1
Kecantikan Travel

Mau ke Timur Tengah Musim Panas Ini? Perhatikan Langkah untuk Menjaga Kulitmu

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Musim panas juga dirasakan oleh warga di Timur Tengah. Suhu yang lebih tinggi dari biasanya, membuat warga di sana mulai bersiap-siap untuk mencegah dampak negatif dari musim panas.

Suhu yang tinggi bisa membuat seseorang dehidrasi, hingga membuat kulit menjadi kusam. Dilansir dari gulfnews.com, inilah yang harus diperhatikan bagi orang-orang yang berada di Timur Tengah di musim panas ini. Informasi ini juga penting bagi kamu yang dalam waktu dekat akan bepergian ke Dubai, Abu Dhabi, Oman, Arab Saudi, dan sebagainya.

A.S.Sumayya, Dokter Spesialis Dermatologi dari Prime Medical Center, UEA, menjelaskan ada tiga hal yang akan memberikan dampak negatif di musim panas ini. Yaitu paparan sinar matahari, pendingin udara, dan kebiasaan mandi atau berenang yang berlebihan.

Paparan sinar matahari bisa membuat kulit menjadi kusam, kemerahan, dan terkelupas. Pendingin ruangan (AC) yang sering dinyalakan juga akan mengangkat kelembaban kulit, sehingga bisa membuat kulit jadi kaku. Sedangkan kebiasaan mandi atau berenang dengan suhu air yang meningkat (karena musim panas), terlebih jika bercampur dengan chlorine, akan sangat cepat menghilangkan kelembaban alami pada kulit.

Agar kulit tetap terjaga kelembaban dan elastisitasnya, lakukan tiga langkah di bawah ini.

Menjaga Kelembaban Kulit

Gunakan pelembab atau moisturizers untuk menjaga kelembaban kulit. Walaupun memiliki kulit yang cenderung berminyak, tetap gunakan pelembab.

Jika kulitmu menjadi kering dan gatal, pilih produk pelembab yang mengandung minyak, yang akan mengunci cairan pada kulit. Sedangkan bagi pemilik kulit normal, pilih pelembab dengan tekstur krim yang ringan. Bagi yang memiliki kulit berminyak, pilih produk lotion yang lebih ringan.

Menjaga kelembaban kulit juga harus dilakukan dari dalam. Caranya adalah dengan minum banyak air. Konsumsi air lebih banyak untuk menjaga cairan tubuh yang cenderung hilang lewat keringat. Jika bosan dengan air putih, bisa mengkonsumsi buah atau sayur yang mengandung banyak air (seperti semangka, tomat, selada), susu, teh herbal, sup, serta minuman elektrolit.

webinar umroh.com

Lindungi Kulit

Jika memungkinkan, hindari paparan sinar matahari secara langsung. Sedikit sinar matahari bagus untuk pembentukan vitamin D. Sementara terlalu banyak terkena sinar matahari bisa membuat kulit beresiko terkena penyakit, seperti kanker kulit atau melanoma.

Hindari matahari di siang hari. Jika harus beraktivitas di luar ruangan, gunakan payung, atau tutupi wajah dan tubuh, atau menggunakan topi.

Bila perlu, gunakan sunscreen yang mudah meresap pada kulit. Pilihlah produk yang mengandung SPF 30, dan gunakan 20 atau 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Oleskan juga lip balm pada bibir agar tidak pecah-pecah.

Lakukan Eksfoliasi

Lakukan eksfoliasi sebanyak sekali atau dua kali dalam seminggu. Eksfoliasi berguna meluruhkan sel kulit mati, sehingga kulit tidak kusam walaupun banyak terpapar sinar matahari.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.