1
Serba-serbi Ramadhan

Ini Keistimewaan Sholat Tahajud Bulan Ramadhan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.com– Bulan ramadhan menjadi bulan yang sangat istimewa dan tentunya menjadi bulan yang paling di nanti bagi setiap umat islam. Kenapa istimewa? karena bulan ini memiliki begitu banyak kelebihan dibanding dengan bulan-bulan yang lain. Selama bulan ramadhan banyak amalan-amalan yang dapat Anda lakukan seperti halnya mendapatkan keistimewaan sholat tahajud bulan ramadhan dan juga setiap kebaikan dan ibadah yang dilakukan akan dilipat gandakan nilai dan pahalanya.

Ditambah lagi ada banyak ibadah sunnah dan amalan istimewa yang hanya ada di bulan ramadhan, misalnya seperti sholat tarawih, memberi makan anak yatim, dan juga menjalankan sholat sunnah seperti tahajud yang tentunya dapat mendatangkan pahala bagi kita yang menjalankannya.

Baca juga : Begini Adab Berpakaian dalam Islam dan Contohnya

Apa Itu Sholat Tahajud?

Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah bangun tidur atau yang dikenal dengan istilah qiyamul lail, dengan jumlah dua rakaat atau kelipatannya dan tidak memiliki batasan. Sholat tahajud memiliki banyak manfaat dan keutamaan, namun sayang banyak dari kita yang enggan untuk melaksanakannya karena waktu pelaksanaan sholat tahajud adalah di sepertiga malam.

Waktu dimana kita sedang terlelap dan biasanya sulit sekali untuk bangun setelah tertidur. Lantas bagaimana jika sholat tahajud di bulan ramadhan? Apakah jika sudah sholat tarawih tetap di perbolehkan sholat tahajud? Jawabannya tentu boleh dilaksanakan.

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download sekarang juga!

Memang sholat tahajud dan sholat tarawih sama-sama dikatagorikan sebagai sholat malam atau qiyamul lail namun terdapat perbedaan antara keduanya. Perbedaannya terletak pada waktu pelaksanaannya yakni sholat tahajud dilaksanakan setelah bangun tidur sementara sholat tarawih dilaksanakan sebelum tidur. Dan jika sholat tahajud bisa dilaksanakan kapan saja, sementara sholat tarawih hanya dilaksanakan pada bulan ramadhan saja.

Keistimewaan Sholat Tahajud Di Bulan Ramadhan

Umroh.com merangkum, bahwa sholat tahajud memiliki keistimewaan tersendiri, yang dapat kita rasakan di dunia maupun akhirat nanti. Beberapa keistimewaan dari sholat tahajud di bulan ramadhan, diantaranya yaitu :

1. Dijanjikan Tempat Terpuji Di Sisi Allah SWT

Orang yang senantiasa melaksanakan shalat tahajud dijanjikan oleh Allah SWT tempat yang mulia di sisi-Nya. Hal ini tentunya menjadi harapan bagi setiap orang beriman sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Isra ayat 79 yang memiliki arti : “Dan pada sebagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji”. (QS Al-Isra’: 79)

webinar umroh.com

2. Dikabulkan Doa – Doanya

Doa-doa yang di panjatkan setelah melaksanakan sholat tahajud akan senantiasa didengar oleh Allah SWT karena malam terakhir adalah salah satu waktu yang paling mustajab untuk berdoa dan meminta ampunan, serta petunjuk. Sebagaimana hadits berikut ini yang berbunyi :“Pada tiap malam Tuhan kami Tabaraka wa Ta’ala turun (ke langit dunia) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman : “Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaannya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia”. (HR Bukhari dan Muslim)

Apalagi yg engkau cari jika hidup bukan untuk ridha Allah? Segera penuhi panggilan-nya bersama Umroh.com!

[xyz-ihs snippet="Iframe-Package"]

3. Mendekatkan Diri Pada Allah SWT

Melaksanakan sholat tahajud dapat menjadi sarana kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan kedekatan ini, seorang muslim akan merasa tenang dan terlindungi dari segala hal buruk apapun yang menimpanya. Selain itu Anda akan senantiasa merasa bahagia dan juga selalu merasa tercukupi.

4. Mendapat Imbalan Surga

Siapa yang tak ingin masuk surga? Tentunya setiap umat muslim ingin masuk surga, untuk itu barangsiapa yang rutin dan rajin bangun di sepertiga malam untuk menunaikan sholat tahajud ditambah lagi dilakukan saat bulan ramadhan, maka Allah SWT menjanjikan surga baginya, sebagaimana hadits berikut ini yang berbunyi :“Hai sekalian manusia, sebarluaskan-lah salam dan berikanlah makanan serta sholat malamlah diwaktu manusia sedang tidur, supaya kamu masuk Sorga dengan selamat”. (HR Tirmidzi)

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di umroh.com!

Bagaimana? Apakah sudah lebih semangat untuk memperbanyak tahajud di malam-malam bulan ramadhan tahun ini dan insya Allah tahun-tahun yang akan datang? Yuk kita luangkan beberapa menit waktu sahur kita untuk tahajud dan ajak orang-orang di sekitar kita untuk memperbanyak ibadah. Semoga Allah memudahkan kita untuk beribadah kepada-Nya dan semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua.