play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle Tips

Inilah 7 Tips Bahagia Dunia dan Akhirat, Apa Saja?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Setiap manusia yang hidup di dunia pasti ingin mengejar dan mendapatkan kebahagian, karena bahagia itu suatu pilihan dan arti kebahagian bagi setiap manusia pun berbeda-beda. Namun pada dasarnya kebahagian bukan hanya apa yang sudah kita peroleh atau kita capai di dunia, tetapi bagaimana kita bisa menikmati dan mensyukuri kehidupan yang telah Allah SWT berikan kepada kita.

Baca juga: Ingin Banjir Rezeki? Lakukan 4 Amalan Pagi Ini

Berikut beberapa tips bahagia dunia dan di akhirat yang telah umroh.com rangkum:

1. Memperbanyak syukur saat mendapat nikmat

Apapun yang kita telah peroleh selama hidup di dunia harus selalu kita syukuri karena semakin kita bersyukur atas nikmat yang Allah SWT berikan maka kita akan dapat merasakan dan menikmati kebahagian itu. Namun sebaliknya jika kita tidak bersyukur atas apa yang telah kita peroleh maka kebahagian itu pun tidak dapat kita nikmati dan akan terasa tidak optimal.

Baca juga: Cara Lain Bersyukur atas Nikmat yang Didapat dengan Lakukan Hal Ini

2. Memperbanyak berbagi

Dengan saling berbagi antar sesama manusia dapat mendatangkan kebahagian bagi kita maupun yang menerimanya.  Berbagi bukan hanya dalam bentuk uang namun bisa dengan makanan, pakaian ataupun yang lainnya, karena berbagi tidak akan mengurangi harta yang kita miliki justru dapat menambah pahala kita di akhirat nanti dan juga memberikan kebahagian bagi yang menerimanya. Karena percayalah kebahagian di dunia bukan hanya soal harta melainkan bagaimana kita bisa bermanfaat dan saling berbagi dengan apa yang kita miliki.

tips bahagia dunia dan akhirat
source: shutterstock

3. Cinta kepada Allah

Salah satu kunci agar mendapatkan kebahagian  dunia dan akhirat yaitu dengan cinta kepada Allah SWT sang pecipta alam semesta. Dengan rasa cinta ini dapat membawa seseorang lebih tenang  dan selalu melapangkan dada dalam menjalani kehidupan, dengan rasa cinta yang mereka miliki terhadap Allah SWT maka mereka pun akan mendapatkan ketengan jiwa yang mendatangkan kebahagian dunia dan akhirat.

4. Menjalankan ibadah

Ibadah bukan hanya dalam bentuk shalat 5 waktu, tetapi bagaimana kita bisa bermanfaat bagi orang lain juga merupakan salah satu ibadah, bahkan senyum pun dapat dikatakan sebagai ibadah pula. Karena jika kita ikhlas dan niat dalam melakukan sesuatu hanya karena ibadah bukan karena materi insyaallah kita akan mendapat kebahagian di akhirat dan juga pastinya di dunia.

tips bahagia dunia dan akhirat
source: shutterstock

5. Selalu berfikir positif

Berfikir positif dapat mendatangkan kebahagian bagi kita yang menjalankannya dan dapat diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Karena dengan berfikir postif dapat menjauhkan kita dari beban pikiran buruk, karena percayalah setiap kejadian yang kita dapatkan pasti ada hikmahnya. Dan perlu di ingat juga orang yang selalu berfikir positif dapat mendatangkan kebahagian dari pada mereka yang memikirkan keburukan dalam hidup.

Baca juga: 10 Manfaat Membaca Asmaul Husna

6. Jangan membandingkan kita dengan orang lain

Setiap orang memiliki kelebihan dan kesuksesan masing-masing, sebagai umat muslim jangan pernah kita merasa iri dengan kesuksesan yang di dapat orang lain, karena setiap orang memiliki kesuksesan dengan cara yang berbeda-beda. Jika kita memikirkannya akan menjadi beban tersendiri dan menjadikan kita selalu berfikiran negatif. Karena yakinlah bahwa sukses secara finansial bukan berarti bahagia seperti kehidupan yang anda jalani sekarang.

tips bahagia dunia dan akhirat
source: shutterstock

7. Perbanyak bekal di akhirat

Tidak ada yang abadi di dunia ini, semua pasti akan kembali kepada sang penciptanya. Untuk itu selagi kita hidup di dunia perbanyaklah bekal untuk di akhirat nanti, dengan begitu anda sudah memiliki modal untuk mendapatkan kebahagian di akhirat kelak. Anda bisa memulainya dari menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangannya misalnya seperti menjalankan shoat 5 waktu, rajin bersedekah, membaca Al-Quran, berpuasa di bulan ramadhan, dan menyantuni anak yatim. Karena bahagia itu bukan dari harta yang melimpah, tetapi bahagia bisa muncul dari hati yang bersih dan jiwa yang tenang.

Itu dia beberapa tips bahagia dunia akhirat yang penulis telah rangkum untuk anda, semoga dapat bermanfaat dan pastinya dapat kita terapkan dalam kehidupan kita masing-masing.

Facebook Comments