. Berikut ini doa masuk dan keluar rumah yang bisa kita amalkan.

Baca juga : Lengkap! Inilah Tata Cara Sholat Muthlaq dan Keutamannya

Doa Masuk dan Keluar Rumah

Ketika memasuki rumah, kita dianjurkan menyebut nama Allah. Jabir bin Abdillah berujar bahwa ia pernah mendengar Rasulullah bersabda, “Jika seseorang memasuki rumahnya lantas ia menyebut nama Allah saat memasukinya, begitu pula saat ia makan, maka setan pun berkata (pada teman-temannya), “Kalian tidak ada tempat untuk bermalam dan tidak ada jatah makan.”

Ketika ia memasuki rumahnya tanpa menyebut nama Allah ketika memasukinya, setan pun mengatakan (pada teman-temannya), “Saat ini kalian mendapatkan tempat untuk bermalam.” Ketika ia lupa menyebut nama Allah saat makan, maka setan pun berkata, “Kalian mendapat tempat bermalam dan jatah makan malam” (HR.Muslim)

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Selain hadis tersebut, Abu Malik Al Asy’ari juga pernah mendengar Rasulullah bersabda, “Jika seseorang memasuki rumahnya, maka ucapkanlah Allahumma inni as-aluka khoirol mawlaji wa khoirol makhroji, bismillahi walajnaa wa bismillahi khorojnaa wa ‘alallahi robbinaa tawakkalnaa (Ya Allah, aku memohon pada-Mu kebaikan ketika masuk dan keluar dari rumah.

Dengan nama Allah, kami masuk dan dengan nama Allah kami keluar dan hanya kepada Allah Rabb kami, kami bertawakkal). Lalu hendaklah mengucapkan salam pada keluarganya” (HR.Abu Daud).

Bacaan Doa Masuk Rumah

Dari hadis tersebut, kita bisa memahami bahwa doa masuk rumah yang diajarkan Rasulullah adalah:

 َّ اللهَُّ م إِّ نى أَسْأَلُكَ خَیْرَ الْمَوْلجِ وَخَیرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ َّ اﷲِ وَلجْنَا وَبِسْمِ َّ اﷲِ خَرَجْنَا وَعَلَى َّ اﷲِ رَِّ بنَا تَوََّ كلنَا

webinar umroh.com

Allahumma inni as-aluka khoirol mawlaji wa khoirol makhroji, bismillahi walajnaa wa bismillahi khorojnaa wa ‘alallahi robbinaa tawakkalnaa’ 

Artinya: “Ya Allah, aku memohon pada-Mu kebaikan ketika masuk dan keluar dari rumah. Dengan nama Allah, kami masuk dan dengan nama Allah kami keluar dan hanya kepada Allah Rabb kami, kami bertawakkal”.

Diakhiri dengan Ucapan Salam

Selain menyebut nama Allah dan berdoa, kita juga disunnahkan mengucap salam ketika masuk rumah. Hal ini sesuai dengan penuturan Anas bin Malik ra, bahwa Rasulullah pernah berkata padanya, “Wahai anakku, jika engkau memasuki rumah dan menemui keluargamu, ucapkanlah salam biar datang berkah padamu dan juga pada keluargamu” (HR.Tirmidzi).

Umroh.com merangkum, perintah untuk mengucapkan salam ketika memasuki rumah juga tercantum di dalam Al Quran. Allah berfirman, “Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik.” (QS.An Nur: 61).

Mau jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci? Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Doa Keluar Rumah

Rasulullah mengajarkan doa keluar rumah sebagai berikut :

 بِسْمِ اﷲِ توََّ كلتُ عَلَى اﷲِ، لَا حَوْلَ وَلَا قَُّ وةَ إَِّ لا بِاﷲِ

Bismillahi tawakkaltu ‘Ala Allah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.”

Dituturkan oleh Anas bin Malik, Rasulullah bersabda, ”Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemudian dia membaca doa di atas, maka disampaikan kepadanya: ‘Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi.’ Seketika itu setan-setanpun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, ’Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi’ (HR.Abu Daud dan Tirmidzi).

Para ulama menjelaskan, setelah mendengar doa tersebut para malaikat akan berkata kepada pembacanya, “Wahai hamba Allah, kamu telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi”.

Selain doa di atas, doa keluar rumah lainnya yang bisa kita amalkan adalah :

 َّ اللهَُّ م إِِّ نى أَعُوذُ بكَ أَنْ أَضِ َّ ل أَوْ أُضَ َّ ل أَوْ أَزِ َّ ل أوْ أزَ َّ ل أوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلمَ أوْ أَجْهَلَ أَوْ یُجْهَلَ عَلَ َّ ى

Allahumma inni a’udzubuka an adhilla aw udhalla aw azilla aw uzalla aw azlima aw uzlama aw ajhala aw yujhala ‘alayya

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari: aku tersesat, atau aku menyesatkan, atau aku tergelincir, atau aku di gelincirkan, atau aku mendhalimi, atau aku didhalimi, atau kebodohanku atau dibodohi.”

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Doa ini berasal dari Umma Salamah ra yang menuturkan, “Setiap kali Rasulullah keluar dari rumahku, beliau mengarahkan pandangannya ke langit, kemudian berdoa: Allahumma a-‘udzu bika an adhilla “ (HR.Abu Daud, An Nasa’i, dan Ibnu Majah).

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.