1
Travel

Jangan Lewatkan Keindahan Bawah Laut Oman di 4 Lokasi Diving Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Oman memiliki garis pesisir sepanjang 3.000 kilometer, yang menghubungkan Laut Arabia di utara dan Laut India di Selatan. Pantai-Pantai di Oman sangat cocok bagi Anda yang suka suasana tenang, karena di sana belum banyak didatangi wisatawan. Pemandangan pantai di Oman juga masih sangat asri, sehingga masih terasa sangat alami dan indah.

Selain pantai yang indah, Oman juga memiliki pemandangan laut yang indah. Bahkan tidak banyak yang tahu bahwa Oman memiliki kehidupan bawah laut yang paling indah di Timur Tengah. Di Oman, banyak lokasi-lokasi diving dan snorkeling yang bisa dikunjungi. Tidak jarang, kita bisa berenang dengan ikan paus di perairan Oman.

Lokasi diving di Oman juga bisa dinikmati oleh siapa saja. Ada berbagai variasi kedalaman yang bisa dicoba. Mulai dari perairan dangkal yang hangat di sekitar Muscat, hingga perairan dengan dasar berbatu di bagian barat daya. Setiap wilayah di Oman menawarkan pengalaman diving yang berbeda. Hal yang pasti, perairan Oman menawarkan keindahan terumbu karang, serta ikan yang berwarna-warni.

Di bawah ini, adalah lokasi diving di Oman yang bisa kita nikmati keindahan bawah lautnya.

Kepulauan Daymaniyat

Terletak 70 kilometer dari pesisir Muscat, Pulau Daymaniyat bisa ditempuh dalam waktu 30 menit dengan perahu cepat dari Al Mouj Marina, Muscat. Kepulauan Daymaniyat merupakan kumpulan dari 9 pulau kecil yang perairannya dilindungi oleh UNESCO.

Kepulauan Daymaniyat terkenal dengan airnya yang jernih, pantai berpasir putih, terumbu karang yang indah, dan binatang laut yang beragam. Jarak pandang di perairan ini bisa mencapai 20 hingga 30 meter, sehingga sangat menyenangkan berenang di perairannya yang jernih. Saat berenang di perairan Pulau Daymaniyat, kita bisa bertemu kura-kura, ikan badut, sampai paus, hiu, dan ikan pari manta.

Bandar Al Khairan

Bandar Al Khairan juga merupakan pulau di wilayah Muscat. Terletak 25 kilometer dari Muttrah, Muscat, pulau ini bisa ditempuh dalam waktu 15 menit dari Marina Al Rowdha. Bandar Al Khairan merupakan salah satu atraksi wisata yang populer bagi warga Muscat dan wisatawan yang berkunjung ke sana.

Pulau ini tampak indah dengan tebing batu yang dilubangi sedikit di bagian tengah, sehingga menyerupai sebagai gerbang untuk jalan masuk perahu wisatawan. Ada beragam lokasi diving di Bandar Al Khairan. Seperti Al Munassir, Mermaid Cove, dan Seahorse Bay.

webinar umroh.com

Pulau Al Fahal

Pulau ini juga dikenal dengan nama Pulau Hiu. Lokasi yang juga masih masuk wilayah muscat ini bisa ditempuh dalam waktu 20 menit dari Ras Al Hamra. Pulau ini sangat cocok untuk snorkeling maupun scuba diving. Terletak di Laut Arabia, kehidupan bawah laut di sini terdiri dari terumbu karang yang lunak dan keras, dengan beragam ikan berwarna-warni.

Saat berenang di sini, kita bisa melihat beragam ikan. Bahkan kita bisa menjumpai ikan Barracuda dan Hiu. Pulau ini juga memiliki spot diving yang dalam, dengan kedalaman 30 meter hingga 40 meter.

Pulau Gua dan Tebing Lima (Musandam)

Musandam adalah area di ujung selatan Oman, dekat dengan perbatasan Uni Emirat Arab. Dikenal dengan julukan ‘Norwegia-nya Timur Tengah’, Musandam memiliki kehidupan bawah laut yang tidak terelakkan keindahannya. Salah satu spot menyelam di Musandam adalah di Pulau Gua, yang menawarkan pengalaman menyelam yang menarik. Gua-gua yang unik terbentuk dari erosi air laut, sehingga memiliki bentuk yang unik dan menjadi tempat berkumpul ikan-ikan.

Selain itu ada Tebing Lima, yang merupakan pulau yang berbentuk tebing batu, dengan terumbu karang dan kehidupan bawah laut yang indah. Batuan yang terkikis erosi di bagian bawahnya juga menjadi rumah bagi para hewan laut, seperti udang, kepiting, bahkan gurita.

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.