1
Muslim Lifestyle

Yuk Kenali Hukum Pacaran dalam Islam!

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Kebiasaan kehidupan sehari-hari generasi muda, tak lepas dari yang namanya interaksi langsung atau hubungan dengan lawan jenis, baik di lingkungan rumah, sekolah, kuliah, kantor atau dimanapun dan kapanpun. Menjalin hubungan dengan lawan jenis yang bukan mukhrimnya banyak bentuknya seperti pertemanan, persahabatan, rekan kerja, atasan-bawahan dan lain sebagainya. Akibatnya bentuk hubungan itu akan mengalami interaksi langsung dan pertemuan yang semakin sering. Sehingga dari seringnya berinteraksi pertemuan yang bukan mukrim itu akan menimbulkan rasa kasih sayang satu-sama lain yang berpotensi mengakibatkan terjalinnya hubungan kedekatan yang lebih dari sekedar pertemanan atau yang lumrah disebut dengan pacaran. Lalu apa hukum pacaran itu sendiri?

Baca juga: Inilah 5 Hal yang Dilarang saat Pacaran dalam Islam

Apa Itu Pacaran?

Umroh.com merangkum, pacaran adalah suatu proses perkenalan antara dua insan manusia yang biasanya berada dalam rangkaian tahap pencarian kecocokan menuju kehidupan berkeluarga yang dikenal dengan pernikahan. 

Menurut kamus besar bahasa Indonesia pacar adalah kekasih atau teman lawan jenis yang tetap dan mempunyai hubungan batin berdasarkan cinta-kasih. Berpacaran adalah bercinta, berkasih-kasihan. Memacari adalah mengencani; menjadikan dia sebagai pacar.

Dikalangan remaja sekarang ini, pacaran menjadi identitas yang sangat dibanggakan. Biasanya seorang remaja akan bangga dan percaya diri jika sudah memiliki pacar. Sebaliknya remaja yang belum memiliki pacar dianggap kurang gaul. Karena itu, mencari pacar di kalangan remaja tidak saja menjadi kebutuhan biologis tetapi juga merupakan kebutuhan sosiologis, terutama dalam dunia pergaulannya. Namun, yang menjadi masalah saat ini adalah cara dan isi dalam pacaran tersebut. Secara umum yang kita ketahui bahwa pacaran itu identik dengan hal-hal yang negatif yang tidak dibenarkan oleh Islam, mengapa demikian? Karena seperti yang banyak kita jumpai, ketika sudah pacaran, mereka tidak mempunyai batas-batas zahir dan batin yang sudah jelas akan menimbulkan fitnah dan mendekati zina.

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya cuma di sini sekarang juga!

Hukum Pacaran dalam Islam

Zaman sekarang seringkali kita jumpai perempuan dan laki – laki baik remaja maupun yang sudah berumur sering sekali bergandengan tangan dengan pacarnya. Begitulah nyatanya keadaan kebanyakan manusia saat ini, kecuali memang yang Allah swt jaga dengan rahmatNya.

Hal ini tidak mengheran karena memang wanita adalah ujian umat ini.

 “Cobaan yang paling berbahaya terhadap para lelaki sepeninggalanku adalah wanita.” (HR. Al-Bukhari no. 5096 dan Muslim no. 2740, 2741)

webinar umroh.com

Zaman sekarang budaya pacaran menjadi salah satu budaya yang melekat dan bisa dibilang sudah menjadi keharusan untuk dijalani bagi yang meyakini nya. Tuntutan dari berbagai pihak, pengaruh berbagai pihak, dan tekanan dalam diri lah yang membuat budaya pacaran ini sulit untuk ditinggalakan para pecandunya. Padahal perlu kita ketahui bersama, hukum pacaran dalam islam merupakan hal yang terlarang dan haram. Karena sejatinya Allah swt telah melarang umatnya untuk mendekati zina. 

Allah swt membuat perintah bukan serta merta hanya sekedar larangan tak berarti, namun banyak pula hikmah yang bisa kita dapat jika kita dapat senantiasa mengikuti perintah Allah swt.  Pacaran adalah pintu yang sangat dekat dengan perzinaan.

Efek atau mudarat dari pacaran ini pun telah banyak diketahui seluruh manusia yang menjalaninya. Bahkan sering ada pernikahan yang terjadi karena hamil di luar nikah. Namun sayang banyaknya manusia yang tak menghiraukan larangan tersebut dan banyaknya pula orang tua yang membiarkan anaknya pacaran, atau bahkan ada yang malah meganjurkan, membuat hukum haram yang ditetapkan dalam islam pun tak dihiraukan lagi.  Padahal Allah swt telah jelas berfirman dalam QS Al Israa ayat 32, yang artinya :

 “dan janganlah kamu mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al-Israa: 32).

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda cuma di umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

Hubungan Laki-laki dan Wanita yang Diajarkan dalam Islam

Islam memandang lelaki dan wanita sama dalam penciptaan dan kemuliaannya, namun berbeda dalam fungsi dan penempatannya. Islam memberikan porsi khusus kepada wanita yang tidak diberikan kepada lelaki, sebaliknya Islam juga memberikan porsi khusus kepada lelaki yang tidak diberikan kepada wanita. Wanita dan lelaki berbeda secara fungsi dan penempatan, karena itulah aktivitas lelaki dan wanita tidak disamakan, namun terpisah secara asalnya. 

Dalam kehidupan Islam sebagaimana yang dapat kita baca dalam sejarah Rasulullah saw, aktivitas kaum lelaki dan wanita itu terpisah, kecuali dalam beberapa aktivitas khusus yang diperbolehkan syariat. Misalnya, Islam menggariskan bahwa perempuan harus menutup aurat di hadapan lelaki yang bukan mahramnya, memerintahkan perempuan untuk menundukkan pandangan dan menjaga kehormatan dan kemuliaannya di hadapan lelaki. Wanita tidak boleh melakukan tabbaruj yang dapat menggoda lelaki. 

Menurut Ibnu Manzhur, tabbaruj itu sebagai wanita yang memamerkan keindahan dan perhiasan kepada lelaki. Tabbaruj adalah segala perbuatan (pakaian, riasan, atau tingkah) wanita yang menarik perhatian lelaki, baik diniatkan ataupun tidak. Bahkan dalam beberapa pendapat, tidak melakukan tabbaruj, salah-satunya adalah tidak melewati kerumunan lelaki dengan bertingkah menggoda. 

Tim umroh.com memaparkan, Islam juga mewajibkan wanita berpergian dengan mahram, tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang mengundang fitnah bagi dirinya semisal berkhalwat dengan lelaki yang bukan mahram. Islam pun memberikan batasan bagi muslim secara umum untuk meminta izin dan memberikan salam sebelum memasuki rumah yang bukan rumahnya. Sehingga wanita di dalam rumah yang tidak menutup aurat bisa mempersiapkan diri sebelum menerima tamu. Pemisahan ini bukan ditujukan untuk mengekang dan menyusahkan, tetapi menjaga kehormatan dan kemuliaan wanita itu sendiri, menjaga masa depannya agar penuh dengan kebaikan. 

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com sekarang juga!

Islam mengharamkan aktivitas interaksi antara lelaki dan wanita yang tidak berkepentingan syar’i, seperti jalan-jalan bersama, pergi bareng ke masjid atau kajian Islam, bertamasya, nonton bioskop dan sebagainya. Aktivitas ini adalah pintu menuju zinah dan fitnah yang sejatinya sangat tidak disukai oleh Allah swt.