1
Doa Muslim Lifestyle

Perlu Dihafal, Ini Bunyi Doa Sholat Sunnah Wudhu

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sholat sunat wudhu atau yang disebut juga dengan sholat syukrul wudhu adalah sholat yang dikerjakan setelah berwudhu.  Meskipun melaksanakan sholat sunnah wudhu ini hukumnya sunnah, ketika ada waktu untuk melaksanakan, kita dianjurkan melaksanakan agar mendapatkan pahala dan keistimewaan lainnya.

Sabda Nabi Muhammad SAW : “Barangsiapa yang berwudhu, lalu mengerjakan sholat dua rakaat tidak lalai (dengan khusyu) dalam keduanya, maka diampuni dosa-dosa yang sudah lewat”. (HR. Abu Dawud). Dan sabdanya lagi : “Tidak ada dari seorang yang berwudhu (kemudian) memperbaiki (menyempurnakan) wudhunya (lalu) dia mengerjakan sholat dua rakaat, dia hadapi sholatnya dengan hati dan wajahnya (khusyu), kecuali wajib baginya surge (masuk surga)”. (HR. Muslim).

Baca juga: Inilah Pengertian Lengkap soal Sholat Sunnah Wudhu

Kedua hadist tersebut memberikan pengertian pada kita, bahwa sholat wudhu sangat besar pahalanya dan sebaiknya kita kerjakan secara rutin setiap selesai berwudhu sebagaimana yang telah dikerjakan oleh Bilal.

Temukan ratusan paket umroh dari >30 travel umroh terpercaya izin Kemenag dan tersedia keberangkatan di >50 kota hanya di marketplace Umroh.com. Transaksi Aman, Ibadah Nyaman di Umroh.com.

doa sholat sunnah wudhu
source: shutterstock

Bacaan doa sholat sunnah wudhu


Bacaan:


Subhaanalloohi walhamdu lillaahi walaa ilaaha illalloohu walloohu akbar (3x)

Artinya: Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya, tidak ada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar.


Alloohummaghfirlii dzunuubii wakhothooyaaya kullahaa. Alloohumman’isynii wajburnii warzuqnii wahdinii lishoolihil a’maali wal akhlaaq, innahuu laa yahdii lishoolihihaa walaa yashrifu ‘an sayyi-ihaa illaa anta


Artinya:

Ya Allah ampunilah segala dosa dan kesalahanku, ya Allah, angkatlah derajatku, bantulah aku, karuniakanlah aku, tunjukilah aku kepada amal dan akhlaq yang baik. Karena tidak ada yang dapat menunjukkan kearahnya dan juga tidak ada yang bisa memalingkan dari yang buruk kecuali Engkau.

webinar umroh.com

Baca juga: Setelah Sholat Sunnah Wudhu, Yuk Cek Jadwal Sholat Selanjutnya di Sini


Alloohumma innii astaghfiruka lidzambii wa as-aluka rohmatak. Alloohumma zidnii ‘ilmaa, walaa tuzigh qolbii ba’da idzhadaitanii wahablii milladunka rohmatan innaka antal wahhaab

Artinya: Ya Allah, aku memohon ampun kepada-Mu atas segala dosaku, dan aku mohon kepada-Mu rahmat-Mu. Ya Allah, tambahkanlah ilmu kepadaku dan janganlah Engkau condongkan hatiku kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepadaku. Dan karuniailah aku rahmat dari sisi-Mu, karena sesungguhnya Engkaulah Maha Pemberi karunia.


Allohumma alhimnii rusydii wa a’idznii minsyarri nafsii (3x)

Artinya: Ya Allah, ilhamilah daku dengan kebijaksanaan dan hindarkanlah diriku dari nafsu-nafsu (keinginan-keinginan) yang jelek.

Temukan ratusan paket umroh dari >30 travel umroh terpercaya izin Kemenag dan tersedia keberangkatan di >50 kota hanya di marketplace Umroh.com. Transaksi Aman, Ibadah Nyaman di Umroh.com.


Robbanaa ‘alaika tawakkalnaa wa ilaika anabnaa wa ilaikal mashiir

Artinya: Ya Tuhan kami, hanya kepada Engkau kami bertawakkal, dan hanya kepada Engkau kami bertaubat, dan hanya kepada Engkau tempat kembali.

Setelah doa sholat sunnah wudhu, di akhiri dengan membaca surah Al Faatihah.

بِسۡمِ ٱللهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ (١)

ٱلۡحَمۡدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلۡعَـٰلَمِينَ (٢) ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ (٣) مَـٰلِكِ يَوۡمِ ٱلدِّينِ (٤) إِيَّاكَ نَعۡبُدُ وَإِيَّاكَ نَسۡتَعِينُ (٥) ٱهۡدِنَا ٱلصِّرَٲطَ ٱلۡمُسۡتَقِيمَ (٦) صِرَٲطَ ٱلَّذِينَ أَنۡعَمۡتَ عَلَيۡهِمۡ غَيۡرِ ٱلۡمَغۡضُوبِ عَلَيۡهِمۡ وَلَا ٱلضَّآلِّينَ (٧)

doa sholat sunnah wudhu
source: shutterstock

Surat pembukaan

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang (2) Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam (3) Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, (4) Yang menguasai hari pembalasan (5) Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan (6) Tunjukilah kami jalan yang lurus, [yaitu] jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan ni‘mat kepada mereka; bukan [jalan] mereka yang dimurkai [orang-orang yang mengetahui kebenaran dan meninggalkannya], dan bukan [pula jalan] mereka yang sesat [orang-orang yang meninggalkan kebenaran karena ketidaktahuan dan kejahilan]. (7)”

Baca juga: Macam-macam Sholat Sunnah dalam Islam

Temukan ratusan paket umroh dari >30 travel umroh terpercaya izin Kemenag dan tersedia keberangkatan di >50 kota hanya di marketplace Umroh.com. Transaksi Aman, Ibadah Nyaman di Umroh.com.