1
Doa

Penting, Ini 3 Keutamaan Sholat Sunnah Wudhu

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sholat Sunnah wudhu ialah sholat Sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan sholat Sunnah wudhu tersebut dilaksanakan dua rakaat setelah menyempurnakan wudhu. Sholat Sunnah wudhu juga bukan hanya dikerjakan oleh Rasulullah SAW tetapi sahabat Rasulullah SAW pun melakukan amalan sholat Sunnah wudhu tersebut yaitu sahabat Bilal bin Rabah, Syahdan.

Baca juga: Jumlah Rakaat Sholat Sunnah Wudhu

Umroh.com merangku, nabi Muhammad pernah bermimpi, ketika bermimpi beliau melihat sahabat Bilal mendahului Rasulullah SAW menuju ke surga, hingga Rasulullah SAW sangat penasaran apa yang telah sahabat Bilal amalkan selama hidupnya. Ternyata sahabat Bilal selalu mengamalkan sholat Sunnah wudhu yang dikerjakan setiap hari sehingga membuat sahabat Bilal memiliki kehormatan sedemikian dimata Allah SWT, sehingga membuat sahabat Rasulullah SAW dibuat iri oleh Bilal karena Bilal sangat menjaga sholat Sunnah wudhu. Hal tersebut tertuang dalam hadist:

يَا بِلَالُ حَدِّثْنِي بِأَرْجَى عَمَلٍ عَمِلْتَهُ فِي الْإِسْلَامِ فَإِنِّي سَمِعْتُ دَفَّ نَعْلَيْكَ بَيْنَ يَدَيَّ فِي الْجَنَّةِ قَالَ مَا عَمِلْتُ عَمَلًا أَرْجَى عِنْدِي أَنِّي لَمْ أَتَطَهَّرْ طُهُورًا فِي سَاعَةِ لَيْلٍ أَوْ نَهَارٍ إِلَّا صَلَّيْتُ بِذَلِكَ الطُّهُورِ مَا كُتِبَ لِي أَنْ أُصَلِّيَ

Artinya: “Wahai Bilal! Sampaikanlah kepadaku amal shalih yang kamu kerjakan dan paling diharapkan manfaatnya (di sisi Allȃh Azza wa Jalla ) dalam Islam, karena sesungguhnya tadi malam (dalam mimpi) aku mendengar suara sandalmu (langkah kakimu) di depanku di dalam Surga”. Maka Bilal Radhiyallahu anhu berkata, “Tidaklah aku mengamalkan satu amal shalih dalam Islam yang paling aku harapkan manfaatnya (di sisi Allȃh Azza wa Jalla ) lebih dari (amalan ini yaitu) tidaklah aku berwudhu dengan sempurna pada waktu malam atau siang, kecuali aku mengerjakan sholat dengan wudhu itu sesuai dengan apa yang ditetapkan Allâh bagiku untuk aku kerjakan.”

Baca juga: Selain Sholat Sunnah Wudhu, Yuk Intip Jadwal Sholat Lainnya di Sini

Keutamaan Sholat Sunnah Wudhu

1. Dijanjikan diberikan tempat terindah oleh Allah

Allah SWT telah menjanjikan surga bagi seseorang yang telah melaksanakan sholat Sunnah wudhu secara istiqomah serta menjaga wudhu nya setiap waktu. Adapun hadist yang menjanjikan surga bagi yang melaksanakan sholat sunnah wudhu sebagai berikut :

“Tidaklah seseorang berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, lalu sholat dua rakaat dengan sepenuh hati dan jiwa melainkan wajib baginya (mendapatkan) surga.” (HR. Muslim, no. 234).

webinar umroh.com

Dapat disimpulkan dari hadist diatas bahwa seseorang yang telah menyempurnakan wudhunya lalu bergegas untuk segera sholat sunnah wudhu karena ingin sholat berjamaah di masjid maka segeralah sholat sunnah wudhu dan sholat tersebut harus dilakukan dengan ikhlas tanpa adanya paksaan, sehingga Allah SWT ridha terhadap apa yang kita kerjakan, ketika Allah ridha terhadap apa yang kita perbuat maka surgalah imbalannya.

keutamaan sholat sunnah wudhu
source: shutterstock

2. Allah SWT akan memberikan ampunan kepada seseorang yang telah melaksanakan sholat sunnah wudhu

Dasarnya : Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim di atas; juga Hadts yang berbuyi:

Bahwa Humran mantan budak ‘Utsman mengabarkan kepadanya, bahwa ia telah melihat ‘Utsman bin ‘Affan minta untuk diambilkan bejana (berisi air). Lalu dia menuangkan pada telapak tangannya tiga kali lalu membasuh keduanya, lalu ia memasukkan tangan kanannya ke dalam bejana lalu berkumur-kumur dan memasukkan air ke dalam hidung, kemudian membasuh wajahnya tiga kali, kemudian membasuh kedua tangan hingga siku tiga kali, kemudian mengusap kepala, kemudian membasuh kedua kakinya tiga kali hingga kedua mata kaki. Setelah itu ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “ Barangsiapa berwudhu seperti wudhuku ini lalu mendirikan sholat dua rakaat, yang pada sholatnya dia tidak berbicara pada dirinya sendiri (yakni mendirikannya dengan khusyuk) niscaya Allah SWT akan memberikan ampunan kepadanya atas dosa-dosanya yang lalu. (Hadis riwayat Imam al-Bukhari).

Baca juga: Ini Bunyi Doa Sholat Sunnah Hajat

3. Allah SWT menetapkan surga bagi orang-orang yang ikhlas dalam menjalankan sholat sunnah wudhu ketika ia berpulang nanti

Dasarnya:  Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim di atas; (juga hadits lain)

Dari Uqbah bin Amir dia berkata, “Dahulu kami menggembala unta, lalu datanglah malam, maka aku mengistirahatkannya dengan memberikan makan malam. Lalu aku mendapati Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berdiri berbicara kepada manusia. Dan dari sebagian sabdanya yang aku dengar adalah: ‘Tidaklah seorang muslim berwudlu lalu menyempurnakan wudlunya, kemudian mendirikan sholat dua rakaat dengan menghadapkan hati dan wajahnya, kecuali surga wajib diberikan kepadanya.” Uqbah berkata, ‘Maka aku berkata, ‘Alangkah baiknya ini, ‘ tiba-tiba seorang pembicara di depanku berkata, ‘Yang sebelumnya adalah lebih bagus’. Saat aku lihat, ternyata dia adalah Umar.’ Uqbah lalu berkata, ‘Sesungguhnya aku telah melihatmu datang barusan.” Umar lalu menyebutkan, “Tidaklah salah seorang di antara kalian berwudlu, lalu menyampaikan wudlunya atau menyempurnakan wudlunya kemudian dia bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Allah, dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya melainkan pintu surga yang delapan akan dibukakan untuknya. Dia masuk dari pintu manapun yang dia kehendaki. (HR Muslim)