1
Serba-serbi Ramadhan

Ini Hal-hal yang Dilarang Selama Puasa Ramadhan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Sudah semestinya kita semakin taat dan bertakwa dalam menjalani puasa Ramadhan. Karena itulah kita juga harus menjauhi apa yang Allah larang selama bulan itu berlangsung. Bulan ramadhan yakni bulan yang sudah selayaknya diisi dengan amal kebaikan, yakni kegiatan atau amalan yang baik yang diperintahkan oleh Allah dan Rasulullah SAW.

Karena itulah kita wajib mengetahui apa saja yang dilarang oleh Allah SWT selama bulan puasa Ramadhan berlangsung.

Baca juga: Inilah Pengertian Puasa Ramadhan yang Perlu Diketahui

Hal-hal yang Dilarang Selama Puasa Ramadhan

Umroh.com merangkum, ada berbagai macam hal yang sudah seharusnya kita jauhkan selama menjalani puasa Ramadhan. Berikut larangan-larangan tersebut!

1. Bersetubuh di Jam Puasa

Kaum muslimin laki laki dan perempuan sudah pasti batal puasanya apabila bersetubuh di waktu siang hari pada bulan Ramadhan, maka wajib atasnya untuk mengganti puasanya di hari lain dan wajib membayar kaffarah atau denda yakni dengan cara memerdekakan seorang budak wanita yang beriman.

Apabila tidak mampu, mereka wajib berpuasa selama dua bulan lamanya atau memberi 60 orang makan yaitu kepada orang orang fakir miskin.

Adapun hubungan suami istri bagi pasangan yang telah halal boleh dilakuan di malam hari selain di jam puasa, hal ini terdapat dalam surah Al-Baqarah ayat 187, Allah berfirman:

“Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka.”

webinar umroh.com

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

2. Muntah dengan Sengaja

Kita dilarang muntah dengan sengaja saat tengah berpuasa kecuali jika muntah tersebut disebabkan oleh sakit dan keluar secara tak sengaja seperti muntah karena batuk atau sakit maag.

“Barangsiapa yang terpaksa muntah, maka tidak wajib baginya untuk mengqadha’ puasanya, dan barangsiapa muntah dengan sengaja, maka wajib baginya mengqadha’ puasanya”

3. Makan dan Minum dengan Sengaja

“Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dan benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam” [Al-Baqarah : 187]

Sementara itu, keutamaan puasa ramadhan adalah dengan mampu menahan hawa nafsu termasuk lapar dan haus, Jelas bahwa makan dan minum dengan sengaja adalah hal yang akan membatalkan puasa Ramadhan.

Yuk jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci dengan temukan paket umroh terbaiknya di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

4. Murtad

Murtad adalah keluarnya seseorang dari agama Islam baik berupa kata kata atau dari hati, sebab seluruh amalan yang dilakukannya selama ini akan hilang dan ia pun berubah menjadi kaum kafir, hal ini juga berlaku untuk penyakit kejiwaan seperti gila, maka baginya tidak diwajibkan untuk menjalankan puasa ramadhan dan ibadah ramadhan lainnya.

5. Suntikan yang Mengandung Makanan

Orang yang berpuasa diperbolehkan melakukan donor darah di bulan ramadhan karena dinilai sama dengan bekam yang dilakukan Rasulullah, namun tidak diperbolehkan untuk melakukan suntikan yang mengandung vitamin atau makanan sebab sama seperti makan dan minum dan hal itu membatalkan puasa ramadhan.

6. Berbuat Maksiat

Syaikh Taqiyuddin mengatakan, maksiat yang dilakukan di waktu atau tempat yang mulia, maka dosa dan hukumnya akan berlipat ganda, hal ini sesuai tingkatan kemuliaan waktu dan tempat tersebut. Seperti halnya larangan berdzikir di tempat kurang baik seperti kamar mandi yang justru menimbulkan dosa, melakukan maksiat di bulan ramadhan jga akan mendapatkan dosa yang lebih banyak.

7. Melakukan Tindak Kejahatan

“Siapa yang bermaksud di dalamnya (kota Mekah) untuk melakukan kejahatan secara zalim, niscaya akan Kami rasakan kepadanya sebahagian siksa yang pedih.” (QS. al-Hajj: 25)

Jelas bahwa di bulan ramadhan ialah waktunya untuk mencari ketenangan dalam melakukan ibadah, jika ia melakuan tindak kejahatan seperti teroris yang melakukan bom maka tempatnya langsung berada di neraka.

8. Berbuat Jahat di Mekkah dan Madinah

“Madinah adalah tanah haram, dengan batas antara bukit Ir sampai bukit itu. Siapa yang berbuat kriminal di sana atau melindungi pelaku kriminal, maka dia akan mendapat laknat Allah, para Malaikat, dan seluruh manusia. Tidak diterima amal sunah maupun amal wajibnya.” (HR. Ahmad 1049 dan Bukhari 1870)

Biasanya apabila bulan Ramadhan tiba, terkadang ada umat Islam yang umrah untuk menjalankan sunnah Rasul dan untuk menambah pahala di bulan ramadhan, jika ada orang yang dengan sengaja berbuat kerusakan atau keonaran di sana hingga merugikan baik dirinya sendiri maupun orang lain maka ia terkena dosa yang besar karena merusak tempat suci.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

9. Puasa Tanpa Sholat Wajib

Berpuasa di bulan Ramadhan tanpa sholat wajib hukumnya jelas salah. Ia sama sekali tidak melakukan ibadah puasa yang artinya amal puasa yang dilakukannya adalah percuma, sebab itu tetap wajib melaksanakan seluruh kewajiban umat Islam untuk mencapai pahala Ramadhan.

Itulah hal-hal yang dilarang selama bulan Ramadhan, semoga kita bisa menjauhi diri dari hal itu selama berpuasa Ramadhan ya!