1
Muslim Lifestyle

Jaga Hubungan Baik dengan 7 Adab Berteman Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Kunci dari sebuah hubungan adalah saling menghargai dan menghormati. Begitupun juga dalam menjaga hubungan pertemanan. Kita harus menjaga agar masing-masing merasa dihargai dan dihormati.

Agar masing-masing merasa dihargai dan dihormati, ada adab yang harus kita patuhi dalam menjalin hubungan dengan teman. Di bawah ini adalah 7 adab berteman menurut Imam Al Ghazali.

Menunjukkan Kegembiraan Saat Bertemu

Saat bertemu dengan teman, kita disarankan untuk menunjukkan ekspresi yang gembira. Rasa gembira ketika bertemu menunjukkan hubungan yang baik dan hangat. Hindari menunjukkan ekspresi yang dingin dan tegang, karena biasanya hal tersebut menandakan kebencian.

Menunjukkan wajah yang gembira juga merupakan satu cara untuk menjaga perasaan teman. Bayangkan jika kita cemberut saat bertemu dengan teman, apa yang akan dirasakannya? Tentu ia akan merasa tidak enak dan berikutnya enggan bertemu kita lagi.

Mengucapkan Salam

Kita disarankan untuk mengucapkan salam kepada teman saat bertemu. Bahkan Imam Al Ghazali menyarankan agar kita berlomba-lomba untuk mendahului mengucapkan salam. Seorang teman yang baik tidak akan sungkan-sungkan menyapa dan mengucapkan salam. Hal ini menunjukkan kesetaraan, sehingga tidak ada rasa sombong yang membuat hubungan pertemanan menjadi berjarak.

Selain itu, Rasulullah bersabda bahwa siapa yang mengucapkan salam terlebih dahulu adalah orang yang lebih baik.

Ramah dan Lapang Dada Saat Duduk Bersama

Saat bersama dengan teman, kita dianjurkan untuk menunjukkan sikap ramah dan lapang dada. Sikap ramah ditunjukkan dengan raut wajah yang santai dan selalu tersenyum.

Sementara lapang dada adalah sikap yang penting agar kita tidak mudah sakit hati dengan segala kekhilafan teman. Jika kita mudah sakit hati dan tersinggung, serta bereaksi terhadap perbuatan yang menurut kita tidak menyenangkan, maka pertikaian akan mudah terjadi.

webinar umroh.com

Ikut Melepas Saat Teman Berdiri

Ketika teman berdiri hendak beranjak dari lokasi pertemuan, kita juga disarankan berdiri untuk melepasnya. Ikut berdiri adalah tanda bahwa kita menghormatinya, dan ini merupakan adab berteman yang sangat baik ditunjukkan. Walaupun kita memiliki hubungan yang cair dan santai, namun sikap menghormati harus tetap dijunjung tinggi.

Memperhatikan Saat Bicara dan Tidak Mendebatnya

Ketika teman sedang berbicara, kita sangat dianjurkan untuk memperhatikan mereka. Dicuekin adalah perlakuan yang menyakitkan hati. Karena itu, agar hubungan baik selalu terjaga, kita harus menunjukkan sikap menghormati ketika mereka bicara. Jangan memotong pembicaraan, serta tidak mendebatnya.

Selain memperhatikannya saat bicara, kita juga disarankan untuk tidak mendebat teman yang sedang berbicara. Setiap orang memiliki pendapat masing-masing. Hal yang harus kita lakukan adalah menghormati pendapatnya, bukan mendebatnya.

Mengatakan Hal-Hal Baik

Menjaga perasaan teman adalah sesuatu yang harus dilakukan jika ingin pertemanan bertahan lama. Teman yang baik sulit dicari, karena itu kita harus menjaga hubungan baik dengan mereka. Salah satu caranya adalah dengan senantiasa mengatakan hal-hal baik kepadanya.

Hindari mengatakan sesuatu yang bisa menyakiti hatinya atau membuatnya malu. Kedua hal tersebut tentu akan seketika membuat hubungan menjadi renggang karena ia sudah tidak merasa dihargai.

Memanggil dengan Nama yang Disenangi

Sangat dianjurkan untuk memanggil teman dengan nama yang ia senangi. Sesama teman yang akrab, kita biasanya memiliki panggilan sayang kepada teman. Panggilan sayang yang khusus ini untuk menunjukkan kedekatan dan kehangatan.

Akan tetapi, pastikan panggilan yang kita berikan adalah panggilan yang ia senangi, dan ia ridha terhadap panggilan tersebut. Hindari memanggil teman dengan panggilan yang melecehkan atau menonjolkan keburukannya. Hal tersebut bisa menimbulkan luka di dalam hatinya.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.