1
Muslim Lifestyle

Peran Orangtua Terhadap Anaknya yang Pacaran

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Karunia berupa seorang anak dari Allah swt merupakan anugerah yang sangat besar bagi orangtua. Kehadiran anak di tengah tengah keluarga selalu dinanti nantikan oleh setiap pasangan yang telah menikah. Sebagai orangtua, sudah sepatutnya kita memahami dan menyadari arti atau makna dari keberadaan anak tersebut. Selain merupakan anugrah anak juga merupakan amanah yang dititipkan oleh Allah swt untuk di jaga dan di didik sebagaimana dengan ajaran islam karena orangtua akan dimintai pertanggungjawabannya atas amanah tersebut di akhirat kelak. Lalu apa peran orangtua terhadap anaknya yang pacaran?

Umroh.com merangkum, dalam masa pertumbuhan anak, masa remaja merupakan masa peralihan atau transisi dari masa anak-anak ke masa dewasa.Tugas perkembangan masa remaja yang harus dikuasai salah satunya adalah menjalin hubungan baru dengan lawan jenis secara lebih matang. Pada masa ini remaja memiliki tingkat minat yang lebih tinggi terhadap lawan jenis, mulai memiliki perhatian, perasaan senang dan tertarik dengan lawan jenisnya yang ditunjukkan dengan munculnya cinta erotik pada remaja. 

Baca juga: Yuk Kenali Hukum Pacaran dalam Islam!

Di zaman sekarang tak sedikit orangtua yang khawatir atau cemas saat anaknya belum mempunyai pacar. Banyak pula orangtua yang menganggap bahwa pacaran itu adalah hak asasi setiap anak. Padahal islam, Allah swt sudah mengatur dan menjelaskan mengenai ketentuan – ketentuan yang wajib di laksanakan ataupun yang ditinggalkan. Termasuk tanggung jawab orangtua dalam hal mendidik anak untuk senantiasa menahan perbuatan yang menjerumus dalam perzinahan.

Teladan dalam Mendidik Anak Ala Rasulullah SAW

Ada beberapa hal yang disampaikan oleh baginda Rasulullah harus kita jadikan contoh ataupun teladan dalam mendidik anak, apalagi munculnya ilmu-ilmu teknologi yang dapat merusak masa depan anak-anak, terutama merusak agama, bangsa, Negara maupun masa depan anak itu sendiri. Oleh karena itu, salah satu cara untuk memperbaiki akhlak anak-anak, agamanya maupun masa depannya, kita sebagai orangtua harus merujuk kembali, kepada apa yang telah diajarkan oleh baginda Rasulullah seperti :

  • Rasulullah senang bermain-main (menghibur) dengan anak-anak dan kadang-kadang beliau memangku mereka. 
  • Membekali Tauhid/Aqidah Yang Mantap
  • Medidik Agar Berbakti Kepada Kedua Orangtua.
  • Mendidik Agar Berakhlakul karimah
  • Menjaga kesehatan dan keamanan lingkungan.
  • Memberikan Dasar Hubungan Harmonis dengan Allah SWT (Habbuminnallah).
  • Memberikan dasar hubungan yang harmonis dengan orang-orang di sekelilingnya
  • Memberikan dasar yang kuat guna menghadapi tantangan jaman

Mau dapat tabungan umroh hingga jutaan rupiah? Yuk download aplikasinya di sini sekarang juga!

Hadis Pasal Peran serta Tanggungjawab Orangtua Kepada Prilaku Anak

Peran orangtua sangat menentukan baik-buruk serta utuh-tidaknya kepribadian anak. Untuk itu orangtua pasti akan dimintai pertanggung jawaban di hadapan Allah swt kelak di akhirat tentang anak-anaknya.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Tiada seorangpun yang dilahirkan kecuali dilahirkan pada fithrah (Islam)nya. Kedua orangtuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Nasrani atau Majusi.” [HR. al-Bukhâri dan Muslim]

webinar umroh.com

Berdasarkan pemaparan tim umroh.com, hadits ini menunjukkan bahwa orangtua sangat menentukan shaleh-tidaknya seorang anak. Sebab pada asalnya setiap anak berada pada fitrah Islam dan imannya; sampai kemudian datanglah pengaruh-pengaruh luar, termasuk benar-tidaknya orangtua mendidik mereka.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

“Setiap engkau adalah pemelihara, dan setiap engkau akan dimintai pertanggung jawaban mengenai apa yang menjadi tanggung jawab pemeliharaannya: Seorang pemimpin adalah pemelihara, ia akan dimintai pertanggung jawaban mengenai apa yang menjadi tanggung jawab pemeliharaannya. Seorang laki-laki juga pemelihara dalam keluarganya, ia akan dimintai pertanggung jawaban mengenai apa yang menjadi tanggung jawab pemeliharaannya. Dan seorang perempuan adalah pemelihara dalam rumah suaminya, ia akan dimintai pertanggung jawaban mengenai apa yang menjadi tanggung jawab pemeliharaannya.” [HR. al-Bukhâri]

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Kedua orangtua saat hidupnya wajib mendidik anak mereka dengan baik. Orangtua wajib memahamkan ajaran sesuai dengan syariat islam kepada anak-anaknya dan menanamkan akhlak mulia pada diri mereka. Jika mereka melalaikan tanggungjawab ini maka mereka akan mendapat dosa atas maksiat anaknya karena kelalaiannya.

Allah swt  berfirman,

 “Wahai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka, yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu.” (QS. Al-Tahrim : 6)

Maka dari itu orangtua bertanggung jawab penuh terhadap apa yang dilakukan anak-anaknya. Karena itu hendaknya setiap orangtua memperhatikan sepenuhnya perkembangan serta masa depan anak-anaknya, tidak hanya fokus pada kesuksesan dunia saja melainkan kesuksesan hingga akhirat kelak agar keduanya terselamatkan dari siksa api neraka.

Harga pas di kantong, yuk pilih paket umroh Anda di umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]