1
Muslim Lifestyle

3 Jenis Mimpi Menurut Rasulullah Saw Yang Wajib Diketahui

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com- Dalam hidup, manusia tentunya membutuhkan waktu untuk istirahat setelah seharian beraktivitas. Dengan tidur yang cukup saat bangun nanti, tentu badan akan menjadi fresh dan juga bugar. Pada saat Anda sedang tertidur, Anda pasti pernah bermimpi. Dalam hal ini sebagian orang menganggap bahwa mimpi hanyalah sebagai bunga tidur belaka, namun terdapat beberapa jenis mimpi menurut Rasulullah SAW yang wajib diketahui oleh para umat islam.

Islam ialah agama yang sangat sempurna. Pasalnya mimpi manusia pun semua sudah jelas diterangkan oleh Rasulullah SAW sebagai petunjuk. Mimpi terbagi menjadi tiga hal diantaranya yaitu mimpi yang datang dari Allah SWT, mimpi yang datang dari gangguan syaitan, dan mimpi yang datang dari imajinasi seseorang.

Baca juga : Yuk Amalkan! Ini Manfaat Ayat Kursi

Apa Mimpi Itu?

Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur, terutama saat tidur yang disertai gerakan mata yang cepat (rapid eye movement/REM sleep). Kejadian dalam mimpi biasanya mustahil terjadi dalam dunia nyata, dan di luar kuasa dari pemimpi. Pengecualiannya adalah dalam mimpi yang disebut lucid dreaming. Dalam mimpi demikian, pemimpi menyadari bahwa dia sedang bermimpi saat mimpi tersebut masih berlangsung.

Dan kadang-kadang mampu mengubah lingkungan dalam mimpinya serta mengendalikan beberapa aspek dalam mimpi tersebut. Pemimpi juga dapat merasakan emosi ketika bermimpi, misalnya emosi takut dalam mimpi buruk. Dalam islam, selain dianggap bunga tidur mimpi bisa jadi memiliki arti, hal tersebut terbukti melalui beberapa Nabi yang sebagian Nabi menerima wahyu dan petunjuk dari Allah SWT melalui mimpi.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah!Yuk download sekarang juga!

Jenis Mimpi menurut Rasulullah SAW

ucapan ulang tahun

1. Mimpi Kebaikan Yang Datang Dari Allah SWT

Mimpi ini adalah mimpi yang disukai oleh kebanyakan orang. Karena mimpi ini datangnya dari Allah SWT dan hal itu merupakan suatu nikmat. Karena jika ia bermimpi seperti itu, dapat membuat seseorang menjadi lebih semangat dan juga bergembira. Rasulullah SAW menyebut mimpi yang baik (ru’ya ash shaalihah) sebagai kabar baik. Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, ia berkata: aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: ”Takkan ada yang tertinggal dari kenabian kecuali kabar baik, Mereka (para sahabat) bertanya: ”Ya Rasulullah! Apakah kabar baik itu?”. Rasulullah menjawab: ” mimpi yang baik”. (HR. Bukhari).

2. Mimpi Karena Adanya Gangguan Syaitan

Umroh.com merangkum, mimpi yang berasal dari syaitan merupakan mimpi buruk yang terkadang menggelisahkan ternyata datang dari setan. Karena setan akan selalu menggoda manusia setiap saat dan termasuk di dalam tidur. Salah satu cara agar terhindar dari mimpi ini adalah membaca ta’awudz, yaitu meminta perlindungan kepada Allah dari godaan setan.

Mimpi ini baiknya tidak diceritakan kepada orang lain dan yang bermimpi harus bersabar dalam hal itu. Karena ingatlah bahwa setan itu musuh manusia dan berusaha menyakiti, juga membuat sedih manusia. Sesuai dengan firman Allah SWT yang berbunyi :

webinar umroh.com

“Sesungguhnya pembicaraan rahasia itu adalah dari syaitan, supaya orang-orang yang beriman itu berduka cita, sedang pembicaraan itu tiadalah memberi mudharat sedikitpun kepada mereka, kecuali dengan izin Allah dan kepada Allah-lah hendaknya orang-orang yang beriman bertawakkal.” (QS. Al-Mujadalah: 10).

Selain menjadi tamu Allah, umroh juga melancarkan rezeki Anda. Yuk temukan paketnya cuma di Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"] 

3. Mimpi Karena Imajinasi Seseorang

Mimpi seperti ini biasanya berasal dari bisikan jiwa atau suatu pikiran yang akhirnya terbawa dalam mimpi, sehingga mimpi ini tidak lain adalah mimpi yang dibuat sendiri oleh orang yang mengalaminya. Misalnya ketika seseorang sedang memikirkan sesuatu atau memiliki imajinasi tertentu, hal itu kemudian muncul di alam mimpi ketika dia tidur, namun mimpi tersebut tidak memiliki makna apapun, selain sebagai bunga tidur semata.

Oleh karenanya di antara bacaan dzikir saat tidur yang patut diamalkan adalah,

“BISMIKA ROBBI WADHO’TU JAMBII, WA BIKA ARFA’UH, FA-IN AMSAKTA NAFSII FARHAMHAA, WA IN ARSALTAHAA FAHFAZH-HAA BIMAA TAHFAZH BIHI ‘IBAADAKASH SHOOLIHIIN”.

Artinya: “Dengan nama Engkau, wahai Rabbku, aku meletakkan lambung-ku. Dan dengan nama-Mu pula aku bangun daripadanya. Apabila Engkau menahan rohku (mati), maka berilah rahmat padanya. Tapi, apabila Engkau melepaskannya, maka peliharalah (dari kejahatan setan dan kejelekan dunia), sebagaimana Engkau memelihara hamba – hamba-Mu yang shalih.” (Dibaca 1x).

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Sebagai umat muslim alangkah baiknya jika kita tidak meyakini mimpi yang kita alami karena hal tersebut dikhawatirkan akan menjadi perbuatan syirik dalam islam. Dan jangan lupa untuk selalu berdoa sebelum Anda beristirahat agar selalu dijauhkan dari mimpi buruk dan senantiasa di dekatkan dengan mimpi baik. semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua.