1
Muslim Lifestyle

Keutamaan Membaca Al-Quran dan Keindahan di Dalamnya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Al-Quran merupakan pedoman hidup umat manusia. Semua yang ada di kehidupan tercantum dalam Al-Quran. Kemukjizatan Al-Quran terletak pada janji Allah SWT yang akan menjamin dengan dirinya sendiri memelihara dan menjaga-Nya. Maka, umat muslim harus membaca dan mengamalkan Al-Quran sebagai bekal di akhirat nanti. Terdapat banyak dalil yang berisi motivasi dalam mendapatkan keutamaan membaca Al-Quran, merenungi makna dan mengamalkannya. Allah Ta’ala berfirman,

“Ini adalah sebuah Kitab yang kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayat-Nya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran.” (QS. Shaad : 29)

Baca juga : Ini Pengertian Hidayah dan Contohnya Bagi Kaum Muslimin

Keindahan di dalam Al-Quran 

Membaca Al-Quran sangat diwajibkan untuk kaum muslimin yang sungguh-sungguh bangga akan ke islamnya. Bangga menjadi seorang muslim adalah sebuah bentuk kecintaan yang maha tinggi terhadap Allah SWT satu satunya tuhan pencipta alam beserta isinya.

Tidak ada artinya jika seorang muslim tidak bisa membaca Al-Quran sama sekali, hal itu bagikan seorang yang buta huruf. Walaupun tidak mampu membacanya dengan hebat seperti orang-orang di zaman Nabi tetapi memahami cara membacanya, hal itu sudah cukup baik bagi seorang muslim. Apalagi jika mempunyai keinginan yang kuat untuk bisa menguasai isi Al-Quran (pandai membaca Alquran), maka sempurnalah seseorang tersebut sebagai seorang muslim.

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

Belajar membaca Al-Quran bisa diterapkan pada usia dini agar kecintaan mereka terhadap kaidah islam semakin kuat dan dimasa depannya menjadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup, kebanggaan diri, identitas sebagai muslim dan sebagai perlindungan bagi hati serta  sebagai simbol keislaman yang hebat.

Mempelajari Al-Quran yang di dalamnya mencakup cara membacanya, cara melantun-kannya, mengerti makna yang disampaikan  serta mau mengamalkannya pada kehidupan sehari hari adalah sebuah kewajiban bagi seluruh umat islam di dunia , karena Al-Quran adalah sebagai lambang dan dasar agama Islam yang tidak akan pernah berubah atau lekang ditelan waktu.

Keutamaan Membaca Al-Quran

Al-Quran sebagai mukjizat yang telah Allah kirimkan memiliki keutamaan yang luar biasa bagi yang membacanya, diantaranya.

webinar umroh.com

1. Membaca Al-Quran adalah Perdagangan yang Tidak Pernah Merugi

Allah Berfirman,

 “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Fathir: 29-30).

Tak hanya menjadi tamu istimewa Allah, umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Dari manakah sisi tidak meruginya perdagangan dengan membaca Al-Quran? Satu hurufnya di ganjar dengan 1 kebaikan dan dilipatkan menjadi 10 kebaikan. Siapapun yang membaca Al-Quran baik paham atau tidak paham, maka dia akan mendapatkan ganjaran pahala sebagaimana yang dijanjikan. Dan sesungguhnya kemuliaan Allah Ta’ala itu Maha Luas, meliputi seluruh makhluk.

Membaca Al-Quran Bagaimanapun akan Mendatangkan Kebaikan

pengertian hidayah

 “Aisyah radhiyallahu ‘anha meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

Seorang yang lancar membaca Al-Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah, adapun yang membaca Al-Quran dan terbata-bata di dalamnya dan sulit atasnya bacaan tersebut maka baginya dua pahala” (HR. Muslim).

Membaca Al-Quran akan Mendatangkan Syafa’at

Membaca Alquran dapat mendatangkan kebaikan dan kemuliaan yang tidak pernah dibayangkan oleh manusia sebelumnya bahkan juga terjadi pada hari kiamat dengan kemuliaan yang sangat besar.

Abu Umamah Al Bahily radhiyallahu ‘anhu berkata,

“Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah Al-Quran karena sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at kepada orang yang membacanya” (HR. Muslim).

Salah Satu Ibadah Paling Agung adalah Membaca Al-Quran

Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhu berkata,

“Allah telah menjamin bagi siapa yang mengikuti Al-Quran, tidak akan sesat di dunia dan tidak akan merugi di akhirat”, kemudian beliau membaca ayat:

“…Lalu barang siapa yang mengikut petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka”. (QS. Thaha: 123)

Memperoleh Rahmat dan Lindungan oleh Malaikat

Umroh.com merangkum, keutamaan membaca Al-Quran dengan hati yang tenang dan sabar dapat mendatangkan rahmat dari Allah SWT dan mendapatkan perlindungan dari para malaikat dari kejahatan yang terlihat maupun tidak terlihat.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

”Ketika para kaum muslim berkumpul di masjid masjid allah dan mereka membaca Alquran dan memnpelajarinya, maka akan datang kepada mereka ketenteraman , rahmat allah dan dilindungi malaikat malaikat dan allah menyebut mereka di hadapan makhluk yang ada di dekatnya.”

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Pembaca Al-Quran Memperoleh Kedudukan yang Tinggi dalam Surga

cara mendapat hidayah

Bersabda Rasulullah SAW yang maksudnya,

Dikatakan kepada pembaca al-Qur,an: “Bacalah (Al-Quran), naiklah (pada darjat-darjat syurga) dan bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membacanya dengan tartil di dunia. Sesungguhnya kedudukan drajatmu sehingga kadar akhir ayat yang engkau baca.” (HR. Ahmad).