1
Kuliner

Kita Patut Bersyukur, Ini Hikmah Diharamkannya Alkohol

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Salah satu minuman yang diharamkan Allah adalah alkohol, atau “khamr” dalam bahasa Arab. Minuman ini memiliki efek memabukkan, sehingga peminumnya tidak sadar dengan apa yang dilakukannya. Berikut akan dijelaskan lebih lengkap soal hikmah dari minuman alkohol yang haram.

Umroh.com merangkum, secara bahasa, ‘khamr’ berarti ‘menutupi’. Ini mencerminkan dampak dari minuman beralkohol. Tak heran, khamr juga disebut dengan minuman yang memabukkan. 

Di zaman Rasulullah, khamr merupakan minuman yang terbuat dari anggur, lalu difermentasikan sehingga memiliki kandungan alkohol yang tinggi. Jika dikonsumsi, khamr akan membuat peminumnya mabuk dan hilang kesadaran.  

Baca juga: Ternyata Ini Pengertian Minuman Halal Sesungguhnya

Ketika Islam hadir lewat Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam, minuman yang memabukkan ini diharamkan untuk diminum. Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Ibnu Umar ra, Rasulullah bersabda, “Segala hal yang memabukkan adalah khamr dan setiap khamr adalah haram”.

Hikmah Khamr Diharamkan​  

Bukan tanpa alasan Islam mengharamkan minuman keras atau khamr. Memang ilmuwan barat menyatakan bahwa minuman beralkohol memiliki dampak positif bagi kesehatan. Tetapi dampak negatifnya lebih banyak dan merugikan.  

1. Merusak Keharmonisan Masyarakat

Menurut para ulama, orang yang mengkonsumsi minuman beralkohol akan tampak seperti orang tidak berakal. Karena menghilangkan akal, minuman beralkohol juga bisa merusak hubungan dan mengakibatkan pertikaian di masyarakat.  

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Orang-orang yang tidak sadar dengan apa yang dilakukannya bisa memicu perkelahian yang akhirnya merusak tatanan di masyarakat. Allah berfirman dalam surat Al Maidah ayat 91, “Sesungguhnya setan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamr dan berjudi”. 

webinar umroh.com

Ada banyak tindakan tidak terpuji yang bisa diakibatkan dari mengkonsumsi minuman beralkohol. Misalnya zina, perbuatan zalim, dan aniaya. Inilah sebabnya minuman beralkohol disebut sebagai sumber kemaksiatan dan keburukan. Hilangnya akal bisa membuat seseorang mudah melakukan perbuatan tercela.

2. Merusak Hubungan Seseorang dengan Allah 

Tim umroh.com memaparkan, selain merusak akal dan hubungan antarmanusia, khamr juga bisa merusak hubungan seseorang dengan Allah. Orang yang terlanjur mabuk dan rusak akalnya akan lalai dari berdzikir, hingga terhalang dari menunaikan ibadah shalat wajib.  

Allah berfirman dalam surat Al Maidah ayat 91, “(karena itu) menghalangi kamu dari mengingat Allah dan shalat; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu)”. 

Selain itu, minum minuman beralkohol dapat membuat amalan dan doa seseorang tertolak. Seseorang yang minum khamr tidak akan diterima doa atau shalatnya selama 40 hari. Ada juga resiko iman akan tercabut saat meninggal karena terlalu bergantung kepada khamr. 

Buruknya dampak minuman beralkohol membuat orang yang meminumnya mendapat hukuman keras dari Allah. Mereka yang mengkonsumsi minuman beralkohol diancam hukuman cambuk sebanyak 80 kali di dunia. Apabila hukuman ini tidak diterima di dunia, maka akan diberikan ketika di akhirat. Bahkan kelak, alat untuk mencambuk orang yang gemar minum minuman beralkohol adalah tali besi yang telah dipanaskan dalam neraka. 

3. Berbahaya bagi Kesehatan Organ Vital dan Mental 

Hikmah diharamkannya alkohol juga bisa kita lihat dari banyaknya dampak negatif yang diakibatkan oleh alkohol dari segi kesehatan. Khamr mengandung etanol yang memiliki efek memabukkan. Senyawa ini bisa dihasilkan dari fermentasi pada makanan dengan karbohidrat tinggi, seperti anggur atau beras.  

Senyawa alkohol tersebut merupakan senyawa psikoaktif yang sangat populer di dunia, serta bisa mempengaruhi suasana hati dan mental seseorang. Alkohol bisa membuat seseorang kehilangan kesadaran diri sehingga mendorong orang yang mengkonsumsinya bertindak di luar batas. Seringkali orang yang mengkonsumsi alkohol melakukan perbuatan yang akan disesalinya.

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda cuma di umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

4. Merusak Organ Hati 

Konsumsi alkohol yang berlebihan akan berdampak negatif bagi organ hati seseorang. Hati adalah organ vital yang bertugas menetralisir racun di dalam tubuh. Mengkonsumsi alkohol membuat kerja organ hati menjadi lebih berat, sehingga hati berisiko mengalami kerusakan. 

Rusaknya organ hati akibat efek negatif alkohol akan membuat seseorang terkena penyakit liver karena alkohol atau yang juga disebut alcoholic liver diseases. Beberapa macam penyakit pada organ hati yang disebabkan karena alkohol antara lain menumpuknya lemak di organ hati (fatty liver), serta terjadinya inflamasi pada organ hati atau sirosis hati. 

5. Merusak Otak 

Alkohol juga memberikan efek negatif bagi otak seseorang. Etanol di dalam minuman beralkohol akan mengakibatkan berkurangnya komunikasi antara sel-sel di dalam otak. Efek jangka pendeknya adalah mabuk, pingsan tidak bisa mengingat apa-apa selama mabuk (blackout). Selain itu, efek jangka panjang alkohol bagi otak adalah adanya perubahan permanen pada otak, yang mengakibatkan rusaknya fungsi otak. 

Otak merupakan organ vital yang sangat sensitif terhadap adanya kerusakan. Karenanya konsumsi alkohol yang berlebihan bisa membuat seseorang berisiko mengalami kepikunan dini, atau mengkerut dan menurunnya volume otak di usia muda. Bahkan rusaknya otak akibat alkohol bisa menyebabkan seseorang tidak mampu menjalankan aktivitas sehari-hari sehingga harus bergantung kepada orang lain. 

6. Mengakibatkan Obesitas dan Diabetes 

Minuman beralkohol juga dikenal memiliki banyak kalori, sehingga mengkonsumsinya terlalu banyak akan membuat seseorang berisiko terkena obesitas. Selanjutnya, tingginya kadar gula dalam darah akan membuat seseorang menderita penyakit diabetes tipe dua.  

7. Meningkatkan Resiko Kanker 

Penyakit lainnya yang bisa disebabkan karena konsumsi alkohol berlebihan adalah penyakit kanker. Banyaknya konsumsi alkohol bisa meningkatkan resiko penyakit kanker.  

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

8. Merusak Mental 

Selain dampak negatif bagi organ manusia, alkohol juga akan berdampak negatif bagi mental seseorang. Konsumsi alkohol yang berlebihan sering menuntun seseorang pada penyakit depresi. Semakin banyak konsumsi alkohol, maka resiko menderita depresi semakin tinggi.

Banyak orang mengkonsumsi alkohol agar perasaan sedih dan gelisahnya hilang. Namun meskipun perasaan gelisah telah hilang dalam jangka waktu singkat, ada efek jangka panjang yang harus ditanggung, yaitu berkurangnya kondisi kesehatan mental. Sehingga menyebabkan depresi atau gangguan kecemasan.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.