1
Kesehatan

Inilah Manfaat Bayam Merah Bagi Kesehatan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Sayur bayam mungkin selama ini lebih umur atau familiar berwarna hijau. Mungkin masih ada yang belum mengetahui jika bayam ada juga yang berwarna merah. Bayam merah sendiri termasuk dalam golongan varietas Amaranthus tricolor. Nama ilmiahnya adalah Blitum rubrum. Dan banyak manfaat bayam merah yang harus diketahui.

Perlu diketahui bahwa bayam merah juga memiliki beberapa khasiat luar biasa bagi kesehatan. Diantara khasiat bayam merah memang sudah banyak terlihat tanpa perlu diteliti secara mendalam sekali. Tetapi, ada juga yang membutuhkan penelitian lanjutan dan lebih mendalam lagi agar betul-betul dapat memastikan khasiat dari bayam merah.

Baca Juga: Temukan Jadwal Sholat dan Arah Kiblat di Aplikasi Umroh.com

Manfaat Bayam Merah untuk Kesehatan

1. Meningkatkan kadar Hb

Hb atau Hemoglobin adalah suatu protein yang banyak mengandung zat besi, dan berperan dalam memberikan warna merah pada darah. Hemoglobin ini berperan penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, terlebih lagi ke paru-paru.

Orang yang sedang menderita penyakit anemia, seringkali kadar hemoglobin yang ada dalam tubuh mereka cenderung tidak cukup. Hal itu menyebabkan mereka biasanya akan lebih sering merasa lelah atau capek dan juga lemah.

Namun untungnya, dengan gemar mengkonsumsi bayam merah ini akan dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin yang ada di dalam tubuh. Hal ini juga telah ditunjukkan dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal e-Biomedik (eBM) di tahun 2014.

Bayam merah tidak hanya sekedar dapat dikonsumsi dengan dimakan dalam bentuk padat. Tetapi dapat diminum juga cairan dari perasan daunnya. Meminum perasan daun bayam merah juga disinyalir bisa membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

Akan tetapi, penelitian yang telah dilakukan ini hanya dalam skala kecil dan baru diuji coba pada hewan tikus saja. Maka dari itu, masih dibutuhkan penelitian-penelitian lebih lanjut agar dapat memastikan penelitian yang satu ini.

webinar umroh.com

2. Mengendalikan kolesterol serta gula darah

Yang termasuk dalam tantangan terbesar seorang penderita diabetes adalah untuk dapat mempertahankan kadar gula darahnya agar tetap normal.

Karena apabila orang yang menderita diabetes tidak memperhatikan urusan makanan, dapat menyebabkan kadar gula dalam darahnya bisa naik atau pun turun secara signifikan. Karena itulah, bayam berwarna merah merupakan asupan makanan yang baik untuk diabetesi.

Riset yang dilakukan hingga sekarang telah menunjukkan jika bayam yang berwarna merah mempunyai potensi alami sebagai antidiabetes, antihiperlipidemik, serta antioksidan karena kandungan tanin dan juga polifenol yang terdapat di dalamnya.

Manfaat lainnya juga dapat mengurangi kadar gula darah, karena serat yang terdapat di dalam bayam merah ini juga membantu mengontrol kadar kolesterol serta trigliserida.

Riset ini juga belum teruji secara klinis pada manusia. Karena itulah juga masih dibutuhkan penelitian-penelitian lagi guna memastikan manfaat bayam merah ini bagi tubuh.

3. Kaya antioksidan

Riset juga telah menujukkan bahwa bayam merah kaya akan kandungan antioksidan polifenol. Asupan antioksidan yang diperlukab tubuh diyakini berfungsi untuk membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel. Kerusakan sel bisa meningkatkan resiko penyakit jantung, pembuluh darah, dan kanker.

Namun sama juga seperti 2 manfaat sebelumnya. Manfaat ketiga ini juga masih membutuhkan studi lanjutan dengan skala yang lebih luas. Riset tentang kandungan oksidan yang ada pada bayam merah baru sebatas penelitian laboratorium saja.