1
Doa

Perlu Tahu! Ini Hadits Keutamaan Membaca Al-Quran

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Sebagian orang malas ketika diingatkan untuk membaca Al-Quran padahal di dalam Al-Quran itu sendiri terdapat petunjuk di dalamnya yang mengatur tentang kehidupan di dunia ini, seperti shalat, sedekah, dan keutamaan membaca Al-Quran lainnya. Sebagian orang merasa tidak memiliki banyak waktu untuk membaca Al-Quran, padahal ketika orang tersebut membaca Al-Quran terdapat pahala besar yang akan didapatkannya. Terdapat banyak hadits keutamaan membaca Al-Quran yang mampu memberikan Anda amalan baik dan pahala.

Bahkan sebagian orang juga beranggapan bahwa tidak sanggup untuk belajar Al-Quran dikarena sulit dalam pengucapannya dan lafalnya, padahal membaca Al-Quran sangatlah mudah dan tidaklah sulit ketika orang tersebut sungguh-sungguh ingin belajar membaca Al-Quran dan Al-Quran juga sangat mendatangkan sebuah kebaikan pada kehidupan orang tersebut.

Baca juga : Jangan Dilakukan, Begini Bunyi Hadits tentang Ghibah!

Hadits keutamaan membaca Al-Quran          

Berikut merupakan hadits keutamaan membaca Al-Quran :

1. Usaha yang tidak pernah rugi

“Sesungguhnya orang yang selalu membaca kitab Allah (Al-Quran) dan juga mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rejeki yang telah Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi.” “agar Allah dapat menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan juga menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun dan Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir : 29-30)

2. Mendatangkan sebuah kebaikan

“Seseorang sahabat Rasulullah yaitu Aisyah R.A telah meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW, beliau bersabda : “Seseorang yang lancar membaca Al-Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan juga senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al-Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala.” (HR. Muslim)

3. Sebaiknya-baiknya manusia ialah yang mempelajari dan mengajarkan Al-Quran

Sabda Rasulullah SAW “Sebaik-baik kalian yaitu siapa yang mempelajari Al-Quran dan mengamalkannya.” (HR. Bukhari)

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

4. Mendapatkan pahala

“Siapa saja membaca satu huruf dari kitab Allah (Al-Quran), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.” (HR. At-Tirmidzi)

webinar umroh.com

5. Mendatangkan syafa’at

Sahabat Rasulullah SAW yaitu Abu Umamah Al Bahily RA beliau berkata, “Aku telah mendengar Nabi Muhammad SAW bersabda : “Bacalah Al-Quran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya.” (HR. Muslim)

6. Pahala orangtua ketika mengajari anaknya membaca Al-Quran

“Siapa saja membaca Al-Quran, mempelajari Al-Quran bahkan mengamalkan Al-Quran, maka dipakaikan kepada kedua orang tuanya pada hari kiamat sebuah mahkota dari cahaya dan juga sinarnya bagaikan sinar matahari, dan dikenakan pada kedua orangtuanya dua perhiasan yang nilainya tak tertandingi oleh dunia. Keduanya pun bertanya-tanya semuanya itu ? dijawab “karena anakmu tersebut telah membawa Al-Quran.” (HR. Al-Hakim)

14 Keistimewaan Surat Al Fatihah

7. Pahala bagi orang yang berkumpul dan membaca Al-Quran serta mengkajinya

“Tidak berkumpulnya suatu kaum di salah satu rumah Allah SWT, sedangkan mereka membaca kitab-Nya dan juga mengkajinya, melainkan mereka akan dilimpahi sebuah rahmat ketenangan, dicurahi rahmat, diliputi para malaikat dan disanjungi oleh Allah di hadapan para makhluk dan juga di sisi Allah.” (HR. Abu Dawud)

8. Menyembuhkan penyakit

“Hendaknya kamu menggunakan kedua obat-obat : madu dan juga Al-Quran.” (HR. Ibnu Majah)

9. Memperoleh kedudukan yang tinggi di dalam surga

Rasulullah SAW bersabda : “Bacalah (Al-Quran) naiklah (pada derajat-derajat surga) dan bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membacanya dengan tartil di dunia. Sesungguhnya kedudukan derajatmu sehingga kadar akhir ayat yang engkau baca.” (HR. Ahmad)

10. Membaca Al-Quran secara terang-terangan seperti bersedekah

“Orang yang membaca Al-Quran terang-terangan seperti orang yang bersedekah terang-terangan, orang yang membaca Al-Quran secara tersembunyi seperti orang yang bersedekah secara tersembunyi.” (HR. Abu Dawud)

Tak hanya melancarkan rezeki Anda, umroh juga menjadikan Anda tamu Allah. Yuk temukan paketnya di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Keistimewaan membaca Al-Quran

Hukum Menjamak Sholat Jumat Dengan Ashar

Umroh.com merangkum, berikut merupakan keistimewaan yang didapatkan ketika seorang muslim rajin dalam membaca Al-Quran, dikutip Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki dalam kitabnya Abwabul faraj, darul kutub al-ilmiyyah Beirut 1971, halaman 73 sebagai berikut :

  • Keistimewaan yang didapatkan ketika seorang muslim rajin dalam membaca Al-Quran, mereka diakui sebagai keluarga Allah SWT dan merupakan orang yang istimewa yang dipilih langsung oleh Allah SWT
  • Seorang muslim yang mahir dalam membaca Al-Quran, maka mereka akan ditempatkan bersama para malaikat-malaikat pencatat yang patuh kepada Allah SWT dan selalu berbuat kebaikan.
  • Al-Quran merupakan hidangan dari Allah SWT, bagi siapapun yang membacanya dan mengamalkannya maka akan mendapatkan jaminan keamanan.
  • Seorang muslim yang membaca Al-Quran di dalam rumahnya, maka rumah tersebut akan dihadiri oleh para malaikat. Serta penghuni rumah juga akan merasa bahwa rumahnya menjadi sangat luas.
  • Bukan hanya itu, bahkan rumah yang digunakan dalam membaca Al-Quran setiap harinya akan menyinari penduduk-penduduk langit dibandingkan dengan rumah yang tidak pernah digunakan untuk membaca Al-Quran.
  • Dengan membaca Al-Quran, maka seorang muslim tentu akan mendapatkan kebaikan yang sangat banyak.
  • Dengan membaca Al-Quran pula, seorang muslim akan menjadi jauh lebih baik, serta menjaga dari segala perbuatan dosa.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Dengan mengetahui keutamaan membaca al-quran Anda bisa menerapkan sesuai dengan isi makna dari hadits tersebut dan juga bisa menjadikan amalan untuk Anda. Alangkah baiknya jika sudah dipraktikkan dan juga di berikan informasi ini ke orang lain sesama umat muslim.