1
Haji

Ibadah Sunnah yang Bisa Dilakukan Saat Perayaan Idul Adha

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Hari Raya Idul Adha atau Idul Qurban tak lama lagi akan segera tiba. Bagi Anda yang akan merayakan Hari Raya Idul Adha, sebagai umat muslim yang taat dan menjalankan perintah kepada Allah SWT tentunya ada serangkaian amalan-amalan sunnah yang bisa dilakukan agar ibadah menjadi lebih sempurna.

Bagi umat Islam yang mampu, salah satu ibadah yang bisa dilakukan adalah menunaikan haji sesuai dengan rukun Islam yang kelima. Namun bagi yang tidak menunaikan ibadah haji Anda dapat menjalankan ibadah sunnah lain nya. Seperti menjelang Idul Adha Anda dapat melaksanakan beberapa puasa sunnah di bulan dzulhijjah, melaksanakan sholat Idul Adha, dan menyembelih hewan kurban.

Berikut ini ibadah sunnah yang bisa dilakukan dalam perayaan Idul Adha:

1. Puasa Arafah

Bagi umat muslim yang tidak melaksanakan ibadah haji sangat dianjurkan untuk menjalankan ibadah puasa arafah yang dapat dilakukan pada 9 dzulhijjah atau tanggal 10 agustus 2019. Hukum menjalankan puasa arafah ialah sunnah muakkad yang artinya sangat dianjurkan untuk dilakukan.

Adapun Keutamaan dalam menjalankan puasa arafah ialah sebagai penghapus dosa tahun lalu dan dijaga nya untuk tidak berbuat dosa atau maksiat ditahun yang akan datang.

Abu Qatadah al-Anshar juga menyebutkan dalam hadist nya keutamaan jika menjalankan puasa arafah yaitu “Dan Rasulullah saw ditanya tentang berpuasa arafah. Maka baginda bersabda, ‘ ia menebus dosa setahun yang telah lalu dan setahun yang akan datang’. “ (HR Imam Muslim )

Keutamaan lain dalam menjalankan ibadah puasa arafah yaitu Allah akan dengan senang hati melipat gandakan pahala kita. Nah, bagi Anda yang akan melaksanakan ibadah puasa arafah inilah niat yang harus dibaca sebelum memulai berpuasa, Nawaitu Shouma ‘arofata sunnatan lilaahi ta’aalaa yang artinya saya berniat menjalankan puasa sunnah arafah karena Allah Ta’ala.

Baca Juga: Syarat, Hukum, Rukun, Tata Cara Sholat Idul Adha

2. Puasa tarwiyah

Selain menjalankan puasa arafah, puasa tarwiyah juga merupakan salah satu ibadah sunnah muakkad yang dilaksanakan menjelang Hari Raya Idul Adha yaitu pada tanggal 8 dzulhijjah atau tanggal 9 agustus 2019.

webinar umroh.com

Jika Anda menjalankan ibadah puasa sunnah tarwiyah maka insyaAllah akan dihapuskannya dosa Anda yang telah lalu, dilipat gandakan amal ibadahnya serta diberi keberkahan hidup oleh Allah SWT.

Apabila Anda akan melaksanakan ibadah puasa sunnah tarwiyah ada baiknya Anda membaca niat puasa sunnah tarwiyah sebagai berikut, Nawaitu Shouma tarwiyata sunnatan lilaahi ta’aalaa yang artinya saya berniat menjalankan puasa sunnah tarwiyah karena Allah Ta’ala

3. Melaksanakan sholat Idul Adha

Saat umat Islam akan melaksanakan Hari Raya Idul Adha, tentunya setiap umat muslim diharuskan untuk mengikuti sholat Idul Adha secara berjamaah bagi yang tidak berhalangan untuk mengikutinya.

Hukum menjalankan sholat Idul Adha ialah sunnah muakkad sehingga sangat dianjurkan sekali untuk mengikutinya. Dalam melaksanakan sholat Idul Adha tentunya ada beberapa ketentuan penting yang harus Anda laksanakan.

Salah satunya ialah tidak diperkenankan makan terlebih dahulu sebelum kembali atau menyelesaikan sholat di masjid.

Berbeda dengan hal nya hari Raya Idul Fitri umat Islam disunnahkan untuk makan terlebih dahulu sebelum sholat. Sepe rti yang tertulis dalam hadits berikut ini:

عن بريدة رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لا يخرج يوم الفطر حتى يطعم ويوم النحر لا يأكل حتي يرجع

Artinya: “Diriwayatkan dari Sahabat Buraidah RA, bahwa Nabi SAW tidak keluar pada hari raya Idul Fitri sampai beliau makan, dan pada Hari Raya Idul Adha sehingga beliau kembali ke rumah.

Baca Juga: Pengertian, Hukum, Syarat, Wajib dan Rukun Haji

4. Menyembelih hewan qurban

Selain menjalankan sholat Idul Adha, ibadah sunnah lain yang bisa Anda amalkan ialah berkurban. Hewan yang dikurbankan disini ialah hewan-hewan ternak seperti sapi, kambing, domba dan unta.

Hukum pada saat berkurban ialah sunnah muakkad jadi sangat dianjurkan bagi Anda yang memiliki sebagian harta atau berkecukupan untuk menyisihkan harta nya agar bisa membeli hewan kurban dan membahagiakan atau berbagi kebahagiaan sesama manusia

Demikian beberapa ibadah sunnah yang bisa Anda lakukan untuk menyambut dan bergembira datangnya Hari Raya Idul Adha.

Semoga kita semua termasuk ke dalam golongan orang yang senantiasa menjalankan perintah yang Allah SWT berikan baik itu wajib maupun sunnah.