Travel

Hotel Ramah Durian Ini Tidak Melarang Tamunya Membawa Durian

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Apakah Anda menyukai durian? Durian memang menjadi buah yang disukai atau dibenci. Ada orang yang benar-benar menyukainya, namun tidak sedikit pula yang membencinya. Durian memang dikenal dengan aromanya yang tajam. Buah yang dikenal sebagai rajanya buah ini juga banyak dijual di Indonesia.

Karena durian merupakan buah tropis, tidak banyak wisatawan mancanegara yang terbiasa dengan durian. Kebanyakan mereka kurang suka dengan aroma durian yang dianggap seperti aroma busuk. Inilah yang menyebabkan banyak hotel-hotel melarang tamunya membawa durian ke dalam hotel. Kondisi inilah yang membuat salah satu hotel di Malaysia terinspirasi untuk membuat Hotel Ramah Durian.

Hotel Ramah Durian Pertama di Malaysia

Hotel Ramah Durian tersebut bisa dijumpai di daerah pintu masuk Kuala Lumpur. Jaraknya sekitar satu jam dari pusat kota Kuala Lumpur. Hotel yang bernama Bangi Golf Resort ini merupakan Hotel Ramah Durian pertama di Malaysia.

Selain menyediakan penginapan, Bangi Golf Resort juga menyediakan fasilitas golf, serta perkebunan. Kepada Arab News, Tan Ban Kaet, direktur Resort, menjelaskan bahwa memang ada banyak hotel yang melarang durian. Ketika memasuki kawasan hotel, biasanya banyak wisatawan yang membaca tanda ‘durian tidak diperbolehkan masuk’ atau ‘area terlarang bagi durian’.

Zona Ramah Durian, Khusus bagi Tamu yang Ingin Menikmati Durian

Itulah yang membuat resort tersebut memberikan pengumuman kepada para tamunya bahwa ‘durian diizinkan di zona ramah durian’. Jadi, memang ada area dalam Bangi Golf Resort yang ditujukan khusus bagi tamu-tamu yang ingin menikmati durian. Di dalam Bangi Golf Resort, ada area yang memang ditujukan bagi para pengunjung yang ingin membeli, memakan dan membawa durian.

Zona Ramah Durian tersebut memang diciptakan khusus oleh pihak Resort. Tan menambahkan, bahwa pihaknya merupakan yang pertama kali menerapkan kebijakan tersebut di Malaysia. Memang banyak hotel di Malaysia yang melarang tamunya membawa durian untuk memperhatikan kenyamanan tamu lain.

Ada Kebun Durian di Dalamnya

Bangi Golf Resort membuat kebijakan tersebut karena memang di dalamnya ada kebun durian. Selain itu Bangi Golf Resort juga setiap tahun mengadakan festival durian. Bahkan, resort tersebut ke depannya akan mendirikan Durian Research Center. Tan berharap Pusat Penelitian Durian, yang saat ini sedang dalam masa pembangunan ini, bisa menjadi lembaga yang akan membantu menghasilkan jenis-jenis durian terbaik, seperti Super Musang King.

Musang King memang telah lama dikenal sebagai durian premium karena memiliki rasa yang seimbang, serta tekstur yang lembut dan manis. Biasanya, durian Musang King banyak diekspor ke luar negeri.

Durian memang memiliki tempat spesial di hati orang-orang Malaysia, dan dianggap sebagai harta nasional di sana. Mengembangkan ekosistem agrowisata merupakan tujuan jangka panjang Bangi Golf Resort. Tujuannya untuk menciptakan platform bagi pengembangan dan penelitian durian. Zona Ramah Durian juga merupakan bentuk perwujudan Bangi Golf Resort sebagai platform agrikultur di Malaysia.