1
Muslim Lifestyle

Sebelum Sholat, Pahami Yuk Bunyi Doa Setelah Adzan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Adzan merupakan panggilan kepada seluruh umat Islam yang mendengar sebagai seruan untuk melaksanakan sholat wajib. Dalam lima kali sehari, kita pasti mendengar suara adzan berkumandang dan hal ini sama dengan bagian dari syiar Islam.

Sebagai seorang muslim, adzan dan sholat merupakan syiar Islam yang harus selalu kita tegakkan. Dalam hadits riwayat Imam Ahmad, Rasulullah SAW bersabda,

مَا مِنْ ثَلاَثَةٍ فِي قَرْيَةٍ لاَ يُؤَذَّنُ وَلاَ تُقَامُ فِيهِمْ الصَّلاَةُ إِلاَّ اسْتَحْوَذَ عَلَيْهِمْ الشَّيْطَانُ

“Tidak ada tiga orang di satu desa, yang mana adzan tidak dikumandangkan dan salat tidak dilaksanakan, melainkan setan akan memangsa mereka.”

Ada hal-hal yang harus kita lakukan tatkala mendengar suara adzan berkumandang yakni memperhatikan dan menjawab kalimat adzan yang dikumandangkan oleh muadzin, lalu membaca sholawat dan mendoakan wasilah kepada Rasulullah SAW usai adzan dikumandangkan.

Hal ini sebagaimana hadits Imam Muslim dari Abdullah bin Umar, tatkala ia mendengar Rasulullah SAW bersabda,

إِذَا سَمِعْتُمْ الْمُؤَذِّنَ فَقُولُوا مِثْلَ مَا يَقُولُ ثُمَّ صَلُّوا عَلَيَّ فَإِنَّهُ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً صَلَّى الله عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا ثُمَّ سَلُوا الله لِي الْوَسِيلَةَ فَإِنَّهَا مَنْزِلَةٌ فِي الْجَنَّةِ لاَ تَنْبَغِي إِلاَّ لِعَبْدٍ مِنْ عِبَادِ الله وَأَرْجُو أَنْ أَكُونَ أَنَا هُوَ فَمَنْ سَأَلَ لِي الْوَسِيلَةَ حَلَّتْ لَهُ الشَّفَاعَة

“Jika kalian mendengar muadzin, maka jawablah seperti apa yang ia katakan, kemudian bershalawatlah untukku, karena barangsiapa yang bershalawat untukku, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Kemudian mintakanlah kepada Allah untukku alwasilah, karena ia adalah satu kedudukan di surga yang tidak pantas diperoleh kecuali untuk seorang hamba Allah; dan aku berharap, (bahwa) akulah hamba Allah itu. Barangsiapa yang memohonkan untukku alwasilah, maka akan mendapat syafaatku.”

webinar umroh.com

Baca juga: Belajar Adzan Yuk! Ini Tata Cara Adzan yang Benar

Doa Setelah Adzan

Adapun kalimat doa setelah azan sebagaimana yang Rasulullah SAW ajarkan terdapat dalam hadits riwayat Imam Bukhari dari Jabir, Rasulullah SAW bersabda,

مَنْ قَالَ حِينَ يَسْمَعُ النِّدَاءَ اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ حَلَّتْ لَهُ شَفَاعَتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Barangsiapa ketika (selesai) mendengar azan mengucapkan doa ini; “Allahumma rabba hadzihid da’watit tammah was shalatil qoimah ati muhammadanil wasilata wal fadhilah wab ‘asthu maqomam mahmudanil ladzi wa ‘attah,’ maka dia akan mendapat syafaatku di hari kiamat.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Dalam riwayat Imam Albaihaqi, diakhir doa tersebut ada tambahan kalimat; ‘Innaka la tukhliful mi’ad.”

Setelah adzan selesai, kemudian membaca shalawat dan doa berikut;

اللَّهُمَّ صَل وَسَلمْ عَلَى سَيدِنَا مُحَمدٍ وَعَلىَ اَلِ سَيدِنَا مُحَمدٍ اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ اِنَكَ لاَ تُخْلِفُ اْلمِيْعَاد

Allahumma shalli ala sayyidina muhammadin wa ala ali sayyidina muhammad. Allahumma rabba hadzihid da’watit tammah was shalatil qoimah ati muhammadanil wasilata wal fadhilah wab ‘asthu maqomam mahmudanil ladzi wa ‘attah innaka la tukhliful mi’ad.

Keutamaan Membaca Doa Setelah Adzan

Umroh.com merangkum, tak ada suatu perintah ibadah kecuali kita mendapatkan berbagai keutamaan. Adapun keutamaan membaca doa setelah adzan adalah sebagai berikut:

1. Diampuni Dosanya

Ketika adzan berkumandang, umat muslim sangat dianjurkan untuk berdoa setelah adzan. Dengan membaca doa setelah adzan maka muslimin yang membaca doa akan diampuni dosanya oleh Allah SWT. Sebagaimana dalam hadist sebagai berikut:

Barangsiapa membaca ketika mendengarkan sura orang adzan dengan bacaan ( artinya ) : “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan kecuali Allah Yang Maha Esa yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba-Nya. Aku rela ber-Tuhan kepada Allah, dan terhadap Nabi Muhammad sebagai utusan-Nya dan dengan Islam sebagai agamaku” maka akan diampunilah dosanya.(HR Muslim)

2. Mendapatkan Syafaat

Keutamaan lain dalam membaca doa setelah adzan adalah akan mendapatkan syafaat (yaitu pertolongan Nabi dengan izin Allah pada hari kiamat). Hal ini telah tertuang pada hadis seperti berikut:

Barangsiapa berdoa (membaca) setelah mendengarkan suara adzan (dengan do’a yang artinya) : Ya Allah, Tuhan yang memiliki seruan sempurna ini serta shalat yang akan didirikan. Limpahkanlah kepada Nabi Muhammad derajat yang tinggi dan keutamaan, dan bangkitkan-lah beliau pada tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan, berhak-lah baginya untuk mendapatkan syafaatku (yaitu pertolongan Nabi dengan izin Allah) pada hari kiamat. (HR Bukhari – Muslim)

Mau jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci? Yuk temukan paket umroh terbaiknya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

3. Doanya Mustajabah

Doa setelah adzan merupakan doa yang sangat dianjurkan, karena pada waktu adzan merupakan waktu mustajabah. Adapun waktu mustajabah tersebut bisa didapatkan ketika membaca doa setelah adzan. Adapun sesuai hadits berikut ini:

Rasulullah pernah bersabda : Ucapkanlah seperti ucapan muadzin, jika kamu telah selesai, berdoalah maka kamu akan diberi (HR Abu Daud 524 dan IbnHibban 1695 dan dihasankan Syuaib al-Arnauth)

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Itulah doa setelah adzan yang bisa kita praktikkan. Semoga setelah adzan nanti kita tak lupa membaca doa ini ya karena keutamaannya banyak sekali! Jangan lupa share, like dan komen!