1
Motivasi News

Kekuatan dan Popularitas Ekspor Eksotis Ghana

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Ghana adalah ekonomi ekspor terbesar ke-64 di dunia – dengan shea butter, kopi, dan kakao di antara keberhasilannya, produk-produk unggulan negara ini terkenal di seluruh dunia. Jadi apa yang membuat mereka begitu dicari? Ini semua yang perlu Anda ketahui.

Pendulum kekayaan Ghana telah berayun secara dramatis – hanya dalam waktu kurang dari sepuluh tahun, negara ini berubah dari nilai terendah sepanjang masa sebesar USD $ 565,06 juta pada kuartal pertama tahun 2003, hingga mencapai nilai tertinggi USD $ 4,118,30 juta di kuartal pertama 2012. Saat ini merupakan ekonomi ekspor ke-64 terbesar di dunia.

Ekspor utama negara itu termasuk emas (US $ 4,43 miliar), biji kakao (US $ 1,89 miliar), kelapa, kacang brazil, dan kacang mede (US $ 987 juta), minyak mentah (US $ 960 juta) dan kayu gergaji (US $ 367 juta), dikirim ke Swiss (US $ 1,87 miliar), India (US $ 1,56 miliar), Uni Emirat Arab (US $ 1,43 miliar), Cina (US $ 941 juta) dan Vietnam (US $ 549 juta).

Produk utama
Neem
Para ilmuwan dan pengusaha menganggap Mimba sebagai spesies tanaman yang menjanjikan yang dapat berpengaruh pada pasar ekspor untuk kemajuan komunitas pertanian yang menanamnya. Ekstrak dari biji Mimba, kulit kayu, dan kayu dapat digunakan untuk banyak produk bio, sementara minyak esensial diekstraksi dari biji Mimba untuk penggunaan medis, pertanian dan kosmetik. Penelitian telah jauh dan meluas ke potensi pasar pestisida organik dan obat-obatan dari Mimba untuk distribusi di pasar domestik, regional dan internasional. Secara lokal, Mimba adalah sumber utama kayu bakar. Ada pohon Mimba di Accra yang berasal dari tahun 1920-an, dengan bijinya disebarkan oleh burung dan kelelawar

Kelor
Daun kelor memiliki lebih banyak vitamin A, protein, kalsium dan zat besi daripada wortel, telur, susu dan bayam. MoringaConnect telah mengintegrasikan rantai pasokan lebih dari 2.500 keluarga petani kecil dan menanam lebih dari 300.000 pohon kelor di Ghana. Potensinya untuk menjadi pencari nafkah tinggi bagi Ghana dan mengakhiri malnutrisi tidak dapat diabaikan.

Shea
Pohon shea Afrika mengandung mentega yang mengandung asam lemak yang dapat digunakan sebagai pengganti cocoa butter dan mentega sayuran alami lainnya. Shea digunakan untuk produk kulit dan rambut berkat sifatnya yang meremajakan dan melembabkan. Ini juga diterapkan dalam pengobatan untuk merangsang aktivitas seluler, memperbaiki kulit yang rusak dan kerutan halus. Menurut Otoritas Promosi Ekspor Ghana, pendapatan dari produk shea butter pada 2015 mencapai USD $ 64 juta, pertumbuhan 23% dari USD $ 52 juta pada 2014.

Kakao dan kopi
Karena jatuhnya harga kopi pada 1980-an, banyak petani Ghana harus meninggalkan industri. Namun, skema pemerintah baru yang diluncurkan pada 2011 telah mengubah minat pada kopi Ghana, dengan memperkenalkan sekitar 2.400 hektar perkebunan kopi baru. Sebagian besar kopi Ghana dijual di Afrika Barat, dan karena itu mungkin tidak muncul dalam statistik ekspor resmi.

Kelapa, kacang brazil, kacang mede, dan buah-buahan

webinar umroh.com

Ghana mengekspor produk-produk ini senilai $ 987 juta ke importir-importir top termasuk Amerika Serikat ($ AS 1,47 miliar), India ($ AS 1,21 miliar), Jerman (USD $ 517 juta), Belanda (USD $ 414 juta) dan Inggris (USD $ 276) juta). Lebih dari 70.000 ton buah-buahan termasuk nanas, jeruk, pisang, dan pepaya diekspor dari Ghana setiap tahun.