play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Doa

Perlu Tahu! Ini 9 Doa Orang Mustajab Bagi Umat Muslim

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Setiap manusia di dunia pasti banyak yang menginginkan sesuatu hal dalam hidupnya. Namun, sering kali kita dihadapi dengan berbagai kendala yang membuat ingin tersebut sulit untuk dicapai. Padahal sering sekali kita merasa bahwa kita telah totalitas dalam memberikan usaha terbaik kita, namun lagi dan lagi tak kunjung membuahkan hasil. Terdapat doa – doa orang mustajab yang perlu banyak orang tahu khususnya umat islam untuk mengabulkan doa.

Saat kita dihadapkan dengan posisi seperti ini, ketahuilah sesungguhnya pertolongan Allah SWT selalu menjadi kunci utama dalam hidup setiap manusia. Dan doa merupakan senjata paling dahsyat bagi orang – orang beriman.  Dalam hal berdoa, sesungguhnya Allah SWT telah menetapkan beberapa golongan orang yang memang mustajab doanya untuk dikabulkan.

Baca juga : Waspadalah! Ini Macam-Macam Syirik dan Contohnya

9 Doa Orang Mustajab di Dalam Islam

Golongan inilah golongan yang paling beruntung dalam hal memohon sesuatu pada Allah dengan catatan permohonan yang mereka minta masih dalam batas wajar dan tak keluar dari jalur islam. siapakah orang tersebut ? ini jawabannya.

1. Doa Orang Tua Untuk Anaknya

Ridho Allah adalah ridho orangtua. Kalimat tersebut tentu sering kali kita dengar di berbagai kesempatan dan nyata memang benar adanya. Setiap orang tua tentunya menginginkan kebaikan serta keberkahan dalam hidup setiap anaknya. Orang tua terbaik ialah orang tua yang senantiasa mendoakan anak – anaknya. Mustajabnya doa orang tua pun tertuang dalam HR Abu Daud (1531) dan Tirmidzi (1905) dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda:

“Tiga doa yang dikabulkan, tidak diragukan pengabulannya; doanya orangtua (maksudnya untuk anaknya), doanya seorang musafir dan doanya yang terzhalimi.” (Dinilai hasan oleh Tirmidzi dan Al Albani di dalam kitab Silsilah Al Ahadits Ash Shahihah, no. 596).

2. Doa Anak Sholeh Yang Berbakti Pada Orangtua

Islam mengajarkan seorang anak agar senantiasa berbakti kepada orangtua. Bagi orangtua memiliki anak yang sholeh adalah dambaan dan harapannya. Karena dengan memiliki anak yang sholeh tentunya mereka akan senantiasa didoakan oleh anaknya dimana doa anak sholeh ialah salah satu doa mustajab. Hal demikian memang sesuai dengan suatu kisah yang terdapat dalam hadits Nabi berikut ini :

“Akan datang padamu semua, seorang bernama Uwais bin ‘Amir beserta sepasukan mujahidin dari ahli Yaman, ia dari keturunan Murad dari Qaran. Ia mempunyai penyakit supak lalu sembuh dari penyakitnya itu, kecuali di suatu tempat sebesar uang dirham. Ia juga mempunyai seorang ibu yang ia amat berbakti padanya. Andai kata orang itu bersumpah akan sesuatu atas nama Allah, pasti Allah akan melaksanakan sumpahnya itu dengan sebab amat berbaktinya terhadap ibunya. Maka jikalau engkau kuasa meminta padanya agar ia memintakan pengampunan kepada Allah untukmu, maka lakukanlah itu!” Oleh sebab itu, mohonkanlah pengampunan kepada Allah untukku. Uwais lalu memohonkan pengampunan untuk Umar”. (Hadits Shahih Muslim : 2542)

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

3. Doa Seorang Pemimpin Yang Adil

Sebagai seorang pemimpin, peran serta tanggung jawab menjadi poin utama dalam hal kepemimpinan. Menjadi pemimpin yang adil tentunya bukanlah suatu perkara mudah untuk di jalani. Namun dibalik itu semua, menjadi pemimpin yang adil pun akan menjadi doa mustajab sebagaimana dalam HR Tirmidzi (3598) dan selainnya:

 “Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak: Pemimpin yang adil, orang yang berpuasa sampai dia berbuka, dan doa orang yang didzalimi, Allah angkat di atas awan pada hari kiamat.” (Hadis ini dinilai hasan oleh Imam Tirmidzi dan Hafidz Ibnu Hajar dalam Talkhis Al-Habir, 2/96).

4. Doa Seorang Umat Muslim Yang Berdoa Untuk Kebaikan

Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

Tidaklah seorang berdoa kepada Allah melainkan Allah akan mengabulkan apa-apa yang dimintanya atau mencegah darinya keburukan yang akan menimpanya yang setara dengan apa yang dimintanya, selama dia tidak meminta untuk suatu perbuatan dosa atau memutus silahturrahmi.” (HR. Tirmidzi).

5. Doa Seorang Musafir

Umroh.com merangkum, musafir adalah orang yang melakukan perjalanan dengan jarak tempuh yang cukup jauh. Dalam agama islam, seorang musafir memiliki keutamaan dari Allah SWT yaitu berupa doa mustajab sebagaimana dalam hadis.

“ Tiga doa yang dikabulkan, tidak diragukan pengabulannya; doanya orangtua (maksudnya untuk anaknya), doanya seorang musafir dan doanya yang terzhalimi.” (Dinilai hasan oleh Tirmidzi dan Al Albani di dalam kitab Silsilah Al Ahadits Ash Shahihah, no. 596).

Tak hanya menjadi tamu Allah, umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

6. Doa Orang – Orang Yang Di Dzalimi

Tak perlu merasa terpuruk jika Anda merupakan bagian dari orang – orang yang terdzolimi. Allah SWT akan senantiasa memberikan pertolongan serta doa yang mustajab bagi Anda yang senantiasa bersabar dan ikhlas jika di dzolimi banyak orang. Hal ini sebagaimana hadits Nabi SAW, yang telah diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi :

“Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak: Pemimpin yang adil, orang yang berpuasa sampai dia berbuka, dan doa orang yang didzalimi, Allah angkat di atas awan pada hari kiamat.” (Hadis ini dinilai hasan oleh Imam Tirmidzi dan Hafidz Ibnu Hajar).

7. Doa Orang Yang Sedang Terkena Musibah

Bersabarlah bagi Anda yang sedang tertimpa musibah, karena disetiap kesulitan tentu akan ada doa orang mustajab di kemudahan yang Allah berikan. Allah SWT pun juga akan mengabulkan doa bagi orang-orang yang lagi terkena musibah. Dan janganlah takut dan bersedih hati, percayalah bahwa Allah selalu berada di dekat kita semua dalam kondisi apapun.

“Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi?  Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati (Nya).” (QS An-Naml 62).

8. Doa Orang Yang Berpuasa, Utamanya Saat Berbuka

Orang-orang yang menjalankan ibadah puasa, baik itu puasa yang diwajibkan maupun puasa sunnah, Maka mereka juga termasuk golongan orang yang terkabul atau mustajab doanya. Hal ini sebagaimana hadits Nabi SAW, yang telah diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi:

“Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak: Pemimpin yang adil, orang yang berpuasa sampai dia berbuka, dan doa orang yang didzalimi, Allah angkat di atas awan pada hari kiamat.” (Hadis ini dinilai hasan oleh Imam Tirmidzi dan Hafidz Ibnu Hajar).

dalil tentang hutang

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

9. Doa Orang Muslim yang Mendoakan Saudaranya, Tanpa Se-Pengetahuannya

“Sesungguhnya do’anya seorang Muslim kepada saudaranya tanpa sepengetahuannya adalah dikabulkan, dan di sisi kepalanya ada Malaikat (yang ditugaskan kepadanya, setiap kali berdo’a kepada saudaranya dengan kebaikan), para Malaikat berkata, ‘’ Amin, dan bagimu yang semisalnya” (H.R Muslim)

Facebook Comments