1
Kecantikan Kesehatan

Ingin Rambut Lebih Berkilau dan Sehat? Gunakan Bahan Alami Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Castor Oil atau minyak jarak adalah minyak yang dibuat dari biji pohon jarak. Pohon jarak sendiri merupakan tanaman berdaun lebar yang berasal dari Afrika. Pohon jarak menyebar lewat perdagangan laut ke India hingga Nusantara.

Pohon jarak digunakan sebagai obat sejak zaman dahulu. Dalam sistem pengobatan tradisional India, atau yang biasa disebut Ayurveda, banyak pengobatan yang menggunakan pohon jarak sebagai bahan bakunya. Castor oil memang telah lama dikenal khasiatnya untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan iritasi kulit.

Biji pohon jarak sendiri memiliki kandungan minyak hingga 50%. Biji pohon jarak kemudian mulai dimanfaatkan dan diambil minyaknya. Minyak jarak atau castor oil kemudian banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk membuat sabun dan produk perawatan kulit lainnya.

Penggunaan Castor Oil sebagai bahan perawatan tubuh bukan tanpa alasan. Minyak tersebut memiliki kandungan anti bakteri dan anti jamur. Selain itu, castor oil juga mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh, seperti vitamin E, mineral, dan protein. Bahan-bahan tersebut adalah senyawa penting dalam merawat kecantikan rambut.

Lebih lengkapnya, di bawah ini adalah manfaat dari Castor Oil bagi rambut.

– Mengatasi Rambut Rontok

Castor oil memiliki kemampuan yang baik untuk merawat rambut rontok. Untuk mendapatkan manfaatnya, pijatkan castor oil pada kulit kepala, lalu pijat-pijat hingga lembut. Diamkan selama 1,5 jam, lalu bilas hingga bersih dengan shampo.

– Menebalkan Rambut

webinar umroh.com

Selain dipercaya mengatasi rambut rontok, Castor Oil juga bisa digunakan untuk menstimulasi pertumbuhan rambut. Jika ingin menggunakan Castor Oil untuk menebalkan rambut, oleskan pada rambut. Kita bisa mencampurkan Castor Oil dengan minyak kelapa agar konsistensinya lebih ringan untuk dioleskan pada rambut.

Diamkan Castor Oil pada rambut semalaman. Gunakan penutup kepala agar Castor Oil bisa meresap dengan baik. Keesokan harinya, cuci hingga bersih.

– Mencegah Ketombe

Ketombe pada rambut disebabkan karena kulit kepala yang kurang sehat. Gunakan Castor Oil untuk mendapatkan kulit kepala yang sehat. Pertama-tama, hangatkan minyak castor, lalu celupkan jari-jari pada Castor Oil yang hangat. Gunakan minyak yang ada di jari-jari untuk memijat-mijat kulit kepala.

Kandungan dari Castor Oil dapat mencegah infeksi, serta menutrisi kulit kepala. Kulit kepala juga menjadi lebih bersih dari bakteri dan infeksi jamur yang menyebabkan ketombe.

– Merawat Rambut Rusak

Castor Oil mengandung vitamin E yang kaya. Kandungan tersebut bisa menutrisi sekaligus melembabkan rambut yang kering dan rusak. Gunakan perawatan dengan Castor Oil pada rambut minimal seminggu sekali agar rambut kembali sehat.

– Mengatasi Rambut Bercabang

Rambut yang bercabang bisa diatasi dengan Castor Oil. Kandungan nutrisi yang tinggi pada Castor Oil akan merawat rambut bercabang sehingga kembali sehat dan berkilau. Untuk merawat rambut bercabang, usap-usapkan Castor Oil pada ujung rambut. Castor oil akan menambah kilau pada rambut, sekaligus melembutkan dan merawat rambut yang bercabang.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.