1
Muslim Lifestyle

Ini Resep Agar Mudah Bangun Subuh

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Shalat Subuh tepat waktu merupakan ritual penting bagi seorang muslim. Shalat Subuh merupakan kewajiban, dan banyak keutamaan di dalamnya. Menunaikan shalat Subuh sesuai waktunya membuat kita mendapatkan banyak berkah sekaligus banyak manfaat.

Bangun di pagi hari terbukti bisa membuat kita lebih produktif dalam menjalani hari. Orang-orang sukses juga menjadikan bangun sebelum matahari terbit sebagai resep sukses. Sayangnya bagi sebagian orang, bangun pagi tepat waktu subuh terasa sangat sulit dilakukan. Bahkan tidak sedikit yang akhirnya bangun ketika matahari sudah terbit.

Kebiasaan bangun tidur saat matahari sudah terbit sebenarnya tidak baik. Level energi berkurang saat bangun kesiangan, sehingga kita jadi mudah letih, lemas, bahkan pusing. Akhirnya, kita jadi tidak bersemangat kurang produktif. Kunci untuk memperbaikinya adalah dengan membiasakan bangun Subuh. Agar bisa bangun subuh, cobalah ikuti tips bawa ini.

Tidur Lebih Awal

Jika saat ini kita masih memiliki kebiasaan bangun kesiangan, cobalah untuk tidur lebih awal. Idealnya, seseorang memang harus mendapat waktu tidur sebanyak 7 hingga 8 jam. Namun, kebutuhan itu bisa berbeda pada masing-masing orang. Hal yang penting adalah bangun tidur dalam keadaan segar.

Bagi mereka yang terbiasa tidur larut malam, kebiasaan ini memang akan terasa sulit di awal. Namun biasakan diri untuk segera tidur di jam yang telah ditentukan. Lakukan ini setiap hari, agar jam tubuh bisa beradaptasi dan akhirnya kita terbiasa tidur tepat waktu. Dengan begitu, kita jadi lebih mudah bangun subuh.

Segera Wudhu atau Mandi

Bangun pagi terkadang menjadi sebuah perjuangan tersendiri bagi beberapa orang. Rasanya badan masih ingin tidur dan mata masih terasa berat. Tidak jarang kita tergoda untuk tidur lagi, walaupun alarm sudah berbunyi berkali-kali.

Agar mudah bangun subuh, pastikan memasang alarm, lalu hindari menekan tombol snooze atau tunda di alarm handphone. Ketika membuka mata di pagi hari, cobalah langsung bangkit dan menuju kamar mandi untuk berwudhu atau mandi. Saat air mengenai wajah, tangan, dan kaki saat wudhu, kita akan merasa lebih segar. Apalagi jika langsung mandi, tubuh akan terasa lebih siaga.

Minum Air Putih

Minum air putih di pagi hari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain bermanfaat bagi kesehatan, minum air putih begitu bangun tidur membuat kita merasa lebih segar. Ini karena cairan tubuh yang telah hilang saat tidur bisa segera tergantikan, sehingga kita level energi jadi meningkat. Kita jadi merasa lebih bersemangat di pagi hari, serta sistem pencernaan menjadi lebih lancar.

webinar umroh.com

Gerakan Badan

Menggerakan badan bisa meningkatkan level energi pada tubuh. Setelah bangun tidur  kegiatan yang paling baik adalah bergerak. Misalnya dengan shalat Subuh, lalu melakukan kegiatan-kegiatan yang melibatkan banyak gerakan. Seperti berolahraga, atau melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya. Bergerak segera setelah bangun tidur akan membuat kita merasa lebih segar sehingga tidak tergoda tidur lagi.

Berdoa

Sebelum tidur, pastikan kita membaca doa disertai dengan membaca ayat kursi. Doa akan melindungi kita dari gangguan syetan saat tidur, sehingga kita akan lebih mudah bangun Subuh. Berdoa juga agar Allah mengizinkan kita bangun subuh dan sholat tepat waktu.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.