1
Muslim Lifestyle

Ini Doa Sujud Sahwi yang Wajib Diketahui Seorang Muslim

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Manusia yang memiliki akal, hawa nafsu dan keterbatasan pastilah pernah lupa akan suatu hal meski saat tengah melaksanakan ibadah seperti sholat. Rasanya bahkan tidak manusiawi ketika manusia tidak pernah lupa. Jadi, lupa adalah hal yang wajar asal tidak berlebihan. Berikut ini akan dijelaskan doa sujud sahwi yang bisa diingat ketika lupa atau ragu dengan gerakan sholat atau jumlah rakaat sholatnya.

Karena kekurangan manusia yang pelupa inilah, Allah SWT memudahkan kita dalam beribadah dengan mensyariatkan adanya sujud sahwi.

Baca juga: Catat! Ini Hadits Taubat dalam Islam dan Keutamaannya

Sujud Sahwi

Sebagaimana diketahui, sujud sahwi adalah sujud yang kerap dilakukan saat kita terlupa dalam melakukan gerakan atau bacaan sholat, baik yang Sunnah ataupun hal lainnya tanpa disengaja.

Menurut bahasanya, sahwi berarti lupa. Sementara menurut syara’ yakni melakukan dua kali sujud sebelum melakukan salam dengan syarat dan doa tertentu. Seperti halnya terlupa akan bilangan rakaat, maka hendaknya dilakukan sujud sahwi. Dengan melaksanakan sujud sahwi, kita bisa menyempurnakan rukun atau mengganti rukun yang terlewat atau terlupa.

Dalam hadits-nya, Rasulullah SAW bersabda,

إِذَا شَكَّ أَحَدُكُمْ فِى صَلاَتِهِ فَلَمْ يَدْرِ كَمْ صَلَّى ثَلاَثًا أَمْ أَرْبَعًا فَلْيَطْرَحِ الشَّكَّ وَلْيَبْنِ عَلَى مَا اسْتَيْقَنَ ثُمَّ يَسْجُدُ سَجْدَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ فَإِنْ كَانَ صَلَّى خَمْسًا شَفَعْنَ لَهُ صَلاَتَهُ وَإِنْ كَانَ صَلَّى إِتْمَامًا لأَرْبَعٍ كَانَتَا تَرْغِيمًا لِلشَّيْطَانِ

Artinya:

webinar umroh.com

“Apabila kalian ragu dalam shalatnya, dan tidak mengetahui pasti berapa rakaat dia shalat, tiga ataukah empat rakaat maka buanglah keraguan itu, dan ambilah yang yakin.”

“Kemudian lakukanlah sujud dua kali sebelum salam. Jika ternyata dia shalat lima rakaat, maka sujudnya telah menggenapkan shalatnya.

“Lalu jika ternyata shalatnya memang empat rakaat, maka sujudnya itu adalah sebagai penghinaan bagi setan.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Doa Sujud Sahwi

Umroh.com merangkum, sujud sahwi merupakan gerakan yang dianjurkan bagi siapapun yang lupa dalam mengerjakan rukun sholat dan Sunnah sholat. Syekh Abu Syuja’ menjelaskan dalam Matan Taqrib bahwa ada hal yang perlu diketahui mengenai sujud sahwi, yakni:

Yang pertama adalah sujud sahwi dianjurkan bagi mereka yang lupa dalam mengerjakan rukun sholat dan Sunnah ab’ad seperti tasyahud awal. Apabila mereka lupa mengerjakan rukun sholat, maka harus dikerjakan rukun tersebut ketika ingat dan sujud sahwi sebelum salam. Sementara apabila lupa mengerjakan Sunnah ab’ad, tak perlu mengerjakan Sunnah yang lupa melainkan cukup dengan melakukan sujud sahwi.

Selanjutnya yang kedua, sujud sahwi tidak dianjurkan apabila mereka lupa meninggalkan Sunnah haiat seperti lupa membaca surat setelah Al Fatihah. Sementara yang ketiga, sujud sahwi dilakukan sebelum salam tasyahud akhir. Dan terakhir, sujud sahwi dilakukan dengan dua kali sujud seperti sujud pada biasanya.

Bunyi Doa Sujud Sahwi:

سُبْحَانَ مَنْ لَا يَنَامُ وَلَا يَسْهُو

“Subhana man laa yanaamu wa laa yas-huw”

Artinya: “Maha Suci Allah yang tidak pernah tidur dan tidak pernah lupa.”

Jadilah tamu Allah dengan temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Cara Melaksanakan Sujud Sahwi

Adapun cara dalam melakukan sujud sahwi adalah sama seperti sujud dalam melakukan sholat pada biasanya. Sujud sahwi dilakukan dua kali, duduk diantara dua sujud dan disunnahkan untuk membaca takbir setiap turun sujud atau saat bangkit dari sujud.

Kemudian langsung salam tanpa tasyahud. Sejatinya, sujud sahwi dapat dilakukan sebelum salam atau sesudah salam. Sesuai dengan kasus kelupaan yang ia lakukan. Karena itulah ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam mengerjakan sujud sahwi, yakni:

1. Sujud Sahwi Sebelum Salam

Sujud sahwi sebelum salam dilakukan apabila kita lupa mengerjakan tasyahud awal ataupun kewajiban lainnya dan apabila kita ragu dengan jumlah rakaat sholat.

2. Sujud Sahwi Setelah Salam

Sujud sahwi setelah salam dilakukan apabila kita menambah jumlah rakaat sholat, menambah gerakan sholat atau ragu akan gerakan sholat.

Menurut kisah yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Buhainah RA, “Suatu ketika Rasulullah SAW mengimami shalat kami. Setelah dua rakaat, beliau langsung berdiri tanpa duduk (tasyahud awal), dan jamaah yang banyak turut pula berdiri mengikuti beliau.”

“Tatkala shalat telah selesai, dan kami sedang menunggu-nunggu beliau mengucapkan salam, ternyata beliau takbir, lalu sujud dua kali ketika duduk sebelum salam. Setelah itu, barulah beliau mengucap salam.” (HR.Muslim).

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Seperti itulah Rasulullah SAW memerintahkan kita untuk melakukan sujud sahwi sebagaimana beliau tak pernah lupa mengerjakannya.

Sekian penjelasan mengenai doa sujud sahwi. Semoga bermanfaat untuk kita yang kerap lupa dalam gerakan sholat! Jangan lupa share, like dan komen ya!