1
Serba-serbi Ramadhan

Penting! Ini Fungsi Nuzulul Quran dan Hikmah di Dalamnya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Satu di antara keutamaan bulan Ramadhan adalah bulan di mana Al – Quran diturunkan. Hal ini kemudian dikenal dengan istilah Nuzulul Quran, hal ini juga didukung dengan firman Allah SWT. Nuzulul Quran sepenuhnya berarti Al – Quran (kitab suci agama islam). Fungsi Nuzulul Quran adalah istilah yang membahas tentang peristiwa yang membahas tentang peristiwa penting penurunan wahyu Allah pertama kali bagi Nabi dan Rasul terakhir adalah Nabi Muhammad SAW.

Setiap tahunnya, peristiwa nuzulul Quran ini banyak diperingati dengan berbagai acara misalnya saja kasidah, pentas seni, maupun acara syukuran. Namun berbeda dengan zaman Rasulullah SAW, beliau memiliki kebiasaan saat peristiwa nuzulul Quran dengan membaca Al – Quran.

Baca juga : Penting! Ini Sholat Fardhu Qasar yang bisa Anda Lakukan

Fungsi Nuzulul Quran

Berikut merupakan fungsi dari nuzulul Quran pada kehidupan umat muslim :

1.      Bisa mendapatkan pahala

Fungsi yang pertama dari nuzulul quran adalah kita umat muslim akan mendapatkan pahala serta mendapatkan kebaikan, selama kita selalu membaca Al – Quran serta mengamalkannya.

2.      Meningkatkan derajat

Ketika seorang muslim membaca Al – Quran maka akan meningkatkan derajat dihadapan Allah SWT serta mendapatkan kemuliaan disisi manusia, terutama kemuliaan dihadapan Allah SWT.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

3.      Memperoleh rahmat Allah

Dengan adanya nuzulul Quran atau turunnya quran, maka sudah seharusnya umat muslim untuk membaca Al – Quran agar selalu dirahmati Allah SWT dan mendapatkan perlindungan dari malaikat.

4.      Memberikan safaat ketika hari kiamat

Nuzulul Quran juga berfungsi sebagai pedoman umat muslim, agar selalu membaca dan mengamalkannya, dan kelak ketika dihari kiamat maka nuzulul quran tersebut akan memberikan safaat pada siapa saja yang mengamalkannya.

webinar umroh.com

5.      Membuat seseorang berperilaku mulia

Nuzulul Quran juga dapat mengubah perilaku manusia yang tadinya kurang baik atau tidak bagus, maka dengan adanya nuzulul quran makan akan membuat seseorang tersebut menjadi seseorang yang berperilaku mulia dan baik.

6.      Selamat dunia akhirat

Fungsi Nuzulul Quran selanjutnya dengan mengerjakan dan mengamalkan nuzulul Quran, maka umat muslimakan terselamatkan dari dunia dan akhirat.

7.      Penyejuk pikiran

Umroh.com merangkum, Nuzulul Quran juga dapat membuat seseorang menjadi lebih tenang pikirannya, dan tidak selalu memikirkan dunia yang hanya sementara ini, orang yang mengamalkan dan mengerjakan nuzulul quran maka tidak akan pernah menyia-nyiakankanya.

8.      Memberi kenikmatan bagi kedua orang tuanya

Anak sholeh atau sholehah maka dia akan takut jika nanti orang tuanya akan masuk neraka, maka anak-anak yang patuh kepada orang tuanya, akan mengamalkan nuzulul quran, agar kedua orang tuanya masuk surgaNya Allah.

Bila banyak alasan dan pembenaran menunda ke Baitullah, maka ketaatan takkan maksimal. Dan kehadiran Umroh.com akan menyempurnakan ibadah Anda!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Hikmah Nuzulul Quran

Nuzulul Quran sendiri memiliki beberapa hikmah disamping fungsi nuzulul quran, berikut dibawah ini :

1.      Meneguhkan hati Rasulullah dan para sahabat

Pada saat dakwah Rasulullah di era Mekkah penuh dengan celaan, cemoohan, siksaan dan bahkan ada yang mendukung bagi Rasulullah pada saat itu. Wahyu yang meningkat pada waktu itu menguatkan hati Rasulullah dalam menapaki jalan dakwah yang sulit dan terjal itu. Saat kekejeman para pemimpin Quraisy semakin menjadi-jadi, Al – Quran menyuruh mereka bersabar dengan menceritakan kisah para nabi-nabi sebelumnya dan pada saat memperoleh kemenangan dakwah.

2.      Tantangan dan dakwah

Orang-orang musyrik yang berada di dalam kesesatan pun tidak henti-hentinya. Pertanyaan umum yang aneh dengan maksud untuk melampirkan iman kaum muslimin. Pada saat berbicara, kaum muslimin ditolong oleh Allah dengan jawaban yang langsung dari-Nya melalui wahyu yang turun. Selain itu, Al – Quran juga menantang orang-orang kafir untuk membuat sesuatu yang mirip dengan Al – Quran. Ternyata mereka pun tidak mampu dan pasti tidak mampu menjawab tantangannya.

3.      Dimudahkan menghafal dan memahaminya

Dengan turunnya Al – Quran secara berangsur-angsur, maka para muslim pada saat itu menjadi lebih mudah menghafal dan memahaminya. Terlebih lagi, pada saat ayat ini sama dengan kejadian atau acara yang sama dengan isi ayat tersebut. Hal ini yang membuat pemahaman kaum muslim semakin kuat.

4.      Relevan dengan penetapan hukum serta pengaplikasiannya.

Sayyid Quthb menyebutkan bahwa para sahabat dengan ‘Jailul Quranil Farid’ (Generasi qurani yang unik) di antara yang membedakan mereka dari generasi lain adalah sikap mereka terhadap Al – Quran di mana jika ada ayat Al – Quran dan mempersiapkan sesuatu, maka mereka akan mengerjakannya.

fungsi nuzulul quran

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

5.      Menguatkan arti Al – Quran benar-benar dari Allah SWT

Pada saat Al – Quran turun hingga berangsur-angsur dalam kurun waktu lebih dari 22 tahun, kemudian menjadi rangkaian yang sangat cermat dan penuh makna, indah dan fasih gaya bahasanya. Di sana terjalin hubungan antara satu ayat dengan ayat lainnya bagaikan untaian mutiara, dan juga ketiadaan penentangan diimplementasikan. Hal ini tentu menguatkan Al – Quran bahwa Al – Quran benar-benar kalam ilahi,