1
Doa

Keajaiban Doa Saat Berkendara

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Aktivitas manusia tidak terlepas dari berpergian, baik dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan. Dalam perjalanan sudah sepantasnya kita memohon perlindungan. Doa adalah kekuatan terbesar saat kita melakukan aktivitas apapun, termasuk berkendara. Bersyukur dan mengingat nikmat Allah saat melakukannya perlu diungkapkan.

Allah berfirman dalam Al Quran Surat Az Zukhruf ayat 13-14

“Supaya kamu duduk di atas punggungnya kemudian kamu ingat nikmat Tuhanmu apabila kamu telah duduk di atasnya dan upaya kamu mengucapkan, ‘Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesugguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami’.” (QS. Az Zukhruf ayat 13-14)

Baca juga: Kumpulan Doa untuk Sehari-hari

Namun perlu diketahui, agar aktivitas-aktivitas juga bernilai ibadah dan pahala, ada amalan-amalan yang perlu untuk dipraktekkan dan diterapkan. Rasulullah senantiasa memberikan tuntunan kepada Umat beliau dalam setiap keadaannya , termasuk berdzikir setiap saat , saat berjalan itu menanjak – mendaki ataupun menurun.

Tuntunan Rasulullah dalam bepergian,

“Apabila Rasulullah SAW melakukan perjalanan jauh, beliau berlindung kepada Allah SWT dari kelelahan perjalanan, perubahan yang menyedihkan, kekurangan setelah kelebihan, do’a orang-orang yang teraniaya serta pemandangan yang buruk dalam keluarga dan hartanya.” [ HR. Muslim no. 1343 ]

doa saat berkendara
source: freepik.com

Bertakbir (mengucapkan اللهُ أَكْبَرُ (Allahu Akbar)) ketika sedang jalan naik atau mendaki dan bertasbih dengan mengucapakan سُبْحَانَ الله (Subhanallaah) ketika jalan sedang menurun.

webinar umroh.com

Sebagaimana hadits Jabir bin ‘Abdillah رضي الله عنه ia berkata:

كُناَّ إِذَا صَعِدْنَا كَبَّرْنَا وَ إِذَا نَزَلْنَا سَبَّحْنَا.

“Kami apabila berjalan menanjak mengucapkan takbir (Allahu Akbar) dan apabila jalan menurun membaca tasbih (Subhanallaah).” (HR. Al-Bukhari)

Dalam perjalanan dianjurkan bagi Anda untuk selalu mengigat Allah SWT dianjurkan banyak membaca surat Al Ikhlas. Amalan Supaya Selamat Dalam Perjalanan. Ada amalan menarik yang pernah dikutip oleh Imam Az-Zarkasyi untuk semua orang yang ingin selamat dalam perjalanan. Ia mengutip kisah yang pernah diamalkan oleh al-Kiya al-Harasi, seorang yang lahir di tahun yang sama persis dengan Imam al-Ghazali, pada tahun 450 H.

Baca juga: Al Quran Praktis dan Mudah Bisa Lihat di Sini

Pemilik nama lengkap Abul Hasan Ali bin Muhammad At Thabari ketika akan melakukan perjalanan, ia membaca semua huruf yang ada di permulaan surat Al-Qur’an (fawatihus suwar). Mulai alif lam mim, alif lam mim, alif lam mim shad, alif lam ra’, dan seterusnya yang berjumlah 29 potong ayat.

doa saat berkendara
source: freepik.com

Artinya: Imam al-Kiya al-Harasi rahimahullah ketika sedang bepergian membaca huruf-huruf  yang berada di permulaan surat-surat ini (awailus suwar). Beliau ditanya tentang amalan itu, lalu dijawab “Tidak ada tempat yang dibacakan itu atau tempat maupun barang yang dituliskan tulisan tersebut kecuali pembacanya dan hartanya akan dijaga, harta dan jiwanya aman dari kerusakan serta resiko tenggelam. (Badruddin Muhammad bin Abdullah Az Zarkasyi, Al-Burhan fi Ulumil Qur’an [Darut Turats, Kairo], vol 1, h. 434)

Jadi, menurut salah satu pakar fiqih madzhab Syafi’i ini, siapa saja yang mau membaca atau menulis di satu tempat, pembacanya akan selamat, harta jiwanya akan aman dari malapetaka dan tenggelam.

Diriwayatkan dari sahabat Ali Ra, bahwasannya ketika Rasulullah naik unta makan akan membaca doa. Berikut urutan doa sunnah Rasulullah yang patut kita amalkan, diantaranya:

Membaca Bismillah 

Beliau membaca “Bismillah” ketika Rasulullah meletakkan kakinya di atas tunggangannya dengan didahului kaki kanan. Maka kita pun juga harus melafazkan “Bismillah” pada saat naik kendaraan.

Diterangkan dalam sebuah hadist bahwasannya Nabi Muhammad bersabda,

“Di atas setiap ppunggung unta itu terdapat setan. Maka ketika menungganginya, hendaklaah kaliann menyebut nama Allah SWT.” (HR. Ahmad, Nasa’I, Ibnu Hibban, dan Hakim)

doa saat berkendara
source: freepik.com

Membaca Alhamdulillah

Beliau membaca “Alhamdulillah” ketika Rasulullah telah tegak di atas punggung untanya. Maka kita pun juga harus melafazkan “Alhamdulillah” pada saat berada di dalam  kendaraan. Lafadz “Alhamdulillah” ini sebagai bentuk rasa syukur kita. Sebagaimana diperintahkan Allah dalam firmanNya,

“…..kemudian kami ingat nikmat Tuhanmu apabila kamu telah duduk di atasnya.”

Baca juga: Banyak Paket Umroh Sesuai Kantong Anda, Cek Buruan Yuk!

Membaca doa naik kendaraan

Lafadz Doa Naik Kendaraan Darat

SUBHAANAL LADZII SAKHHORO LANAA HAADZAA WA MAA KUNNAA LAHUU MUQRINIINA WA INNAA ILAA ROBBINAA LAMUNGQOLIBUUNA.

Artinya:  Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.

Lafadz Doa Naik Kendaraan Laut

BISMILLAAHI MAJRAHAA WA MURSAAHAA INNA ROBBII LAGHOFUURUR ROHIIM

Artinya : Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh sesungguhnya Tuhanku Maha Pemaaf lagi Pengasih.

Lafadz Doa saat Berkendara di Udara

BISMILLAHI MAJREEHA WA MURSAAHAA

Artinya : Dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya

Membaca Alhamdulillah dan Takbir Sebanyak 3 kali

Dalam perjalanan kita dianjurkan membaca “Alhamdulillah” 3 kali dan membaca “Allahu Akbar sebanyak 3 kali. Agar kita diberikan ketenangan dan perlindungan dalam perjalanan.

doa saat berkendara
source: freepik.com

Membaca doa istighfar

Terakhir beliau membaca doa istighfar,

SUBHANAKA ALLAHUMA INNADZHOLAMTUM NAFSII FAAGHFIR LI, FA INNAHU LAA YAGHRIRU DZANUW BA ILLA ANTA.

Artinya : Maha Suci Engkau sungguh, aku telah menganiayanya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya todak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.” (HR. Abu Dawud)

Baca juga: 6 Doa yang Dipanjatkan saat Hujan

Itulah beberapa amalan atau doa-doa ketika berkendara agar selalu diberikan keselamatan dan dilindungi olehNya. Semoga perjalanan Anda selalu dalam Ridho dari Allah SWT.