1
Doa

Doa Naik Kendaraan Darat Sebelum Melakukan Perjalanan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Aktivitas manusia tentu tak pernah lepas dari bepergian entah itu berjalan kaki maupun menggunakan kendaraan. Sebagai umat muslim tentu sudah tahu bahwa islam senantiasa mengajarkan umatnya untuk selalu mengamalkan perbuatan baik yang bertujuan untuk melindungi diri dari segala macam hal, salah satunya ialah dengan membaca doa naik kendaraan darat.

Baca juga : Ingat Baik-baik! Begini Bunyi Niat Puasa Senin Kamis

Doa Naik Kendaraan Darat

Membaca doa naik kendaraan adalah wujud dari rasa syukur yang harus dilakukan umat muslim. Sebagaimana Allah berfirman dalam Al Quran Surat Az Zukhruf ayat 13-14 yang artinya :

“Supaya kamu duduk di atas punggungnya kemudian kamu ingat nikmat Tuhanmu apabila kamu telah duduk di atasnya dan upaya kamu mengucapkan, ‘Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami’.” (QS. Az Zukhruf ayat 13-14)

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Adapun bunyi doanya adalah sebagai berikut.

Apa yang perlu kita ungkapkan ketika naik kendaraan? Bersyukur dan mengingat nikmat Allah tersebut saat menaikinya adalah hal yang perlu kita ungkapkan. Diriwayatkan dari sahabat Ali Ra, bahwasan-nya ketika Rasulullah naik unta maka akan membaca urutan doa berikut:

1. Membaca bismillah

Beliau membaca “bismillah” (بِسْمِ اللهِ), ketika Rasulullah meletakkan kakinya di atas tunggangannya.

2. Membaca alhamdulillah

Beliau membaca “alhamdulillah” (الْحَمْدُ لِلَّهِ), ketika Rasulullah telah tegak di atas punggungnya unta.

webinar umroh.com

3. Membaca doa naik kendaraan darat

Setelah itu beliau membaca doa naik kendaraan (ketika itu naik tunggangan unta), sebagai berikut:

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَاكُنَّالَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

SUBHAANAL LADZII SAKHHORO LANAA HAADZAA WA MAA KUNNAA LAHUU MUQRINIINA WA INNAA ILAA ROBBINAA LAMUNGQOLIBUUNA.

Artinya : “Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

4. Membaca Alhamdulillah dan Takbir sebanyak 3 kali.

  • Alhamdulillah (الْحَمْدُ لِلَّهِ) artinya Segala puji bagi Allah (3x).
  • Allah Akbar (اللهُ أَكْبَرُ) artinya Allah Maha Besar (3x).

Adab Naik Kendaraan Dalam Islam

Apalagi yang engkau cari jika hidup bukan untuk ridha Allah? Segera penuhi panggilan-nya bersama Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Selain membaca doa kendaraan, Nabi Muhammad SAW juga telah mengajarkan bagaimana adab yang harus kita perhatikan saat naik kendaraan bagi kita sebagai umat islam. Berikut beberapa adab yang harus selalu kita perhatikan saat naik kendaraan:

  • Membaca niat dan bertujuan yang baik untuk berkendara. Sebagaimana yang kita ketahui niat adalah awal dari segala hal yang akan kita lakukan. jika niat kita baik, insyaAllah Allah pun akan senantiasa melindungi kita dari marabahaya.
  • Dilanjutkan selalu berdzikir saat berkendara dengan mengingat hanya kepada Allah SWT saja. Dari pada kita mendengarkan lagu – lagu yang tidak bermanfaat, lebih baik kita berdzikir dan terus senantiasa meningkat Allah selama dalam perjalanan.
  • Pilihlah jenis kendaraan yang akan dinaiki, dan perhatikanlah bahwa kendaraan yang telah Anda pilih benar-benar dalam keadaan yang bagus dan masih layak untuk di naiki sebagai kendaraan Anda.
  • Setiap negara pasti memiliki aturan lalu lintas nya masing masing. Kita harus selalu taat dan menghormati segala peraturan lalu lintas yang telah diberlakukan dalam berkendara.
  • Berdzikirlah ketika menemui jalan yang kurang bagus atau pun yang mendaki dan menurun

Keutamaannya Membaca Doa Naik Kendaraan

Umroh.com merangkum, membaca doa naik kendaraan seperti di atas adalah salah satu anjuran yang harus dilakukan. Sebab, barangsiapa yang membacanya, akan mendapatkan keutamaan sebagai berikut:

Yaitu mendapat pahala yang melimpah dari Allah SWT. Selain itu, supaya mendapatkan ridho dari Allah sehingga senantiasa meridhoi aktivitas kita seharian. Apalagi pada zaman sekarang ini aktivitas manusia selalu di sibukkan dengan kendaraan.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Keutamaan lain dari membaca doa tersebut adalah supaya kita pada saat menaiki kendaraan terhindar dari marabahaya yang akan menimpa dan juga supaya di lindungi oleh Allah SWT saat berkendara. Sehingga kita bisa sampai di tujuan dengan selamat dan sehat wal afiat. Maka dari itu penting bagi kita sebagai umat islam untuk senantiasa membaca bahkan menghafal doa diatas. Jika sudah hafal, tinggal amalkan dalam kehidupan sehari-hari agar Allah senantiasa melindungi kita sebagai hambanya.