1
Doa

Manfaat Mengucapkan Istighfar dan Maknanya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Bagi setiap muslim tentu sudah tidak asing mendengar kata istiqhfar, istiqhfar biasanya hanya dilakukan oleh seorang muslim ketika orang tersebut melakukan sebuah kesalahan, lalu orang tersebut mengucapkan istighfar dengan cara memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala kesalahan yang telah dilakukannya, dan tidak ingin melakukannya kembali. Perlu Anda Ketauhi bahwa terdapat manfaat mengucapkan istighfar yang belum banyak orang tahu.

Bukan hanya itu bahkan kata istiqhar juga memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari, berikut merupakan manfaat yang didapatkan ketika kita memperbanyak membaca istiqhfar.

Baca juga : Yuk Cobain! Ini Lho 7 Tips Liburan Hemat ke Jepang

Pengertian Istighfar

Kata istighfar berasal dari kata ghofar yang dalam kamu Al-Munawwir diartikan sebagai mengampuni, menutupi, memperbaiki, dan mendoakan. Menurut Imam Ar-Raghib Al-Asfahani dalam kitabnya Mufradat li Alfadh Al-Quran, istiqhfar adalah meminta ampun kepada Allah SWT dari segi ucapan dan juga perbuatan orang tersebut. Oleh sebab itu, istighfar bukan hanya mengenai sekedar ucapan permohonan ampun kepada Allah SWT dengan lisan melalui pengakuan sebuah kesalahan yang dibuatnya.

Namun lebih dari itu, manfaat mengucapkan istighfar istighfar juga harus disesuaikan dengan perbuatan bahwa orang tersebut tidak akan melakukan sebuah kesalahan yang sama dan berharap bahwa kesalahan yang telah diperbuatnya dapat diampuni oleh Allah SWT serta berjanji untuk tidak mengulagi kesalahannya kembali dilain waktu.

Tiga Makna Istighfar dalam Al-Quran

Di dalam Al-Quran kata ghofar beserta derivasinya disebutkan sebanyak 124 kata. Hal tersebut seperti mengisyaratkan bahwa betapa pentingnya bagi seorang muslim untuk terus mengucapkan istighfar dan berserah diri kepada Allah SWT supaya bisa mendapatkan manfaat mengucapkan istighfar. Berikut tiga makna istighfar yang terdapat di dalam Al-Quran :

1. Memohon Ampun Atas Dosa

Sebagaimana firman Allah SWT :

(Hai) Yusuf : “Berpalinglah dari ini, dan (kamu hai isteriku) mohon ampunlah atas dosamu itu, karena kamu sesungguhnya termasuk orang-orang yang berbuat salah.” (QS. Yusuf : 29)

webinar umroh.com

Dari ayat diatas bahwa terdapat cerita mengenai kisah Nabi Yusuf dengan seorang wanita yang bernama Zulaikha. Ketika terungkapnya kebohongan dari seorang istri Raja Mesir yang bernama Zulaikha ini yang berusaha untuk menggoda Nabi Yusuf, maka sang Raja Mesir memerintahkan kepada istrinya tersebut untuk segera memohon ampunan kepada Allah SWT atas dosa yang telah dilakukannya yaitu berbohong.

Mau dapat Tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya sekarang juga!

2. Memohon Ampun Atas Kesyirikan

Sebagaimana firman Allah SWT :

“Dan mohonlah ampun kepada Tuhanmu kemudian bertaubatlah kepada-Nya. Sesungguhnya Tuhanku Maha Penyayang lagi Maha Pengasih.” (QS. Hud : 90)

Terdapat pula makna yang sama, seperti yang disebutkan dalam firman Allah SWT yang lainnnya “Maka aku katakana kepada  mereka : ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun.” (QS. Nuh : 10)

Umroh.com merangkum, terdapat makna didalam ayat Al-Quran tersebut seperti pada QS. Hud : 90 tersebut menceritakan kisah Nabi Syu’aib yang memerintahkan kaumnya untuk segera memohon ampun kepada Allah SWT atas segala perbuatan mereka yang tetap dalam kesyirikannya.

Sedangkan untuk QS. Hud ; 10 menceritakan tentang kisah Nabi Nuh yang menyeru kepada kaumnya untuk segera memohon ampun kepada Allah SWT karena kaumnya yang tidak mau mengikuti ajakannya untuk beriman kepada Allah SWT.

3. Menunaikan Shalat

pengertian sholat qasar

Sebagaimana firman Allah SWT :

“(Yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah) dan yang memohon ampun di waktu sahur.” (QS. Ali Imran : 17)

Pada QS. Ali Imran : 17 mengisyaratkan tentang sebuah permohonan ampun ketika shalat di sepertiga malam.

Manfaat Mengucap Istighfar

Berikut merupakan manfaat dari mengucap istighfar :

1. Mendatangkan Ampunan dari Allah SWT

“Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah SWT mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak menentukan batas-batas waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Quran.

Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah dan orang-orang yang lain lagi berperang di jalan Allah. Maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Quran dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah dengan pinjaman yang baik.

Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan) nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah : sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Muzammil : 20)

Jadilah tamu Allah SWT dengan umroh menggunakan paket di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

2. Ditambahkan Kekuatannya

Manfaat Mengucapkan Istighfar

“Dan (dia berkata) : ‘Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa.” (QS. Hud : 52)

3. Dipermudah Segala Urusannya

Rasulullah SAW bersabda “Barangsiapa membiasakan diri untuk beristighfar, Allah akan memberikan jalan keluar baginya dari setiap kesulitan, akan memberikan kebahagiaan dari setiap kesusahan dan akan memberi rejeki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah)

4. Diberikan Sebuah Kenikmatan yang Baik dan Terus Menerus

“Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Tuhanmu dan bertobat kepada-Nya (Jika kamu mengerjakan yang demikian) niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik (terus-menerus) kepadamu sampai kepada wkatu yang telah ditentukan dan Dia akan memberikan kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat.” (QS. Hud : 3)

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

5. Sebagai Menolak Bencana dan Bala

“Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun.” (QS. Al-Anfaal : 33)

6. Penyebab Turunnya Rahmat dari Allah SWT

“Hendaklah kamu meminta ampun kepada Allah, agar kamu mendapatkan rahmat.” (QS. An-Naml : 46)