play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Doa

Penting! Ini Sholat Fardhu Qasar yang bisa Anda Lakukan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Salah satu rukun Islam adalah sholat. Setiap umat muslim di muka bumi ini diwajibkan untuk sholat lima waktu dan diperintahkan untuk sholat dalam sehari sebanyak lima kali, atau bisa juga melakukan sholat fardhu Qasar. Sholat juga merupakan tiang agama, sebagai muslim tentunya tidak diperbolehkan untuk meninggalkan sholat, apabila meninggalkan sholat dengan sengaja, maka kamu telah berbuat dosa. Sholat juga merupakan amalan yang pertama kali dihisap pada saat nanti diakhirat, oleh karena itu janganlah sampai kita meninggalkan sholat dimasa hidup, karena kelak diakhirat perbuatan di bumi ini akan ditanggung jawabkan oleh kita sendiri.

Baca juga : Hikmah Sholat Berjamaah yang Wajib Diketahui

Hadis Sholat

Allah SWT berfirman “Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) sholat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.” (QS. Al Baqaroh : 45)

“(yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, yang mendirikan sholat dan menafkahkan sebahagian rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka.” (QS. Al Baqaroh : 3)

“Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk.” (QS. Al Baqaroh : 43)

“Bacalah kitab (Al-Quran) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakan sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (sholat) itu lebih besar (keutamannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. Al-Ankabuut : 45)

Pengertian Sholat Fardhu (Sholat Wajib)

doa dan dzikir sholat tahajud
source: shutterstock

Sholat fardhu adalah sholat yang biasanya kita sering sebut dengan sholat wajib. Dimana sholat wajib tersebut harus dilaksanakan bagi setiap umat muslim, apabila dikerjakan maka akan mendapatkan pahala dan jika ditinggalkan maka akan mendapatkan dosa. Sholat fardhu ini adalah sholat  dzuhur, ashar, maghrib, isya dan subuh.

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Sholat Fardhu yang Bisa di Qasar

Umroh.com merangkum, sholat qasar adalah sholat fardhu yang dimana sholat yang melakukan empat rakaat namun menjadi dua rakaat, seperti sholat dzuhur, ashar dan isya. Sholat fardhu (wajib) tersebut empat rakaat namun ketika diqasar hanya menjadi dua rakaat. Sementara untuk sholat maghrib dan shubuh tidak bisa untuk diqasar karena tidak memiliki jumlah empat rakaat.

Hukum sholat qasar adalah sunnah sebagaimana dijelaskan dalam QS. Annisa ayat 101 yang berbunyi “Dan apabila kamu berpergian di muka bumi, maka tidaklah mengapa kamu mengqasar sholat(mu) jika kamu takut diserang oleh orang-orang kafir. Sesungguhnya orang-orang kafir itu adalah musuh yang nyata bagimu.” (QS. An-Nisa : 101)

Syarat Sholat Qasar

Berikut merupakan syarat yang dapat dilaksanakan ketika hendak melakukan sholat qasar :

  • Perjalanan yang dilakukan bertujuan bukan untuk berbuat maksiat
  • Jarak perjalanan yang ditempuhnya jauh, sekurang-kurangnya 80,540 km lebih (perjalanan sehari semalam yang ditempuh)
  • Sholat fardhu qasar adalah sholat ada’an (tunai) bukan sholat yang diqada
  • Berniat sholat qasar ketika takbiratul ihram. Cara melaksanakan sholat qasar adalah sholat dikerjakan yang semula empat rakaat hanya menjadi dua rakaat. Pelaksanaannya seperti sholat dua rakaat pada umumnya.

Jadilah tamu Allah dengan temukan paketnya di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Tata Cara Pelaksanaan Sholat Jama’ Taqdim Qasar

tata cara sholat jenazah (source shutterstock)

Berikut merupakan tata cara pelaksanaan jama’ taqdim (maghrib dengan isya) adalah :

  • Memenuhi persyaratan untuk melaksnaakan sholat
  • Melaksanakan sholat yang didahului dengan iqamah
  • Melaksanakan sholat maghrib tiga rakaat yang diawali dengan niat untuk sholat jama’ taqdim dan diqasar contoh niat : “saya berniat menjalankan sholat fardhu maghrib dengan jama’ taqdim menghadap kiblat karena Allah ta’ala”
  • Melaksanakan sholat maghrib tiga rakaat sampai selesai
  • Melaksanakan sholat isya dua rakaat, yang didahului dengan iqamah dengan niat sholat jama’ taqdim dan diqasar contoh lafal niatnya “Saya berniat menjalankan sholat fardhu isya dua rakaat diqasar dan dijama’ dengan maghrib dengan jama’ taqdim menghadap kiblat karena Allah ta’ala
  • Melaksanakan sholat isya dua rakaat sampai selesai.

Tata Cara Pelaksanaan Sholat Jama’ Ta’khir Qasar

Untuk pelaksanaan sholat jama’ ta’khir diqasar untuk tata caranya hampir sama dengan jama’ taqdim dan diqasar hanya niatnya saja yang berbeda yaitu :

1. Contoh Lafal yang Niatnya untuk Salat Ashar Jama’ Takhir Qasar

“saya berniat menjalankan sholat fardhu asar dua rakaat diqasar dan dijama’ dengan zuhur dengan jama’ takhir menghadap kiblat karena Allah ta’ala.”

2. Berikut Contoh Niat Sholat Dzuhur untuk Dijama’ Takhir

“Saya berniat menjalankan sholat fardhu dzuhur dua rakaat dijama’ dengan ashar yang diringkas dengan jama’ takhir menghadap kiblat karena Allah ta’ala.”

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

3. Berikut Contoh Niat Sholat Isya Jama’ takhir Qasar

“Saya berniat menjalankan sholat fardhu isya dua rakaat diqasar dan dijama dengan maghrib dengan jama’ takhir menghadap kiblat karena Allah ta’ala.”

4. Berikut Contoh Niat Sholat Maghrib untuk Jama’ Takhir Qasar

“Saya berniat menjalankan sholat fardhu maghrib tiga rakaat dijama’ dengan isya yang diringkas dengan jama’ takhir menghadap kiblat karena Allah ta’ala.”

Facebook Comments