play-store

Download GRATIS Mobile App

Bisa UMROH GRATIS, Cek Jadwal Sholat dan Al Quran Digital

Unduh
 
1
Serba-serbi Ramadhan

Keistimewaan Puasa Syawal dan Amalannya Meraih Pahala

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements

Umroh.com– Keistimewaan bulan syawal wajib disyukuri oleh umat Islam dengan beribadah. Bulan syawal ini merupakan salah satu bulan terbaik setelah bulan Ramadan bagi setiap umat Islam. Pada bulan syawal, seorang muslim dianjurkan untuk semakin meningkatkan ibadah dan amalan kepada Allah SWT. Jadi amalan pada bulan Ramadan tidak hanya berakhir di bulan puasa saja, namun dapat terus berkelanjutan dari keistimewaan puasa syawal.

Keistimewaan bulan syawal didapatkan dengan melakukan beberapa ibadah sunah. Salah satunya yaitu berpuasa syawal, hal ini merupakan salah satu alasan yang membuat bulan syawal menjadi begitu istimewa. Berikut umroh.com telah merangkum ragam keistimewaan dari puasa syawal.

Pilih Paket Umroh Terbaik Anda, hanya di Umroh.com!


Baca juga : Jangan Sampai Ketinggalan! Ini Manfaat Sholat Berjamaah

Keistimewaan Puasa Syawal

1. Puasa 6 Hari Di Bulan Syawal Sama Dengan Berpuasa Selama Setahun

Puasa 6 hari pada bulan syawal ini biasanya dilakukan mulai hari kedua bulan syawal, karena di hari pertama, yaitu saat hari raya idul fitri diharamkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Setelah menjalani puasa selama satu bulan penuh pada bulan Ramadan, puasa 6 hari di bulan syawal ini menjadi pelengkap atau penyempurna amalan pada bulan Ramadan.

Walaupun biasa dilakukan pada hari kedua bulan syawal, banyak juga yang melaksanakan ibadah puasa 6 hari di bulan syawal ini pada minggu kedua bulan syawal. Hal ini disebabkan karena minggu pertama syawal kebanyakan orang masih merayakan hari raya idul fitri dengan bersilaturahmi ke rumah keluarga maupun teman. Saat bersilaturahmi ini biasanya disertai dengan makan dan minum dalam rangka lebaran.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Keistimewaan puasa Syawal terdapat dalam hadits yang diriwayatkan Muslim. Hadits itu berasal dari Abu Ayyub Al Anshori yang pernah mendengar sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi: “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR Muslim).Dengan keistimewaan  puasa 6 hari di bulan syawal ini, tentunya akan sangat merugi bila seorang muslim tidak memanfaatkan salah satu keistimewaan bulan syawal ini.

Umroh.com merangkum, dengan hanya mencukupkan puasa Ramadan dengan puasa 6 hari di bulan syawal membuat Anda mendapatkan pahala seakan berpuasa setahun penuh. Maka dari itu, puasa 6 hari di bulan syawal merupakan salah satu keistimewaan bulan syawal yang paling besar pahalanya bagi umat islam, walaupun merupakan ibadah sunah. Selain itu, melaksanakan puasa 6 hari di bulan syawal juga merupakan wujud rasa syukur dan memohon ampunan kepada Allah SWT bagi seluruh umat muslim.

2. Puasa Syawal Dapat Menutup Kekurangan Dan Menyempurnakan Ibadah Wajib

Yang dimaksudkan disini yaitu bahwa puasa syawal akan menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang ada pada puasa wajib di bulan ramadhan sebagai mana sholat rawatib yang menyempurnakan ibadah wajib. Dengan melakukan puasa syawal nantiya akan menyempurnakan puasa ramadhan yang sering kali ada kekurangan disana-sini. Disinilah kita dapat menyempurnakannya.

Apalagi yang engkau cari jika hidup bukan untuk ridha Allah? Segera penuhi panggilan-nya bersama Umroh.com!

Amalan Di Bulan Syawal

Tidak hanya menjalankan ibadah puasa syawal saja loh yang dapat menjadi amalan kita selama bulan syawal. Ada beberapa amalan yang dapat kita lakukan di bulan syawal yang tentunya akan mendatangkan pahala bagi kita yang menjalankannya. Berikut ulasannya untuk Anda.

Bersilaturahmi, bulan syawal bertepatan dengan liburan. Untuk itu, manfaatkanlah waktu liburan Anda untuk bersilaturahmi. Karena ingatlah, silaturrahmi dapat memanjangkan umur dan juga memperbanyak rezeki.

Perbanyak ibadah sunnah, Anda dapat melakukan ibadah sunnah selama bulan syawal dengan cara tadarus dan menjalankan sholat-sholat sunnah, yang sering dilakukan di bulan ramadhan secara kontinu, sekalipun sedikit. Sesuai sabda Rasulullah SAW yang berbunyi : “bebani diri kalian dengan amal sesuai dengan kemampuan kalian. Allah SWT tidaklah bosan sampai kalian merasa bosan. (ketahuilah bahwa) amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT adalah amalan yang kontinu walaupun dilakukan sedikit singkat”. (HR. Abu Daud)

keistimewaan puasa ramadhan

Melakukan pernikahan di bulan syawal, Menikah merupakan suatu ibadah untuk menyempurnakan agama bagi umat muslim. Pada sebagian orang menikah di bulan syawal akan mendatangkan ketidakberuntungan. Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW menikahi Sayyidah A’isyah Ra dibulan syawal, sehingga perbuatan ini juga termasuk sunnah.

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Semoga Allah SWT menerima amalan kita semua di bulan ramadhan dan memudahkan kita untuk menyempurnakannya dengan melakukan puasa syawal. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.

Facebook Comments