play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Umroh & Haji

Wajib Dihafalkan! Begini Bunyi Doa Sa’i Tujuh Putaran

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Kegiatan sa’i dilakukan dengan cara berlari-lari kecil sebanyak tujuh kali antara Shafa menuju Marwah. Jamaah memulainya dari Bukit Shafa usai thawaf. Lalu bagaimana bunyi doa sa’i yang wajib dilafalkan? Berikut penjelasannya.

Bunyi Doa Sa’i

Saat mendekati Bukit Shafa, jamaah diperintahkan mengucap doa yang ada dalam surah Al Baqarah ayat 158,

إِنَّ الصَّفَا وَالْمَرْوَةَ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ ۖ فَمَنْ حَجَّ الْبَيْتَ أَوِ اعْتَمَرَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْهِ أَنْ يَطَّوَّفَ بِهِمَا ۚ وَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَإِنَّ اللَّهَ شَاكِرٌ عَلِيمٌ 

Artinya: Sesungguhnya Shafaa dan Marwa adalah sebahagian dari syi’ar Allah. Maka barangsiapa yang beribadah haji ke Baitullah atau ber’umrah, maka tidak ada dosa baginya mengerjakan sa’i antara keduanya. Dan barangsiapa yang mengerjakan suatu kebajikan dengan kerelaan hati, maka sesungguhnya Allah Maha Mensyukuri kebaikan lagi Maha Mengetahui. (QS. al-Baqarah: 158)

Baca juga: Inilah Pengertian Sa’i dalam Ibadah Umroh dan Haji

Setelah itu dilanjutkan dengan membaca:

أَبْدَأُ بِمَا بَدَأَ اللهُ بِهِ وَرَسُولِهِ

Artinya: Aku mulai dengan apa yang telah dimulai oleh Allah dan Rasul-Nya. (Sahih HR. Musim no.1218)

Ucapan ini hanya dibaca satu kali ketika hendak memulai sa’i, tidak dibaca lagi ketika menaiki Bukit Marwah maupun Shafa setelahnya.

Saat di Bukit Shafa sebalum memulai perjalanan, jamaah diperintahkan untuk naik ke atas bukit, lalu menghadap Ka’bah dari atas. Saat melihat Ka’bah, Rasulullah salallahu’alayhi wa sallam mencontohkan membaca:

اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ (3x)

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِى وَيُمِيتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ أَنْجَزَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ الأَحْزَابَ وَحْدَهُ

Artinya: “Allah Mahabesar, Allah Mahabesar, Allah Mahabesar. (3x). Tiada sesembahan yang berhak disembah kecuali hanya Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya lah segala kerajaan dan segala pujian untuk-Nya. Dia yang menghidupkan dan yang mematikan. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Tiada sesembahan yang berhak disembah kecuali hanya Allah semata. Dialah yang telah melaksanakan janji-Nya, menolong hamba-Nya dan mengalahkan tentara sekutu dengan sendirian.”

Umroh.com merangkum, setelah itu, jamaah juga disunnahnya mengucapkan doa, doa apa saja yang diinginkan, baik urusan akhirat maupun dunia. Doa boleh menggunakan bahasa Arab seperti doa-doa yang telah diajarkan Rasulullah sallallahu ‘alayhi wa sallam, ataupun bahasa Indonesia.

Tak hanya menjadi tamu Allah, Umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk pilih paketnya di Umroh.com!

Ketika posisi masih di atas bukit atau di kaki Bukit Shafa, jamaah diperintahkan membaca doa yang pertama, juga sambil tetap melihat Ka’bah. Setelah itu kembali berdoa dengan doa yang diinginkan jamaah. Lalu terakhir sebelum turun kembali berdoa khusus sa’i yang diajarkan Rasulullah sambil melihat Ka’bah.

Sehingga sebelum meninggalkan Bukit Shafa, jamaah mengucapkan doa sa’i tiga kali, sedangkan doa yang sesuai kehendak sendiri dua kali, dengan cara bergantian (selang-seling). 

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Doa ini juga diucapkan ketika sampai dibukit marwah, menghadap ke arah Ka’bah. Cara membacanya juga sebanyak tiga kali diselingi doa sesuai kebutuhan Anda, baik mengenai urusan akhirat maupun dunia. Apa yang jamaah kerjakan di Bukit Shafa, maka disunnahkan pula dikerjakan di Bukit Marwa.

Facebook Comments

I'm the type of person who easy to adjust, cause like to engage in conversation and observe people's characters.