1
Muslim Lifestyle

Inilah Cara Seorang Muslim Memenangi Kompetisi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Manusia cenderung suka berkompetisi. Mereka yang suka berkompetisi biasanya selalu menginginkan yang terbaik. Sangat dimaklumi bila masing-masing individu ingin menjadi atau mendapat hal yang lebih baik

Jika tidak diarahkan, kecenderungan berkompetisi ini bisa membawa dampak buruk bagi manusia. Ia jadi menghalalkan segala cara untuk mencapai keinginannya, yaitu menjadi yang terbaik. Hingga kemudian ia tidak senang dengan kebaikan yang diterima orang lain.

Kompetisi sejatinya adalah hal yang baik. Berlomba menjadi lebih baik (atau jadi yang terbaik) bisa menjadi motivasi bagi seseorang. Ia jadi memiliki alasan untuk meningkatkan kemampuan dirinya, serta berusaha lebih keras untuk mencapai level yang lebih tinggi.

Akan lebih baik jika kita mengarahkan kecenderungan berkompetisi kepada hal yang lebih baik, yaitu berlomba dalam kebaikan.

Tingkatkan Iman

Untuk berlomba dalam kebaikan, langkah pertama yang perlu kita perbaiki adalah meningkatkan iman kepada Allah. Untuk bisa berkompetisi dalam kebaikan, seseorang harus lebih dulu mengenal Allah. Mengetahui kekuasaan Allah, serta segala hal yang bisa dilakukan olehNya.

Iman manusia memang cenderung tidak stabil. Karena itu, usaha untuk meningkatkan iman harus menjadi gaya hidup kita sehari-hari. Meningkatkan iman bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari memperbanyak ibadah dan perbuatan baik, hingga banyak menghadiri majelis ta’lim

Tingkatkan Ilmu

Mengenali Allah harus didukung dengan ilmu-ilmu agama. Setelah menuntut ilmu, seseorang akan mengenali Allah lebih dekat lewat janji-janjiNya. Kita akan mengetahui balasan yang akan diberikan pada Allah kepada orang yang beriman, dan apa yang akan ditimpakan kepada seseorang yang mengingkari Allah. Berbekal iman yang selalu kita tingkatkan, akan lebih mudah bagi kita meyakini segala janji Allah.

Banyaknya ilmu juga akan menuntun kita untuk mengetahui kisah orang-orang sholeh. Kisah tersebut akan semakin memotivasi kita untuk berlomba dalam kebaikan.

webinar umroh.com

Hadiah untuk Mereka yang Berlomba dalam Kebaikan

Berlomba bisa menjadi sesuatu yang terpuji jika dilakukan untuk memperoleh kebaikan, utamanya berlomba dalam urusan ketaatan untuk memperoleh kebaikan di akhirat. Berlomba dalam kebaikan atau berlomba untuk urusan akhirat adalah hal yang sangat dianjurkan oleh Allah dan RasulNya. Karena itulah berlomba dalam kebaikan merupakan bentuk ketaatan atau bakti kepada Allah.

Dalam surat Al Muthaffifin ayat 22-26, Allah berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang berbakti itu benar-benar berada dalam kenikmatan yang besar (surga). Mereka (duduk) di atas dipan-dipan sambil memandang. Kamu dapat mengetahui dari wajah mereka kesenangan, hidup mereka yang penuh kenikmatan. Mereka diberi minum khamr murni yang dilak (tempatnya), laknya adalah kesturi; dan untuk yang demikian itu hendaknya orang berlomba-lomba”.

Dari ayat tersebut, kita mengetahui bahwa Allah akan memberikan tempat terbaik di surga. Di sana ada kenikmatan dan kesenangan bagi siapa saja yang bisa mendapatkannya. Karena itulah kita harus senantiasa berlomba dalam kebaikan. Dalam hal tersebut, orang yang akan menjadi pemenang adalah mereka yang paling sedikit dosa dan banyak amal kebaikannya.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.