1
Muslim Lifestyle

Ngerinya Dosa Riba Bikin Merinding, Lihat di Sini!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Allah SWT sudah mengharamkan riba. Namun hingga kini, praktek riba masih terjadi hingga membuat yang kaya semakin kaya, yang miskin semakin tercekik riba. Mungkin masih banyak yang belum sadar betapa ngerinya dosa riba dalam islam apabila Allah SWT telah menurunkan adzab-Nya. Maka dari itu, mari kita pahami berbagai dosa riba dalam islam yang saat ini tengah terjadi di masyarakat.

Dosa Riba dalam Islam

Riba sudah jelas diharamkan dan menjadi dosa besar bagi para pelakunya. Imam Nawawi Rahimahullah berkata, “Kaum muslimin telah sepakat akan haramnya riba. Riba merupakan termasuk dosa-dosa besar. Riba diharamkan dalam semua syari’at, termasuk yang menyatakannya adalah al-Mawardi”

Tak hanya itu, berikut ini dosa-dosa riba yang wajib kita ketahui:

1. Dosa riba lebih buruk 36x dari dosa berzina

Umroh.com merangkum, salah satu bentuk kengerian riba adalah karena dosa riba = 36x dosa berzina. Naudzubillahimindzalik. Dalam suatu hadits, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Satu dirham yang dimakan oleh seseorang dari transaksi riba sedangkan dia mengetahui, lebih besar dosanya daripada melakukan perbuatan zina sebanyak 36 kali.” (HR. Ahmad dan Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman)

Baca juga: Ini 7 Tips Bahagia Dunia dan Akhirat, Apa Saja?

Hadits ini pun sudah dishahihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Misykatul Mashobih.

2. Seperti menzinahi Ibu Kandung Sendiri

Bentuk lain dari dosa riba dalam islam adalah sama seperti berzina dengan ibu kandung sendiri. Dari Abu Hurairah radiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda,

webinar umroh.com

“Riba itu ada tujuh puluh dosa. Yang paling ringan adalah seperti seseorang menzinai ibu kandungnya sendiri.” (H.R. Ibnu Majah, no. 2274)

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Menurut Al-Hafizh Abu Thahir hadits ini adalah hasan. Sementara, menurut riwayat Hakim dari Ibnu Mas’ud, ada redaksi yang lebih panjang yakni,

“Riba ada 73 pintu, yang paling ringan seperti berzina dengan ibunya. Dan riba yang paling berat adalah kehormatan seorang muslim.” (HR. Hakim 2259, dishahihkan ad-Dzahabi)

3. Mengikuti Yahudi

Hal ini telah dijabarkan dalam QS An Nisa:160-161 yang berbunyi:

“Maka disebabkan kezaliman orang-orang Yahudi, Kami haramkan atas (memakan makanan) yang baik-baik (yang dahulunya) Dihalalkan bagi mereka, dan karena mereka banyak menghalangi (manusia) dari jalan Allah. Dan disebabkan mereka memakan riba, Padahal Sesungguhnya mereka telah dilarang daripadanya, dan karena mereka memakan harta benda orang dengan jalan yang batil. Kami telah menyediakan untuk orang-orang yang kafir di antara mereka itu siksa yang pedih.” (QS. An-Nisaa: 160-161)

Jadilah tamu Allah dengan temukan paket Umroh di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

4. Tidak Mendapatkan Pahala saat Menginfakkan Harta

Seorang muslim yang melakukan riba tidak akan mendapatkan pahala saat menginfakkan hartanya dijalan Allah. Hal itu dijelaskan dalam QS Ar Ruum:39 yang berisi,

“Dan sesuatu riba (tambahan) yang kamu berikan agar Dia bertambah pada harta manusia, Maka riba itu tidak menambah pada sisi Allah. dan apa yang kamu berikan berupa zakat yang kamu maksudkan untuk mencapai keridhaan Allah, Maka (yang berbuat demikian) Itulah orang-orang yang melipat gandakan (pahalanya).” (QS. Ar-Ruum: 39)

5. Salah satu dari tujuh dosa yang membinasakan

Rasulullah SAW bersabda, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, “Jauhilah tujuh (dosa) yang membinasakan!” mendengar hal tersebut sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah! Apakah itu?” Rasulullah SAW menjawab,

“Syirik kepada Allah, sihir, membunuh jiwa yang Allah haramkan kecuali dengan haq, memakan riba, memakan harta anak yatim, berpaling dari perang yang berkecamuk, menuduh zina terhadap wanita-wanita merdeka yang menjaga kehormatan, yang beriman, dan yang bersih dari zina”. (HR. Al-Bukhari, no. 3456; Muslim, no. 2669)

6. Riba merupakan dosa yang tidak terampuni oleh Allah SWT

Dalam suatu riwayat hadits yang diriwayatkan oleh ‘Auf bin Malik, Rasulullah SAW bersabda,

“Jauhilah dosa-dosa yang tidak terampuni: ghulul (mengambil harta rampasan perang sebelum dibagi; khianat; korupsi). Barangsiapa melakukan ghulul terhadap sesuatu barang, dia akan membawanya pada hari kiamat. Dan pemakan riba. Barangsiapa memakan riba akan dibangkitkan pada hari kiamat dalam keadaan gila, berjalan sempoyongan.”

Lalu, Rasulullah SAW membacakan suatu ayat yang artinya,

“Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila”. (QS Al Baqarah:275)

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

(HR. Thabrani di dalam Mu’jamul Kabir, no. 14537)

Subhanallah, ngeri banget ya dosa riba dalam islam! Jangan lupa share artikel ini ya agar manfaatnya dapat dirasakan orang lain!