play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

Inilah Hadist Sholat Berjamaah, Rugi Jika Ditinggalkan!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Sholat merupakan salah satu rukun Islam. Memenuhi panggilan adzan dan mendirikan sholat wajib lima waktu adalah ibadah yang sangat penting bagi umat muslim. Apalagi jika sholat berjamaah. Begini hadist yang menerangkan soal sholat berjamaah.

Hadist Sholat Berjamaah

1. Orang yang Hatinya Terpaut pada Masjid Akan Mendapat Naungan Allah

Jika ingin mendapat naungan di hari kiamat, biasakanlah diri untuk meramaikan masjid dan sholat berjamaah.

Dalam hadist riwayat Bukhari & Muslim, Rasulullah bersabda, “Tujuh golongan yang dinaungi Allah dalam naunganNya pada hari dimana tidak ada naungan kecuali naunganNya adalah:

  • Imam yang adil, 
  • Seorang pemuda yang tumbuh dewasa dalam beribadah kepada Allah, 
  • Seorang yang hatinya bergantung ke masjid, 
  • Dua orang yang saling mencintai di jalan Allah. Keduanya berkumpul karenaNya dan berpisah karenaNya, 
  • Seorang laki-laki yang diajak berzina oleh seorang wanita yang mempunyai kedudukan lagi cantik. Lalu ia berkata, ‘Sesungguhnya aku takut kepada Allah.’
  • Seseorang yang bershadaqah dengan satu shadaqah lalu ia menyembunyikannya. Sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang diinfaqkan tangan kanannya, serta 
  • Seseorang yang berdzikir kepada Allah dalam keadaan sepi. Lalu ia meneteskan air matanya”.

Baca juga: Inilah Hukum Sholat Berjamaah bagi Wanita

2. Langkah Menuju Masjid Akan Dicatat

Dahulu, Bani Salamah ingin pindah ke dekat masjid karena melihat wilayah di sekitar masjid masih kosong. Rasulullah yang mendengar keinginan itu kemudian bersabda, “Wahai Bani Salimah, tetaplah di rumah-rumah kalian, niscaya langkah-langkah kalian akan dicatat.” (HR.Muslim).

Sementara orang yang rumahnya dekat masjid juga akan diberi pahala serupa. Pernah ada seorang lelaki Anshar berkata pada Rasulullah, “Aku tidak ingin rumahku berada di dekat masjid. Aku ingin agar ditetapkan pahala bagiku dari langkahku ke masjid, dan dari langkahku saat kembali ke keluargaku”. Rasulullah menjawab, “Allah telah mengumpulkan semuanya untukmu” (HR.Muslim).

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

3. Pahala sholat Berjamaah 25 – 27 Kali Lipat

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “sholat seorang laki-laki dengan berjama’ah akan dilipat-gandakan 25 (dua puluh lima) kali lipat daripada sholat yang dilakukan di rumah dan di pasarnya.

Yang demikian itu, apabila seseorang berwudhu’, lalu ia menyempurnakan wudhu’nya, kemudian keluar menuju ke masjid, tidak ada yang mendorongnya untuk keluar menuju masjid kecuali untuk melakukan sholat.

Tidaklah ia melangkahkan kakinya, kecuali dengan satu langkah itu derajatnya diangkat, dan dengan langkah itu dihapuskan kesalahannya.

Apabila ia sholat dengan berjama’ah, maka Malaikat akan senantiasa bershalawat (berdoa) atasnya, selama ia tetap di tempat sholatnya (dan belum batal).

Malaikat akan bershalawat untuknya, ‘Ya Allah! Berikanlah shalawat kepadanya. Ya Allah, berikanlah rahmat kepadanya.’ Salah seorang di antara kalian tetap dalam keadaan sholat (mendapatkan pahala sholat) selama ia menunggu datangnya waktu sholat.” 

(HR.Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Abu Dawud).

Sementara Ibnu Umar menuturkan bahwa Rasulullah bersabda, “sholat berjama’ah itu lebih utama 27 (dua puluh tujuh) derajat daripada sholat sendirian”. (HR.Bukhari dan Muslim).

4. Sholat Berjamaah Menyelamatkan dari Neraka dan Kemunafikan

Dari Anas bin Malik, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa sholat jama’ah dengan ikhlas karena Allâh selama empat puluh hari dengan mendapati takbir pertama (takbiiratul ihram), maka ia dibebaskan dari dua perkara: dibebaskan dari neraka dan dibebaskan dari kemunafikan”. (HR.Tirmidzi).

5. Wanita Tidak Dilarang sholat Berjamaah di Masjid

Ibnu Umar menuturkan bahwa Rasulullah bersabda, “Janganlah kalian melarang istri-istri kalian mendatangi masjid. Dan rumah-rumah mereka lebih baik bagi mereka” (HR.Abu Dawud).

hadist sholat berjamaah

6. Sholat Berjamaah Sangat Dianjurkan bagi Laki-Laki

Rasulullah bersabda, “Barangsiapa mendengar adzan kemudian tidak mendatanginya, maka tidak ada sholat baginya (sholatnya tidak sempurna-pent), kecuali karena ada udzur.” (HR.Ibnu Majah dan Al Hakim).

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Demi (Allah) Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya. Sesungguhnya aku berniat menyuruh mengumpulkan kayu bakar, lalu aku menyuruh adzan untuk sholat. Kemudian kusuruh seorang laki-laki mengimami orang-orang.

Setelah itu, kudatangi orang-orang yang tidak menghadiri sholat jamaah dan kubakar rumah-rumah mereka. Demi (Allah) Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, andai salah seorang di antara mereka tahu bahwa ia akan memperoleh daging gemuk atau (dua kaki hewan berkuku belah) yang baik, niscaya ia akan mendatangi sholat ‘Isya’.” (HR.Bukhari, Muslim, dan Abu Dawud).

Selain menjadi tamu Allah, umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

7. Sholat Berjamaah di Masjid Akan Menghapus Dosa dan Mengangkat Derajat

Rasulullah suatu ketika berkata pada para Sahabat, “Maukah aku tunjukkan kepada kalian sesuatu yang dengannya Allah Ta’ala akan menghapus dosa-dosa dan mengangkat derajat kalian?” Para Sahabat lalu menjawab, “Iya, Wahai Rasulullah”.

Rasulullah kemudian bersabda, “Menyempurnakan wudhu ketika dalam keadaan sulit, memperbanyak langkah menuju masjid (untuk sholat berjamaah), dan menunggu sholat sesudah selesai mengerjakan sholat. Yang demikian itu adalah perjuangan dan perjuangan.“ (HR.Muslim).

Rasulullah juga pernah bersabda, “Barangsiapa yang berangkat menuju masjid untuk sholat berjamaah, maka satu langkah akan menghapus dosa dan langkah berikutnya dicatat sebagai kebaikan, baik pada saat berangkat maupun kembali” (HR.Ahmad).

“Jika seseorang bersuci kemudian pergi ke masjid untuk memelihara sholatnya, maka dicatat baginya sebanyak sepuluh kebaikan untuk setiap langkahnya ke masjid. Dan orang yang duduk (menunggu sholat) untuk memelihara sholatnya, dia seperti orang yang melaksanakan ketaatan dan dicatat sebagai orang yang mengerjakan sholat ketika keluar dari rumahnya sampai kembali lagi.“ (HR.Ahmad dan Ibnu Hibban).

“Barangsiapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan berwudhu untuk menunaikan sholat wajib, maka pahalanya seperti pahala orang yang berihram untuk melaksanakan haji”. (HR.Abu Dawud).

8. Mendapat Jaminan Surga dan Keberuntungan

Terdapat tiga golongan yang mendapatkan jaminan dari Allah. Salah satunya adalah orang yang gemar sholat berjamaah.

“.. dan seorang yang berangkat menuju masjid maka dia mendapatkan jaminan dari Allah, Dia mewafatkannya, lalu memasukkannya ke dalam surga atau mengembalikannya ke rumah dengan membawa pahala dan keberuntungan.” (HR.Abu Dawud).

9. Orang yang sholat Berjamaah Mendapat Cahaya di Hari Kiamat

“Berikanlah kabar gembira bagi orang-orang yang berjalan ke masjid dalam kegelapan dengan cahaya yang sangat terang pada hari kiamat”. (HR.Abu Dawud dan Tirmidzi)

10. Orang yang sholat Berjamaah Disambut Allah dengan Penuh Kegembiraan

“Tidaklah salah seorang di antara kalian berwudhu dengan bagus dan sempurna, kemudian mendatangi masjid tanpa maksud lain selain sholat, kecuali Allah akan berseri-seri wajah-Nya sebagaimana gembiranya seseorang ketika menemukan kembali saudaranya yang pulang dari bepergian.” (HR.Ibnu Khuzaimah).

“Barangsiapa yang pergi ke masjid pada pagi atau sore hari, maka Allah akan menyediakan an-nuzul (jamuan) dari surga untuknya setiap kali dia pergi pada pagi dan sore hari.” (Muttafaq ‘alaih)

11. Keutamaan Shaf Pertama

“Seandainya orang-orang mengetahui keutamaan yang ada di balik adzan dan shaf pertama dan mereka tidak akan mendapatkannya kecuali dengan mengadakan undian, niscaya mereka akan mengadakan undian.” (HR.Bukhari).

“Sesungguhnya shaf pertama itu seperti shaf malaikat. Seandainya kalian mengetahui keutamaannya, niscaya kalian akan saling memperebutkannya.” (HR.Abu Dawud).

Syaikh Ahmad Albana menjelaskan, ”Yang dimaksud dengan seperti shaf malaikat adalah dekat dengan Allah Ta’ala dan mendapat curahan rahmat.”

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

12. Perintah Menjaga sholat Berjamaah di Masjid

Dari Ibnu Mas’ud, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang ingin ketika berjumpa dengan Allah esok dalam keadaan sebagai muslim, maka hendaknya dia menjaga sholat lima waktu di tempat dikumandangkan adzan (yaitu di masjid), karena Allah telah mensyariatkan bagi Nabi kalian sunnah-sunnah petunjuk, dan sholat 5 waktu di masjid adalah salah satu di antara sunnah-sunnah petunjuk.

Seandainya kalian sholat di rumah-rumah kalian sebagaimana orang yang tidak ikut berjamaah ini, sholat di rumahnya, maka sungguh kalian telah meninggalkan sunnah Nabi kalian, dan jika kalian meninggalkan sunnah Nabi kalian, maka sungguh kalian akan tersesat.

Dan sungguh aku melihat dahulu kami para sahabat, tidak ada yang meninggalkan sholat berjamaah di masjid kecuali orang munafiq yang sudah jelas kemunafikannya, dan sungguh dahulu ada sahabat yang dibopong ke masjid dan ditopang di antara dua lelaki agar bisa berdiri dalam shaf”. (HR.Muslim).

Facebook Comments