1
Muslim Lifestyle

5 Tips Menabung untuk Qurban

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sebentar lagi umat muslim diseluruh dunia akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Dimana setiap umat Islam disunnah kan bagi yang mampu untuk berqurban baik itu kambing, domba maupun sapi.

Meskipun besifat sunnah, namun ini adalah salah satu perbuatan yang sangat di senangi Allah SWT, maka dari itu Allah SWT memerintahkan umatnya yang mampu untuk senantiasa bequrban.

Setiap umat muslim di dunia baik itu dari golongan apapun tentunya ingin sekali menjalankan ibadah qurban, namun mahal nya harga hewan qurban membuat sebagian dari kaum muslim tidak bisa menjalankan ibadah ini.

Padahal hal itu tidak akan pernah menjadi penghalang saat Anda sudah berniat untuk melaksanakan qurban. Meskipun penghasilan Anda pas-pasan jika Anda sudah berkomitmen kuat insyaAllah hal tersebut bisa Anda wujudkan.

Maka dari itu Agar tahun depan Anda bisa berqurban, yuk intip beberapa tipsnya supaya Anda bisa berqurban di tahun depan:

1. Niat dalam hati untuk berqurban

Sebelum Anda membicarakan lebih panjang lagi mengenai biaya qurban, menabung, arisan qurban dan lainnya, sebaiknya Anda tanamkan dahulu niat dalam hati Anda tulus untuk berqurban semata ibadah karena Allah SWT.

Jika niat Anda sudah bulat untuk berqurban, insyaAllah akan terasa mudah dan ikhlas bagi Anda untuk menyisihkan uang. Apabila niat Anda masih goyah, maka sudah dipastikan tahun depan dan tahun berikutnya pun Anda akan gagal lagi dalam melaksanakan qurban.

webinar umroh.com

Baca Lagi: Ini 5 Wadah Ramah Lingkungan yang Bisa Digunakan untuk Daging Qurban

2. Menabung setiap bulannya

Menabung merupakan cara yang lazim dilakukan oleh sebagian banyak orang yang ingin mewujudkan atau menginginkan sesuatu, termasuk keinginan dalam bequrban.

Cara efektif untuk menabung qurban sebaiknya Anda survei terlebih dahulu harga pasaran hewan qurban yang ingin Anda beli.

Untuk tahun 2019 ini kisaran harga kambing mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 3,5 juta, harga domba kisaran Rp 3 juta hingga Rp 4 juta, dan untuk harga sapi kisaran Rp 18 juta hingga 27 juta.

Setelah Anda mengetahui harga pasaran nya, barulah Anda bisa mulai menghitung kisaran pengeluaran perbulan yang harus Anda keluarkan untuk mulai menabung qurban.

Menabung Qurban
Menabung Qurban

3. Atur prioritas Anda

Saat Anda sudah memiliki tekad dan niat yang kuat untuk berqurban itu artinya Anda sudah harus mulai mengatur hal-hal apa saja yang harus Anda prioritaskan. Cobalah untuk membedakan antara kebutuhan dengan keinginan supaya keuangan Anda terkondisikan dengan baik.

Baca Lagi: Keutamaan-keutamaan Qurban

4. Mengikuti arisan qurban

Arisan qurban saat ini menjadi alternatif yang sangat efektif ketika Anda ingin berqurban setiap tahunnya.

Sebelum Anda memutuskan untuk mengikuti arisan qurban, ada baiknya Anda cek dan teliti terlebih dahulu mulai dari cara pembayaran, jumlah peserta, jumlah uang yang dikeluarkan, jangka waktu dan hal lainnya yang menyangkut kegiatan berqurban.

Tujuan dari dilakukannya pengecekan dan ketelitian Anda adalah guna mengantisipasi adanya tindakpenipuan dari oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga merugikan banyak pihak.

5. Membeli hewan qurban secara kolektif

Jika Anda berencana untuk berqurban sapi, apabila Anda tidak mampu untuk membeli satu ekor sapi perseorangan Anda bisa membeli dengan cara kolektif. Untuk jumlah orang yang ditentukan dalam kolektif satu ekor sapi ini hanya tujuh orang saja.