1
Serba-serbi Ramadhan

Inilah 21 Manfaat Timun Suri sebagai Menu Buka Puasa

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com – Saat waktu buka puasa tiba, lebih segar jika kita menikmati timun suri sebagai takjil. Es timun suri merupakan salah satu menu buka puasa yang banyak digemari. Tak heran banyak pedagang timun suri bermunculan di pinggir jalan selama bulan Ramadhan. Pada artikel kali ini, umroh.com akan membahas tentang manfaat timun suri.

Baca juga: 5 Resep Es Timun Suri, Menu Segar untuk Buka Puasa

Apa itu Timun Suri?

Umroh.com merangkum, timun suri adalah buah yang termasuk dalam kelompok labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buah dengan bentuk lonjong ini memiliki kulit berwarna kekuningan dan buahnya berwarna orange muda.

Selain segar untuk dijadikan menu buka puasa, timun suri ternyata memiliki banyak manfaat. Para ahli di bidang kesehatan telah banyak menjelaskan manfaat timun suri bagi tubuh manusia. Buah ini memiliki banyak nutrisi bagi tubuh, terutama vitamin dan mineral. Diantaranya vitamin A, vitamin C, glukosa, fruktosa, asam linoleat, magnesium, saponin, dan potasium.

Manfaat Timun Suri

1. Menyehatkan Pencernaan

Timun suri mengandung serat dan air yang banyak, sehingga sangat baik bagi sistem pencernaan manusia. Timun suri juga baik untuk mengatasi maag dan banyak dikenal sebagai penawar penyakit lambung, seperti gastritis atau tukak lambung.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

2. Mencegah Sembelit

Kandungan air dan serat pada timun suri membantu melancarkan pencernaan, sehingga kita tidak mudah terkena sembelit.

3. Timun Suri sebagai Antioksidan 

Timun suri banyak mengandung antioksidan. Kandungan antioksidan di dalam timun suri bisa membantu melawan radikal bebas. Dengan demikian, tubuh kita akan lebih sehat dan dan tidak mudah terserang penyakit.

4. Membantu Mengeluarkan Racun dalam Tubuh

 Nutrisi bermanfaat pada timun suri akan membantu tubuh kita mengeluarkan racun-racun. Jadi, kita bisa menjalani hidup dengan lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

webinar umroh.com

5. Timun Suri sebagai Anti Kanker

Kandungan saponin di dalam timun suri berperan untuk mencegah penyakit kanker. Saponin berperan menurunkan kolesterol di dalam tubuh yang sering menjadi pemicu penyakit kanker.

Mau jadi tamu istimewa Allah di Tanah Suci? Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

6. Menyehatkan Ginjal

Kandungan air yang banyak membuat timun suri berperan dalam melancarkan proses buang air kecil. Itulah sebabnya timun suri juga memiliki peran dalam menjaga kesehatan ginjal kita.

7. Timun Suri baik bagi Otak

Kandungan mineral dan vitamin di dalam timun suri bermanfaat bagi otak. Inilah sebabnya timun suri baik untuk menjaga ketajaman memori seseorang. Bahkan wanita hamil juga dianjurkan mengkonsumsi timun suri, untuk membantu pembentukan otak janin.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Dengan kandungan vitamin A di dalamnya, timun suri sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Jika mata terasa bengkak, kita juga bisa mengkonsumsi timun suri untuk mengatasinya. Timun suri memang mengandung asam askorbat dan asam caffeic yang bisa mengurangi retensi air di dalam tubuh.

9. Menjaga Kestabilan Gula Darah

Gula darah yang melonjak dan menurun terlalu drastis bisa menyebabkan tubuh menjadi mudah lesu. Namun, jika kita mengkonsumsi timun suri, karbohidrat kompleks di dalamnya akan membantu menjaga kestabilan gula darah. Karena itu, timun suri juga baik dikonsumsi penderita diabetes, asalkan tidak disajikan dengan sirup dan gula yang berlebihan.

10. Timun Suri Merupakan Sumber Energi yang Baik

Karena mengandung karbohidrat kompleks, timun suri sangat baik digunakan sebagai makanan pengganti nasi atau roti. Tidak heran timun suri juga bisa mengenyangkan jika digunakan sebagai menu berbuka puasa.

11. Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Kandungan air yang banyak membuat timun suri menjadi buah yang baik untuk memenuhi cairan di dalam tubuh. Tidak heran, timun suri terasa segar jika dikonsumsi.

12. Menurunkan Berat Badan

Metabolisme akan berjalan baik jika asupan serat dan air di dalam tubuh tercukupi. Karena timun suri mengandung keduanya, maka buah ini baik dikonsumsi bagi mereka yang sedang diet. Proses metabolisme tubuh yang berjalan lancar akan memudahkan proses penurunan berat badan.

13. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi bisa disebabkan karena kolesterol yang menumpuk. Sementara itu, kandungan saponin, serat, potasium, dan magnesium di dalam timun suri bisa membantu mengurangi kolesterol, sehingga tekanan darah bisa lebih stabil.

14. Menyehatkan Jantung

Ada kaitannya dengan kestabilan tekanan darah, mengkonsumsi timun suri juga pada akhirnya bisa bisa menjaga kesehatan jantung. Tekanan darah yang stabil akan membantu kerja jantung berjalan dengan normal.

15. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Karena kaya akan vitamin C, timun suri sangat baik dalam perannya meningkatkan kekebalan tubuh. Karena itu, timun suri bagus dikonsumsi mereka yang sedang flu. Selain itu, biji timun suri juga mengandung anti radang, yang akan berperan mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan atau mengurangi radang selaput lendir.

16. Timun Suri Baik Bagi Kesehatan Tulang dan Sendi

Timun suri kaya akan kandungan vitamin dan mineral, sehingga baik bagi tulang, gigi, bahkan sendi. Karena itu, buah timun suri baik dikonsumsi bagi penderita rematik.

17. Membantu Regenerasi Sel di Dalam Tubuh

Nutrisi di dalam timun suri membantu tubuh dalam proses regenerasi. Karena itu, orang yang sedang sakit juga baik mengkonsumsi timun suri untuk mempercepat penyembuhan.

18. Menjaga Kesehatan Mulut

Proses mengunyah timun suri yang mentah bisa meningkatkan produksi air liur. Hasilnya, pH di dalam rongga mulut menjadi netral, sehingga bisa mencegah radang pada mulut atau gusi.

19. Menjaga Kesehatan Kulit

Karena mengandung antioksidan, timun suri membantu tubuh menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel-sel kulit. Karena itu, timun suri berperan baik dalam mencegah penuaan dini dan menjaga kesehatan kulit.

20. Menjaga Kesehatan Rambut

Siapa yang tidak ingin memiliki rambut yang indah dan tebal? Nutrisi di dalam timun suri juga bagus bagi kesehatan rambut. Bahkan kandungan di dalamnya disebut mampu merangsang pertumbuhan rambut.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

21. Mempercantik Kuku

Tidak ada yang suka jika kuku tampak kusam dan pecah-pecah. Bantu tubuh menyehatkan kuku dengan mengkonsumsi timun suri. Mineral dan vitamin di dalamnya bisa membantu kuku meregenerasi sel, sehingga kuku tampak lebih indah dan sehat.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.