1
Muslim Lifestyle

Penting! Inilah Hadits tentang Taubat dan Ayatnya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Tak ada manusia yang sempurna. Dalam perjalanan hidup, manusia mengalami berbagai peristiwa yang bisa membuatnya berdosa. Baik dosa besar, maupun dosa kecil. Perbuatan dosa disebabkan karena manusia tidak mampu mengendalikan diri dan terjerumus pada hasutan setan. Lalu bagaimana sih hadits tentang taubat itu sendiri? Berikut penjelasannya.

Tim Umroh.com merangkum, Manusia yang banyak melakukan dosa akan diberi balasan kelak di akhirat. Sebagaimana Allah membalas amal-amal soleh manusia. Namun tentunya tidak ada orang yang kuat dengan siksa Allah di neraka. Karena itulah Allah mengajarkan manusia untuk bertaubat. 

Baca juga: Raih Kebahagiaan dengan Memperhatikan Dasar Hidup Ini

Melalui Al Quran dan sabda Rasulullah, Allah menjelaskan tentang taubat kepada kita. Agar kita tidak berputus asa setelah melakukan dosa. Berikut adalah ayat dan hadis yang mengajarkan tentang taubat.

Manusia Tak Lepas dari Dosa

Dalam hidup, manusia tidak akan lepas dari dosa. Rasulullah bersabda, “Setiap mukmin tentu terkena dosa yang menimpanya pada setiap waktu” (HR.Thabrani dan Baihaqi).

Perintah untuk Bertaubat Nasuha

Allah menurunkan perintah taubat kepada manusia yang beriman. Dalam surat At Tahrim ayat 8 Allah berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat nasuhaa (taubat yang semurni-murninya)”.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Allah Mengampuni Orang yang Bertaubat

“Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (QS.Az Zumar: 53).

“Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allâh, niscaya ia mendapati Allâh Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (QS.An Nisa: 110).

webinar umroh.com

“Dan Dialah yang menerima taubat dari hamba-hamba-Nya” (QS.Asy Syura: 25).

Orang Beriman adalah Mereka yang Selalu Bertaubat

Umroh.com merangkum, salah satu gambaran orang yang beriman adalah mereka yang senantiasa bertaubat. Allah berfirman, “(Yaitu) orang-orang yang berdoa: Wahai Rabb kami! Sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka,” (yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allâh), dan yang memohon ampun di waktu sahur”. (QS.Ali Imran: 16-17).

Taubat Mendatangkan Kebaikan dan Kebahagiaan

“Orang-orang yang mendapatkan kebaikan yaitu orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan beberapa kemaksiatan, kecuali yang hanya merupakan lintasan dalam hati. Sesungguhnya Tuhanmu adalah amat luas pengampunannya.” (QS.An Najm: 31-32).

“Orang-orang yang memperoleh kebahagiaan ialah orang-orang yang apabila melakukan keburukan atau menganiaya dirinya sendiri, maka mereka segera mengingat pada Allah, kemudian memohon ampunan dari dosa-dosanya” (QS.Ali Imran: 135).

Selain menjadi tamu Allah, umroh juga dapat melancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paketnya di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

Taubat Tidak Bermanfaat Jika Kiamat Telah Tiba

“Pada hari datangnya sebagian ayat-ayat Rabbmu, tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang kepada dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau dia (belum) mengusahakan kebaikan dalam masa imannya. Katakanlah, “Tunggulah olehmu sesungguhnya Kamipun menunggu (pula).” (QS.Al An’am: 158).

Dari Amru bin ‘Ash, Rasulullah bersabda, “Senantiasa taubat diterima sampai matahari terbit dari tempat terbenamnya (dari arah  barat), maka jika dia terbit akan ditutup setiap hati (dari hidayah sehingga yang ada hanya) apa yang ada didalam hatinya (saja) dan cukuplah bagi manusia amalannya (sehingga dia tidak bisa beramal kebaikan lagi)”.

Rasulullah juga bersabda (diriwayatkan Imam Muslim dari Abu Hurairah), “Siapa yang bertaubat sebelum matahari terbit dari tempat terbenamnya maka Allâh akan menerima taubatnya”.

Taubat Tidak Diterima Jika Ajal Telah Datang

“Dan tidaklah taubat itu diterima Allah dari orang-orang yang mengerjakan kejahatan (yang) hingga apabila datang ajal kepada seseorang di antara mereka, (barulah) ia mengatakan : “Sesungguhnya saya bertaubat sekarang.” Dan tidak (pula diterima taubat) orang-orang yang mati sedang mereka di dalam kekafiran. Bagi orang-orang itu telah Kami sediakan siksa yang pedih” (QS.An Nisa: 18).

Dari Abdullah bin Umar, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Allah menerima taubat seorang hamba selama nyawanya (ruhnya) belum sampai tenggorokan”.

Mau dapat kesempatan untuk berangkat umroh gratis? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Taubat yang Sungguh-Sungguh Akan Mendatangkan Ampunan dan Surga Allah

“Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Rabb mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal”. (QS.Ali Imran: 136)

Taubat Akan Mendatangkan Cinta Allah

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang suka membersihkan diri”. (QS.Al Baqarah: 222).

Taubat Akan Menjadikanmu Beruntung

“Dan bertaubatlah kepada Allah wahai semua orang yang beriman, supaya kalian beruntung”. (QS.An Nur: 31).

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

Taubat atau Istighfar Akan Mendatangkan Harta dan Keturunan

“Maka aku katakan kepada mereka: ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai” (QS.Nuh: 10-12).

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.