play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Muslim Lifestyle

Penuh Pahala, Ini Keutamaan Sholat Berjamaah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Umroh.com – Sholat merupakan kewajiban setiap muslim. Sholat bagian yang paling pokok dalam ibadah. Karena sholat amalan yang paling awal dihisab oleh Allah SWT. Lalu apa keutamaan sholat berjamaah? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Sholat Berjamaah

Umroh.com merangkum, sholat berjamaah adalah sholat bersama yang sekurang-kurangnya terdiri dari dua orang yaitu seorang imam dan makmum, dimana seorang makmum harus mengikuti perbuatan imam dan tidak boleh mendahului setiap gerakannya. Pahala sholat berjamaah lebih besar, terutama jika dilakukan di masjid.

Allah SWT berfirman :

“Dan apabila kamu berada di tengah-tengah mereka (sahabatmu) lalu kamu hendak mendirikan salat bersama-sama mereka, maka hendaklah segolongan dari mereka berdiri (salat) besertamu dan menyandang senjata, kemudian apabila mereka (yang salat besertamu) sujud (telah menyempurnakan serakaat), maka hendaklah mereka pindah dari belakangmu (untuk menghadapi musuh) dan hendaklah datang golongan yang kedua yang belum bersembahyang, lalu bersembahyanglah mereka denganmu, dan hendaklah mereka bersiap siaga dan menyandang senjata. Orang-orang kafir ingin supaya kamu lengah terhadap senjatamu dan harta bendamu, lalu mereka menyerbu kamu dengan sekaligus. Dan tidak ada dosa atasmu meletakkan senjata-senjatamu, jika kamu mendapat sesuatu kesusahan karena hujan atau karena kamu memang sakit; dan siap-siagalah kamu. Sesungguhnya Allah telah menyediakan azab yang menghinakan bagi orang-orang kafir itu. (QS. An- Nisa’ ayat 102)

Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda :

“Demi Dzat yang jiwaku berada di tanganNya, sungguh aku bermaksud hendak menyuruh orang-orang mengumpulkan kayu bakar, kemudian menyuruh seseorang menyerukan adzan, lalu menyuruh seseorang pula untuk menjadi imam bagi orang banyak. Maka saya akan mendatangi orang-orang yang tidak ikut berjama’ah, lantas aku bakar rumah-rumah mereka. (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca juga: Hikmah Sholat Berjamaah yang Wajib Diketahui

Adapun sholat yang dianjurkan untuk dikerjakan secara berjama’ah adalah sholat wajib (seperti sholat 5 waktu, dan sholat jum’at) maupun sholat sunnah ( seperti Sholat Hari raya, Shalat Tarawih, Sholat witir, Sholat Istisqa’, sholat gerhana, dan sholat jenazah).

Keutamaan Sholat Berjamaah

Sholat berjamaah memiliki pahala yang berlimpah apalagi jika dikerjakan di masjid. Mengenai keutamaan sholat berjamaah, Rasulullah SAW menetapkan ukuran dengan kelipatan, kemudahan, jumlah yang berjamaah, hingga jarak perjalanan menuju berjamaah semua dinilai pahala. Keutamaan termasuk dari semua pekerjaan yang akan melancarkan dan mengkyusukkan sholat berjamaah. Berikut ini keutamaan sholat berjamaah, diantaranya.

1. Allah SWT akan melipatgandakan pahala bagi mereka yang melaksanakan sholat secara berjamaah

Bagi mereka yang mengerjakan sholat berjamaah, Allah akan melipatgandakan pahalanya apalagi bila di kerjakan di masjid.

Rasulullah sholallahu Alaihi Wassalam bersabda :

Shalat seorang laki-laki dengan berjamaah dibanding sholatnya di rumah atau di pasarnya lebih utama (dilipat gandakan) pahalanya dengan dua puluh lima kali lipat. Yang demikian itu karena bila dia berwudlu dengan menyempurnakan wudlunya lalu keluar dari rumahnya menuju masjid, dia tidak keluar kecuali untuk melaksanakan shalat berjama’ah, maka tidak ada satu langkahpun dari langkahnya kecuali akan ditinggikan satu derajat, dan akan dihapuskan satu kesalahannya. Apabila dia melaksanakan shalat, maka Malaikat akan turun untuk mendo’akannya selama dia masih berada di tempat shalatnya, ‘Ya Allah ampunilah dia. Ya Allah rahmatilah dia’. Dan seseorang dari kalian senantiasa dihitung dalam keadaan shalat selama dia menanti pelaksanaan shalat.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Dalam Hadist yang lain, Rasulullah Sholallahu Alaihi wassalam bersabda :

Manusia paling besar pahalanya dalam shalat adalah yang paling jauh perjalannya, lalu yang selanjutnya. Dan seseorang yang menunggu shalat hingga melakukannya bersama imam, lebih besar pahalanya daripada yang melakukannya (sendirian) kemudian tidur.” (HR. Muslim)

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

2. Mereka yang melakukan sholat secara berjama’ah akan terhindar dari gangguan syaitan

Sholat berjamaah membuat suasana hati menjadi khusyuk sehingga terhindara dari gangguan syaitan yang terkutuk. Lebih afdhol sholat berjamaah dibandingkan sholat sendiri. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam :

Tidaklah tiga orang di suatu desa atau lembah yang tidak didirikan shalat berjamaah di lingkungan mereka, melainkan setan telah menguasai mereka. Karena itu tetaplah kalian (shalat) berjamaah, karena sesungguhnya srigala itu hanya akan menerkam kambing yang sendirian (jauh dari kawan-kawannya).” (HR. Abu Daud dan  An-Nasai)

3. Allah SWT akan menaunginya di hari kiamat kelak

Allah SWT tidak main-main menjanjikan sesuatu untuk orang yang beriman. Dipastikan kelak di hari kiamat Allah akan menolong orang-orang yang selalu mengerjakan sholat berjamaah. Rasulullah Sholallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda,

Ada tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah di bawah naungan-Nya pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya: imam yang adil, pemuda yang tumbuh dalam beribadah kepada Rabb-nya, seseorang yang hatinya bergantung di masjid-masjid, dua orang yang saling mencintai karena Allah berkumpul dan berpisah karena-Nya, seseorang yang dinginkan (berzina) oleh wanita yang memiliki kedudukan dan kecantikan, maka ia mengatakan,’ Sesungguhnya aku takut kepada Allah’,seseorang yang bersadaqah dengan sembunyi-sembunyi sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang di nafkahkan oleh tangan kanannya, dan seseorang yang mengingat Allah dalam keadaan sepi (sendiri) lalu kedua matanya berlinang.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Jadilah tamu istimewa Allah dengan temukan paketnya di Umroh.com!

4. Allah SWT akan menghapuskan kesalahan-kesalahan bagi mereka yang sholat berjamaah serta akan meninggikan derajat mereka.

Bukan sekedar pertolongan di akhirat. Allah akan menolong bagi kalian muslim beriman yang mendirikan sholat berjamaah dengan cara menghapus segala kesalahan-kesalahan selama hidup di dunia. Rasulullah Sholallahu Alaihi Wasalam bersabda

Maukah aku tunjukkan kepada kalian tentang perkara yang akan menghapuskan kesalahan-kesalahan dan juga mengangkat beberapa derajat?” Para sahabat menjawab,”Tentu, wahai Rasulullah?” Beliau bersabda,”Menyempurnakan wudhu’ pada saat yang tidak disukai, banyak melangkah ke masjid-masjid, dan menunggu shalat setelah melaksanakan shalat. Maka, itulah ar-tibath (berjuang di jalan Allah).” (HR. Muslim)

5. Allah SWT menjanjikan surga bagi mereka yang sholat secara berjamaah

Allah Maha Baik dan Maha Bijaksana, Dia akan menjanjikan surge bagi kalian yang selalu sholat berjamaah. Rasulullah Sholallahu Alaihi Wasalam bersabda

Ada tiga golongan yang semuanya dijamin oleh Allah Ta’ala, yaitu orang yang keluar untuk berperang di jalan Allah, maka ia dijamin oleh Allah hingga Dia mewafatkannya lalu memasukkannya ke dalam Surga atau mengembalikannya dengan membawa pahala dan ghanimah, kemudian orang yang pergi ke masjid, maka ia dijamin oleh Allah hingga Dia mewafatkannya lalau memasukkannya ke dalam Surga atau mengembalikannya dengan membawa pahala, dan orang yang masuk rumahnya dengan mengucapkan salam, maka ia dijamin oleh Allah.” (HR. Abu Dawud)

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Masya Allah, begitu luar biasa keutamaan melaksanakan sholat berjamaah. Semoga kita termasuk dalam orang-orang beriman yang selalu dirikan sholat berjamaah.

Facebook Comments