1
Serba-serbi Ramadhan

Keutamaan Dzikir Saat Ramadhan Ternyata Tiada Duanya

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr
Advertisements
webinar umroh.com

Umroh.comSudah menjadi kewajiban seorang mukmin untuk selalu ingat kepada penciptanya. Di dalam Al Quran, Allah berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya.” (QS.Al Ahzab: 41). Kita wajib mengingat Allah kapanpun dan di manapun. Terutama di bulan Ramadhan, dimana rahmat Allah tercurah kepada orang-orang yang beriman. Jika kita senantiasa melakukannya, kita akan mendapat keutamaan dzikir saat Ramadhan, diantaranya sebagai berikut ini.

Keutamaan Dzikir

1. Menjadi Amalan Paling Utama di Bulan Mulia

Ramadhan adalah bulan yang dimuliakan bagi umat Islam. Di bulan ini, umat muslim diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh. Selain itu, ibadah-ibadah sunnah juga sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Ada pahala besar bagi mereka yang mengerjakan amal sholeh di bulan Ramadhan.

Salah satu amalan sederhana yang bisa kita lakukan adalah berdzikir. Dzikir merupakan amalan paling utama bagi seorang muslim. Bayangkan saja keutamaan dzikir saat Ramadhan. Itu artinya kita melakukan amalan paling utama di bulan paling mulia. Suatu ketika, ada orang bertanya kepada Rasulullah, “Ya Rasulullah, amalan apakah yang paling utama?” Beliau menjawab, “Engkau berpisah dari dunia dalam keadaan lisanmu basah dengan berdzikir pada Allah.” (HR.Ahmad dan Tirmidzi)

Baca juga: Keutamaan Silaturahmi yang Jarang Diketahui Banyak Umat Muslim

2. Mendapat Ampunan yang Besar

Umroh.com merangkum, bulan Ramadhan sering menjadi kesempatan bagi orang-orang mukmin untuk memburu ampunan dan ridho Allah. Saat bulan Ramadhan, kita mengerjakan sebanyak-banyaknya amal sholeh agar kita tergolong ke dalam hamba yang dicintai Allah.

Salah satu amalan yang bisa kita lakukan untuk menggapai ampunan Allah di bulan Ramadhan adalah dengan berdzikir. Allah telah menjanjikan pahala yang besar, serta ampunan bagi mereka yang banyak berdzikir. Apalagi jika kita mengerjakannya di bulan Ramadhan. Allah berfirman, “Laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS.Al Ahzab: 35)

Hanya di Umroh.com, Anda akan mendapatkan tabungan umroh hingga jutaan rupiah! Yuk download aplikasinya sekarang juga!

3. Mendapat Limpahan Rahmat dan Ketenangan Jiwa

Allah menjanjikan keutamaan dzikir saat Ramadhan berupa limpahan rahmat dan ketenangan jiwa. Sehingga kita bisa merasakan kedamaian selama bulan Ramadhan. Rasulullah bersabda, “Jika ada suatu kaum yang duduk untuk berdzikir kepada Allah ‘Azza wa jalla, niscaya para malaikat akan mengelilingi mereka, mereka pun diliputi rahmat, dan diturunkan ketenangan jiwa untuk mereka. Dan Allah pun menyebut mereka kepada orang-orang yang berada di sisi-Nya.” (HR.Muslim, At Tirmidzi, Ahmad).

4. Melaksanakan Sunnah Rasulullah

Bulan Ramadhan menjadi saat tepat untuk melakukan amalan-amalan sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah. Mengerjakan amalan sunnah akan mendatangkan pahala tersendiri. Apalagi kita mengerjakannya di bulan Ramadhan.

webinar umroh.com

Salah satu amalan yang bisa kita teladani ialah kebiasaan beliau dalam berdzikir dan bertaubat. Rasulullah bersabda, “Demi Allah, sesungguhnya aku ini beristghfar kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya dalam sehari lebih dari tujuh puluh kali.” (HR.Bukhari, At Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad).

Punya rencana untuk berangkat umroh bersama keluarga? Yuk wujudkan rencana Anda cuma di Umroh.com!

5. Membantu Menahan Hawa Nafsu

Bulan Ramadhan menjadi momen bagi umat muslim untuk belajar mengendalikan nafsu. Namun, sering kali menahan hawa nafsu lebih sulit dilakukan, karena kita tidak bisa mengendalikannya. Misalnya, timbul keinginan untuk membatalkan puasa karena lapar dan haus, atau terdorong untuk marah dan membicarakan keburukan orang lain.

Dzikir yang kita lakukan di bulan Ramadhan akan membantu kita mengendalikan hawa nafsu. Mengucapkan kalimat-kalimat thoyibah akan membuat kita mengingat Allah dan menyadari bahwa kita tengah mengerjakan ibadah yang dipersembahkan kepada-Nya, yaitu puasa. Selain itu, berdzikir juga akan menghadirkan ketenangan dalam hati, sebagaimana janji Allah di atas. Dzikir bisa membantu kita agar ibadah puasa semakin sempurna sehingga menjadi ibadah yang baik di sisi Allah.

6. Menjadi Lebih Dekat dengan Allah

Berdzikir akan membuat kita semakin dekat dengan Allah. Orang yang senantiasa mengingat Allah akan selalu diingat oleh Allah. Hal ini sebagaimana firman-Nya, “Maka ingatlah kamu kepada-Ku, niscaya Aku pun ingat kepadamu. Dan bersyukurlah kepada-Ku, dan jaganlah kamu mengingkari nikmat-Ku.” (QS.Al Baqarah: 152)

Dalam sebuah hadis qudsi, Allah berfirman, “Aku bersama sangkaan hamba-Ku kepada-Ku, dan Aku bersamanya jika dia menyebut-Ku. Jika dia menyebut-Ku dalam dirinya, aku pun menyebutnya dalam Diri-Ku. Dan apabila dia menyebut-Ku di hadapan orang banyak, Aku pun menyebutnya di hadapan orang-orang yang lebik baik dari mereka.” (HR.Bukhari dan Muslim)

Selain itu, dzikir dapat mendatangkan pertolongan Allah di saat kita kesulitan menjalani hidup. Misalnya, kita akan mendapatkan rezeki dari kebiasaan beristighfar. Sebagaimana sabda Rasulullah, “Barangsiapa yang rutin membaca istighfar, Allah akan memberikan solusi pada setiap kesulitannya, dan penyelesaian bagi setiap permasalahannya. Dan Dia akan memberikan rezeki dari jalan yang tidak terduga.” (HR.Abu Daud, An Nasai, Ibnu Majah, Al Hakim, dan Al Baihaqi)

Tommy Maulana

Alumni BUMN perbankan yang tertarik berkolaboraksi dalam bidang SEO, Umroh, Marketing Communication, Public Relations, dan Manajemen Bisnis Ritel.