1
Travel

Ini 8 Layanan yang Akan Diperoleh di Hammam, Pemandian Tradisional Turki

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Salah satu atraksi wisata yang menarik di Turki adalah pemandian air panas tradisional, atau yang biasa disebut Hamam. Hamam di Turki ada yang dibuka untuk umum, dan ada juga yang melayani tamu secara privat. Akan tetapi, jika kamu ingin merasakan nuansa tradisional, cobalah untuk mengunjungi Hamam yang dibuka untuk umum.

Hamam yang dibuka untuk umum memang lebih ramai dan jauh dari kesan eksklusif. Umumnya saat menikmati Hammam, kita akan mendapatkan 8 layanan di bawah ini.

  1. Pemandian Pria dan Wanita Dipisah

Pemandian untuk pria dan wanita akan dipisah. Masing-masing bagian akan mendapatkan layanan yang tidak jauh beda.

  1. Mendapat Handuk Tradisional

Saat berada di pemandian umum Turki atau Hammam, kita diharuskan melepas seluruh pakaian yang dipakai. Apalagi jika kita ingin mendapatkan layanan scrub, mandi busa, atau pijat.

Jangan khawatir, karena pengelola  Hammam akan memberikan handuk tradisional khas Turki atau pestemal. Handuk ini terbuat dari katun dan harus digunakan untuk membungkus badan selama menikmati layanan Hammam.

  1. Ruangan Panas

Di dalam Hammam, ada ruangan yang paling panas yang bernama Sicaklik. Biasanya, ruangan ini terletak di bagian tengah Hammam. Namun sebelum masuk ke ruangan panas, kita diharuskan melakukan pemanasan di ruangan yang bernama Gobek Tasi.  Di ruangan ini, terdapat lantai marmer yang dipanaskan tepat di bawah atap kubah Hammam. Gobek Tasi juga menjadi tempat para pelanggan menikmati layanan scrub.

  1. Nikmati Layanan Eksfoliasi atau Scrub

Saat menggunakan Hammam, kita bisa meminta jasa menggosok badan agar kulit kulit mati terkelupas, atau eksfoliasi. Para petugas di sana akan menggunakan kese atau lap yang diciptakan khusus untuk menggosok. Teksturnya lumayan keras, jadi bersiaplah untuk merasakan sedikit rasa sakit ketika petugas menggosok badan. Kita akan diminta menggunakan pestemal sebagai alas untuk berbaring saat petugas menggosok badan kita.

Jika khawatir petugas akan menggunakan lap yang digunakan juga kepada orang lain, kita bisa membeli alat gosok yang baru di toko-toko sekitar. Mintalah petugas untuk menggunakan alat gosok yang harus kamu beli. Kekurangannya, lap gosok yang baru akan menimbulkan rasa tidak nyaman karena permukaannya masih kasar. Tidak seperti lap gosok yang sudah digunakan lama, sehingga sudah lebih terkikis.

webinar umroh.com
  1. Mandi Busa

Ada pancuran yang bisa digunakan untuk membilas. Pancuran ini terdapat di dinding-dinding di dalam ruangan panas. Gunakan pancuran ini untuk membilas tubuhmu yang habis digosok oleh para petugas di Hamam. Setelah itu, kembalilah ke ruangan pemanasan yang berlantai marmer. Di sana, kamu akan kembali dilayani dengan sabun khusus. Sabun ini bisa menghasilkan banyak busa, sehingga kita serasa sedang mandi busa.

  1. Keramas di Hammam

Bukan hanya badan yang akan dimanjakan saat mengunjungi Hammam. Rambut dan kepala juga akan menerima treatment yang sama. Petugas akan melayani kita untuk membersihkan rambut dengan shampo. Mereka akan memberikan pijatan pada rambut. Setelahnya, kita akan merasakan rambut menjadi lebih lembut dan jatuh, serta tidak kusut.

  1. Nikmati Kolam Dingin

Setelah seluruh badan bersih, dan kita cukup puas menikmati ruangan panas di Hammam, saatnya untuk menceburkan diri di kolam dingin. Kolam ini berfungsi untuk menormalkan kembali suhu tubuh dan menghilangkan keringat.

  1. Menikmati Suguhan dari Pengelola Hammam

Selesai menikmati seluruh rangkaian layanan di Hammam, pengelola akan menyajikan kudapan khas Turki. Biasanya mereka akan menyuguhkan cay (teh ala Turki), serta cemilan, bahkan shisha.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.